Home Perencanaan Biaya Operasi Caesar di Rumah Sakit Jabodetabek

Biaya Operasi Caesar di Rumah Sakit Jabodetabek

by Lara Nifa
biaya operasi Caesar

Mungkin sebagian dari Anda yang sedang menanti buah hati bertanya-tanya, apakah akan melahirkan secara normal atau Caesar? Karena ada beberapa kondisi yang tentu saja harus dipersiapkan agar persalinan tetap lancar. Walaupun hampir seluruh wanita ingin persalinan normal, tapi tidak menutup kemungkinan juga akan menjalani tindakan Caesar. Lalu, berapa besaran biaya operasi Caesar yang ada di rumah sakit sekitar Jabodetabek? Mari simak ulasannya. 

Kondisi yang Mengharuskan Caesar 

Sebelum mengetahui berapa biaya untuk operasi Caesar, ada baiknya Anda mengetahui kondisi apa saja yang mengharuskan seorang ibu menjalani persalinan dengan Caesar. Berikut ini adalah kondisi yang mengharuskan persalinan Caesar: 

  • Komplikasi kesehatan 

Apabila seorang ibu yang akan menjalani persalinan memiliki komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes atau tekanan darah tinggi. Maka Caesar adalah proses yang harus dijalani agar ibu dan anak selamat dan dalam keadaan yang sehat. 

  • Potensi penyakit menular 

Seorang ibu yang mempunyai potensi penyakit menular seperti herpes, HIV atau hepatitis maka harus menjalankan operasi Caesar. Di mana ketiga penyakit tersebut memiliki kemungkinan akan menular langsung kepada bayi. 

  • Posisi janin 

Adapun kondisi di mana posisi janin tidak pada seharusnya atau biasa disebut sungsang. Di mana apabila bayi sungsang, maka Caesar adalah proses yang harus segera dilaksanakan. Karena kondisi tersebut bisa membahayakan ibu dan bayinya. 

  • Ukuran janin 

Jika ukuran terlalu besar, maka proses persalinan harus dilakukan secara Caesar. 

  • Plasenta previa 

Kondisi lain yang mengharuskan persalinan dengan jalan Caesar adalah plasenta previa. Di mana kondisi ini adalah plasenta menghalangi atau menutupi jalan lahir si bayi. 

  • Kembar 

Apabila ibu mengandung janin kembar, ada kemungkinan juga akan menjalani operasi Caesar. 

  • Suplai oksigen 

Apabila saat proses persalinan suplai oksigen bayi yang masih dikandung mulai menipis, maka Caesar harus segera dilakukan untuk bisa menyelamatkan bayi dan juga ibu. 

Itulah beberapa kondisi yang mengharuskan proses Caesar dijalankan, walaupun masih banyak kondisi darurat lain yang mengharuskan dilakukannya tindakan operasi ini. 

Biaya Operasi Caesar di Rumah Sakit Jabodetabek 

Menjalani proses persalinan dengan operasi Caesar membutuhkan biaya yang lebih mahal dari pada dengan proses persalinan normal. Hal ini sendiri dikarenakan Caesar adalah tindakan bedah dan membutuhkan proses yang lebih kompleks serta jenis obat yang berbeda. 

operasi caesar

Terlebih lagi pada saat menjalankan proses Caesar, si ibu akan menginap lebih lama di rumah sakit lebih lama. Apabila persalinan dengan proses normal, maka ibu dan bayi bisa pulang lebih cepat jika tidak ada masalah besar. Tapi, untuk proses Caesar sendiri membutuhkan pengecekan lebih lanjut akan kondisi si ibu. Berikut ini adalah kira-kira besaran biaya untuk operasi Caesar di RS Jabodetabek berdasarkan kelas kesehatan yang dipilih: 

  • Kelas III, biaya yang akan dikenakan sekitar 5 Juta rupiah hingga 46 juta rupiah.
  • Kelas II, biaya yang akan dikenakan sekitar 7 juta rupiah hingga 49 juta rupiah. 
  • Kelas I, biaya yang akan dikenakan sekitar 9 juta rupiah hingga 53 juta rupiah. 
  • Kelas VIP, biaya yang dikenakan sekitar 23 juta rupiah hingga 60 juta rupiah. 

Adapun biaya yang lebih mahal ketika memilih kelas suit, di mana perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk operasi Caesar kelas tersebut bisa mencapai 80 juta rupiah. Seluruh perkiraan biaya tersebut tidak termasuk untuk obat dan pelayanan lainnya. 

Tips Membuat Rencana Dana Persalinan 

Karena melihat biaya persalinan Caesar yang cukup tinggi, maka perlu sekali mengetahui tips untuk bisa merencanakan biaya tersebut. Hal ini sendiri sangatlah penting, karena seperti yang dilihat bahwa persalinan Caesar adalah tindakan urgent yang tidak dapat diketahui pada saat akan melahirkan. Berikut ini adalah tips bagi Anda untuk merencanakan biaya proses persalinan: 

  • Pilihan rumah sakit 

Pertama-tama Anda harus mencari terlebih dahulu pilihan rumah sakit yang ada. Di mana dengan memilih rumah sakit terlebih dahulu, maka Anda dapat mengetahui terlebih dahulu perkiraan biaya persalinan baik dengan proses Caesar ataupun normal. 

  • Cek asuransi 

Apabila Anda memiliki asuransi yang bisa mengcover biaya persalinan, tidak ada salahnya melakukan pengecekan lebih lanjut. Tentu saja, bagi Anda yang mempunyai BPJS kesehatan juga dapat melakukan pengecekan. 

  • Menabung 

Menabung adalah hal paling penting untuk menyiapkan dana persalinan. Ada baiknya Anda memisahkan tabungan dana persalinan ini dengan tabungan jenis lainnya. Hal ini sendiri untuk menghindari uang terpakai. 

  • Menjaga kesehatan 

Tips terakhir agar Anda bisa mengurangi biaya persalinan adalah dengan menjaga kesehatan. Hal ini sangatlah penitng agar tidak terjadi komplikasi saat melahirkan yang bisa menyebabkan biaya membengkak. 

Itulah beberapa penjelasan dari biaya operasi Caesar di rumah sakit Jabodetabek, di mana biaya persalinan dengan proses ini memang lebih mahal dibandingkan dengan proses persalinan normal. Di mana yang terpenting pada saat persalinan adalah menyiapkan segalanya agar ibu dan anak tetap selalu dalam kondisi sehat.

Related Posts