Home Belanja Biaya Membuat Kamar Mandi Ukuran 2×2 Plus Harga Perabotannya

Biaya Membuat Kamar Mandi Ukuran 2×2 Plus Harga Perabotannya

by Lara Nifa
ilustrasi biaya membuat kamar mandi ukuran 2x2

Kamar mandi adalah salah satu ruangan paling penting dalam sebuah bangunan, apalagi untuk rumah. Karena kamar mandi berfungsi penting untuk kebersihan diri dan keluarga. Bagi yang tidak begitu mempunyai tanah luas di rumah, membangun kamar mandi dengan ukuran 2×2 termasuk cukup. Lalu berapa biaya membuat kamar mandi ukuran 2×2 ini termasuk dengan peralatan yang dibutuhkan. 

Tips Membuat Kamar Mandi Ukuran 2×2 

Ukuran kamar mandi yang hanya 2×2 tentu saja harus mempertimbangkan banyak hal. Tidak mungkin juga meletakan perabotan besar layaknya bath up. Tapi, ada beberapa tips untuk membuat kamar mandi dengan ukuran 2×2 yang nyaman dan juga tidak membosankan. Berikut ini adalah tipsnya: 

  • Pemilihan warna cat 

Pertama-tama agar dapat membuat kamar mandi minimalis agar tetap nyaman adalah dengan memilih warna cat. Pemilihan warna cat yang terlalu banyak atau berwarna-warni akan membuat kamar mandi terlihat semakin sempit dan sumpek. Ada baiknya Anda memilih satu warna cat dinding untuk kamar mandi. Pemilihan warna yang paling disarankan tentu saja warna-warna netral seperti putih ataupun coklat muda. 

  • Gunakan shower daripada bak 

Tips selanjutnya agar kamar mandi minimalis tidak terlalu terlihat sempit adalah dengan memilih menggunakan shower dari pada bak besar. Kesalahan paling banyak yang sering dilakukan adalah menggunakan bak mandi yang besar. Sebenarnya tidak masalah menggunakan bak mandi, hanya saja lebih baik menggunakan ukuran sedang. 

biaya membuat kamar mandi ukuran 2x2

Namun, jika memang kamar mandi memiliki desain yang minimalis, lebih baik menggunakan shower serta ember yang sekiranya bisa dipindahkan. Hal ini sendiri selain bisa menghemat tempat juga akan memudahkan Anda dalam membersihkan kamar mandi. 

  • Rak dinding 

Tips selanjutnya agar kamar mandi minimalis ini bisa terlihat lebih luas adalah dengan memilih rak dinding untuk meletakan beberapa alat mandi. Penggunaan rak dinding sendiri akan membuat kamar mandi lebih terlihat rapi. Selain itu juga bisa membuat Anda bebas bergerak saat membersihkan diri. 

  • Pemilihan pintu 

Agar kamar mandi dengan ukuran 2×2 tidak terlalu terasa sempit dan sumpek, ada baiknya Anda memperhatikan pemilihan pintu kamar mandi. Sangat disarankan untuk memilih model pintu minimalis seperti pintu geser. Namun, untuk pintu sendiri bersifat optional sesuai dengan selera saja.

  • Jangan ada jendela 

Jika banyak yang mengatakan kamar mandi perlu ada jendela, hal ini malah harus bisa Anda hindari jika ukuran luas kamar mandi sendiri hanya 2×2 saja. Penggunaan jendela pada kamar mandi minimalis akan membuat ruangan tersebut terlihat lebih sempit. Jika memang ingin mendapatkan sirkulasi udara dapat menggunakan jendela dengan ukuran kecil atau mengakali dengan jendela atap. 

  • Pilih perabotan yang tepat 

Tidak hanya bak mandi saja yang harus Anda perhatikan, namun juga peralatan lain yang dibutuhkan di kamar mandi pun harus dapat dipilih dengan tepat. Untuk kamar mandi yang hanya mempunyai ukuran 2×2, ada baiknya menyesuaikan ukuran perabotnya. Contohnya adalah kloset duduk dengan ukuran minimalis saja dan berbentuk oval. Apabila Anda membutuhkan wastafel, maka bisa memilih bentuk wastafel minimalis yang bisa Anda dapatkan di toko perabotan. 

Dengan tips di atas, maka Anda bisa membuat kamar mandi dengan ukuran 2×2 yang nyaman dan juga tidak sumpek. Di mana yang terpenting adalah kebutuhan untuk kebersihan tubuh bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

Perkiraan Biaya Membuat Kamar Mandi Ukuran 2×2 dengan Perabotnya 

Di bawah ini adalah penjelasan perkiraan biaya untuk membuat kamar mandi dengan ukuran 2×2 beserta dengan harga perabotannya: 

Biaya jasa tukang Rp. 110.000/orang 

Biaya material:  

  • keramik dinding Rp. 1.500.000,- 
  • keramik lantai Rp. 200.000,- 
  • semen Rp. 380.000,- 
  • pasir Rp. 170.000,-
  • cat Rp. 100.000 

Biaya perabot dan instalasi: 

  • wastafel satu set Rp. 1.000.000,- 
  • shower satu set Rp. 500.000,- 
  • kloset tipe duduk Rp. 2.000.000,- 
  • partisi kaca satu set Rp. 1.000.000,- 

Biaya aksesoris dan pemasangannya:

  • gantungan untuk handuk Rp. 100.000,- 
  • rak dinding Rp. 200.000,- 
  • wadah sabun Rp. 50.000,- 
  • cermin dinding bulat atau kotak Rp. 100.000,- 
  • gantungan tisu Rp. 50.000,- 

Dari rincian biaya yang tersebut, maka Anda akan mendapatkan total pengeluaran yang diperlukan untuk membuat kamar mandi dengan ukuran 2×2 ini. 

Jika Anda menggunakan jasa tukang sebanyak 2 orang dengan waktu masa pengerjaan 8 hari, maka perkiraan biaya jasa tukang adalah 2 x Rp. 110.000 x 8 hari = Rp. 880.000,- 

Lalu total dari biaya material, perabot dan aksesoris  beserta dengan instalasinya adalah Rp. 7.350.000,- sehingga seluruh biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 8.230.000,-. 

Itulah perkiraan biaya membuat kamar mandi 2×2 yang bisa dijadikan patokan Anda. Namun, perlu diingat bahwa harga tersebut hanyalah perkiraan kasar saja dan bisa berbeda pada saat eksekusi. Maka daripada itu Anda perlu membuat RAB atau rencana anggaran bangunan yang lebih detail.

Related Posts