Home Perencanaan Biaya Operasi Amandel di Rumah Sakit Jabodetabek

Biaya Operasi Amandel di Rumah Sakit Jabodetabek

by Lara Nifa
biaya operasi amandel

Mungkin sebagian dari Anda sering mendengar tentang gangguan amandel. Kondisi gangguan yang satu ini memang terbilang kompleks, di mana bisa menyerang baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Pengobatan yang dilakukan pun bisa sampai ke proses operasi. Tentu dengan kondisi yang sudah dipertimbangkan oleh dokter. Lalu, berapa besaran biaya operasi amandel di rumah sakit Jabodetabek? Berikut ini ulasannya. 

  • Tentang Amandel 

Pada dasarnya fungsi amandel atau tonsil pada tubuh adalah memproduksi sel darah putih, sehingga imun tubuh dapat terjaga. Di mana amandel merupakan kelenjar yang terletak di tenggorokan dan letaknya di bagian sisi kanan serta kiri uvula. Karena fungsinya yang menjaga imun tubuh, maka jika amandel ini sedang infeksi akan menimbulkan radang dan membuat tenggorokan tidak nyaman. Bahkan dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu. 

Walaupun gangguan amandel bisa dialami siapa saja, tapi kebanyakan usia anak-anaklah yang paling banyak mengalaminya. Ketika usia anak-anak, gangguan amandel dapat diobati dengan lebih mudah. Sedangkan untuk orang dewasa, gangguan amandel cukup sulit apalagi jika harus diambil tindakan operasi. 

Tindakan operasi sendiri juga belum tentu menjamin 100% kesembuhan akan peradangan amandel ini. Tapi, peluang kesembuhan gangguan amandel dengan tindakan operasi cukuplah besar. Namun, perlu diingat tindakan operasi untuk gangguan amandel sendiri akan perlu dilakukan karena ada beberapa kondisi yang memang harus melalui proses tersebut. 

Kondisi yang Mengharuskan Operasi Amandel 

Seperti yang sudah disebutkan bahwa ada kondisi yang perlu sekali untuk diambil tindakan operasi. Di mana tentu saja, hal tersebut harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu. Berikut ini adalah kondisi yang mengharuskan tindakan operasi amandel: 

  • Gejalanya 

Kondisi pertama yang mengharuskan adanya tindakan operasi amandel adalah dari gejalanya. Umumnya apabila terkena radang amandel, waktu penyembuhannya hanya beberapa hari saja atau setelah minum antibiotic yang diresepkan. 

operasi amandel

Tapi jika gejala radang masih berlangsung dan cukup lama, maka ini bisa membuat amandel membesar dan kelenjar getah bening juga akan membesar. Tidak hanya itu saja, jika didiamkan maka amandel bisa beranah dan menyebabkan infeksi telinga yang parah. Apabila gejala yang dirasakan adalah seperti ini, maka tindakan operasi adalah jalan keluarnya. 

  • Intensitasnya 

Tindakan operasi juga perlu diambil apabila peradangan amandel terjadi lebih sering dari seharusnya yaitu lebih dari 3 kala dalam setahun. Apabila Anda menderita radang amandel dan dalam setahun bisa mengalami radang sekitar 5 hingga 7 kali, maka tindakan operasi bisa diambil agar radang amandel tidak terus terulang. 

  • Ukurannya 

Apabila amandel sedang meradang dan terus membesar, maka ini akan menganggu pernapasan. Tentu saja ini akan menjadi masalah yang perlu diperhatikan. Apalagi jika saatnya tidur, karena bisa saja Anda akan kesulitan bernapas dan akhirnya akan menganggu kualitas tidur. Maka daripada itu apabila amandel sudah terlalu besar ukurannya dan menutupi saluran pernapasan, maka tindakan operasi adalah solusi yang harus diambil. 

Biaya Operasi Amandel di Rumah Sakit Jabodetabek 

Setelah mengetahui secara singkat kondisi apa saja yang mengharuskan tindakan operasi harus dijalankan, maka Anda pasti bertanya-tanya berapa besaran yang perlu dikeluarkan. Mengingat bahwa operasi amandel dilakukan sekitar 45 menit hingga 60 menit, maka sudah pasti tindakan operasi ini memakan biaya yang cukup lumayan. 

Untuk beberapa rumah sakit bisa menetapkan biaya sekitar Rp. 15.000.000,- hingga Rp. 20.000.000,-. Tapi beberapa rumah sakit juga ada yang menetapkan biaya minim seperti RS Dinda yang ada di Tangerang, di mana biaya untuk operasi amandel adalah sekitar 3 jutaan rupiah saja. 

Namun, perkiraan biaya tersebut tentu saja bergantung dari rumah sakit mana yang Anda pilih. Di mana biasanya kelas kesehatan pun bisa mempengaruhi besaran biaya yang akan dikeluarkan. Bila kelas kesehatan yang dipilih yang paling rendah, maka sudah jelas biaya yang dikeluarkan tidaklah akan terlalu membengkak. 

Apabila Anda mempunyai asuransi kesehatan, maka bisa juga Anda menggunakan fasilitas yang diberikan dari asuransi tersebut. Tidak ada salahnya mempelajari asuransi kesehatan yang dimiliki jika memang operasi amandel perlu dilakukan, salah satunya adalah BPJS. 

Pencegahan Amandel Selain Operasi 

Selain tindakan operasi, adapun pencegahan lain yang bisa dilakukan agar amandel ini tidak terganggu, berikut ini adalah caranya. 

  • Vitamin C 

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk pencegahan amandel adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Anda bisa juga meminum vitamin C yang dijual di apotik, di mana pastikan bahwa vitamin C tersebut memiliki kadar yang tinggi. Vitamin C sendiri berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga peradangan amandel pun dapat dihindari. 

  • Air putih 

Untuk melakukan pencegahan amandel yang semakin parah, sangat disarankan untuk meminum air putih dengan jumlah yang cukup. Air putih sangatlah bermanfaat untuk tubuh dan mampu meningkatkan kadar imun. Minumlah air putih minimal 2 liter atau 8 gelas seharinya. 

Itulah ulasan singkat tentang biaya operasi amandel di RS Jabodetabek beserta dengan keterangan tambahan lainnya.

Related Posts