Home Administrasi Biaya Pasang Ring Jantung di Rumah Sakit Jabodetabek

Biaya Pasang Ring Jantung di Rumah Sakit Jabodetabek

by Lara Nifa
ilustrasi biaya pasang ring jantung

Penyakit jantung pada saat ini sendiri masih menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia. Melihat data tersebut, dunia medis juga telah menemukan berbagai macam prosedur untuk mengatasi penyakit ini, yaitu adalah dengan pasang ring jantung. Lalu, berapa biaya pasang ring jantung di RS yang ada di Jabodetabek? Simak terus artikel berikut ini. 

Fungsi Ring Jantung 

Sebelum masuk ke pembahasan biayanya, tentu saja Anda harus mengetahui lebih dalam tentang pemasangan ring jantung ini. Salah satu yang perlu untuk Anda ketahui adalah fungsi dari ring jantung ini. Di mana sangat penting sekali bagi Anda untuk mengetahui fungsinya. 

Dalam bahasa medis, ring jantung sendiri disebut stent jantung. Di mana ring ini dipasang untuk membuka penyumbatan atau penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner yang mengalami penyumbatan ataupun penyempitan ini sendiri akan membuat darah tidak tersuplai ke jantung. Maka daripada itu, dengan pemasangan ring jantung ini akan melebarkan pembuluh darah dapat menyuplai kembali aliran darah ke jantung. 

Bentuk Dari Ring Jantung 

Setelah mengetahui fungsi dari pemasangan ring jantung, maka selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana bentuk dari ring jantung ini sendiri. Ring jantung biasanya terbuat dari logam ataupun plastic dengan bentuk menyerupai tabung. Lalu, ring jantung disusun dari kawat yang berbentuk jala. Kebanyakan ring jantung ini mempunyai panjang dari 15 mm hingga 20 mm. 

Tapi ada juga ring jantung yang ukurannya dapat disesuaikan mulai dari 8 mm hingga 48 mm dan memiliki lebar atau diameter dari 2 mm hingga 5 mm. Perlu Anda ketahui bahwa pemasangan ring jantung sendiri akan bersifat permanen atau tidak dapat dilepas apabila sudah terpasang. Maka daripada itu, permukaan dari ring jantung dilapisi oleh obat-obatan tertentu agar pembuluh darah yang tersumbat tidak tertutup kembali. 

Prosedur Pemasangan Ring Jantung 

Dalam proses pemasangan sendiri terdapat prosedur yang harus dijalani. Tentu saja jika Anda memang harus melakukan pemasangan ring jantung ini, maka harus mengetahui apa saja prosedur yang harus dijalankan. Berikut ini adalah penjelasannya: 

  • Prosedur awal 

Tahapan awal yang dilakukan oleh dokter untuk pemasangan ring jantung ini adalah dengan melakukan anestesi local di bagian tubuh yang akan dimasuki kateter. Biasanya bagian tubuh yang dimasuki kateter ini adalah leher, paha ataupun lengan dari pasien. 

  • Prosedur pemasangan 

Setelah anestesi lokal telah dilakukan, maka selanjutnya dokter akan memasukan kateter dengan ring jantung serta balon pada bagian ujung. Di mana nantinya kateter ini akan membawa ring jantung untuk ke pembuluh darah atau arteri koroner. 

Untuk mencapai lokasi tempat pemasangan ring jantung, dokter akan menggunakan monitor sebagai pemandunya. Saat sudah sampai di lokasi dimana pembuluh darah koroner berada, maka balon yang berada di ujung alat akan mengembang dan melebarkan arteri tersebut. 

  • Prosedur akhir 

Ketika sudah bisa melebarkan arteri dan peredaran darah dapat kembali mengalir dengan lancar, maka selanjutnya balon yang mengembang tadi akan dikempiskan. Kemudian secara bersamaan akan melepaskan ring jantung yang ada pada alat. Di mana nantinya ring jantung akan tetap berada di posisi yang mana pembuluh darah dilebarkan. 

biaya pasang ring jantung

Prosedur pemasangan ring jantung ini sendiri dari tahap awal hingga akhir akan memakan waktu sekitar 1 hingga 3 jam. Tapi, sebelum dan sesudah pemasangan ring jantung, pasien sudah diharuskan menginap beberapa hari di rumah sakit. Hal ini sendiri sangat diperlukan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut baik sebelum pemasangan dan setelah pemasangan ring jantung. 

Biaya Pasang Ring Jantung 

Dalam pemasangan ring jantung, sudah pasti akan ada biaya yang dikenakan. Untuk rumah sakit yang ada di sekitar Jabodetabek, pemasangan ring jantung biasanya akan dikenai biaya dari 80 juta rupiah hingga 150 juta rupiah. Biaya tersebut biasanya diberikan kepada pasien umum yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Perlu diingat bahwa biaya yang telah disebutkan tadi belum dengan biaya rawat inap, obat-obatan dan lain sebagainya. 

Berbeda dengan pasien yang mempunyai asuransi kesehatan, seperti peserta BPJS. Untuk peserta BPJS biaya yang dikenakan untuk pemasangan ring jantung ini adalah gratis. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan dari BPJS dan rumah sakit. 

Bagi pasien yang juga peserta BPJS juga tidak akan melakukan pembayaran apapun lagi jika nantinya perlu memasang ring jantung lebih dari sekali. Selain itu, bagi peserta BPJS yang menjalani pemasangan ring jantung juga akan digratiskan biaya perawatan, obat-obatan serta control yang dilakukan per bulan. 

Itulah penjelasan singkat dari fungsi, bentuk, prosedur hingga biaya pasang ring jantung di rumah sakit di Jabodetabek. Bagi Anda yang memang ingin menghindari penyakit jantung, maka mulailah untuk menjalani pola hidup yang sehat. Atau bisa juga menjadi peserta BPJS agar biaya yang perlu dikeluarkan tidak membengkak.

Related Posts