Home Perencanaan Biaya Kuliah Unpad, Biaya Masuk dan Jalur Masuknya

Biaya Kuliah Unpad, Biaya Masuk dan Jalur Masuknya

by Lara Nifa
Biaya Kuliah Unpad, Biaya Masuk dan Jalur Masuknya

Biaya kuliah Unpad merupakan  informasi yang wajib diketahui oleh para calon mahasiswa maupun orang tua calon mahasiswa yang berminat  ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung, Jawa Barat. Unpad (Universitas Padjajaran) selalu menjadi pilihan dari banyak mahasiswa di seluruh daerah yang ada di Indonesia.  

Biaya kuliah di Universitas Padjadjaran untuk tahun ajaran 2020/2021 berbeda berdasarkan jalur masuknya yakni SBMPTN dan SNMPTN, Sarjana Prestasi dan mandiri, international dan Diploma (DI V). Untuk saat ini biaya kuliah di Universitas Padjajaran memakai sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) dimana biaya kuliah UKT Unpad dibayarkan kemudian pada setiap awal semester. Dengan memakai sistem biaya kuliah UKT Unpad, tidak ada biaya pengembangan lebih lanjut. 

Untuk mengetahui lebih detail, kita pelajari tentang biaya kuliah Unpad dan jalur masuknya. 

Jenis biaya masuk Universitas Padjadjaran 

Untuk mahasiswa jalur SBMPTN dan SNMPTN terdapat sejumlah biaya yang dibebankan yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT tersebut ditentukan dari kemampuan finansial orang tua yang diputuskan berdasarkan data pendukung yang diberikan mahasiswa saat proses registrasi. 

Namun, untuk jalur lainnya seperti Internasional dan Diploma D IV dan jalur mandiri ini dibebankan pula Dana Pembangunan dan  juga UKT per semesternya. UKT ini ditentukan   tersendiri, biasanya jalur mandiri dan prestasi UKT ditentukan dari kelompok tertinggi. 

Dan di jalur internasional UKT ada di sekitar Rp 26 juta hingga Rp 30 juta untuk setiap semesternya. Sementara untuk UKT jalur Diploma IV ini ditentukan sekitar Rp 8 juta hingga Rp 10 juta setiap semesternya dilihat dari tahap seleksi ujian masuk Unpad, baik di jalur SBMPTN, SNMPTN dan SMUP. 

Mahasiswa baru dengan jalur SNMPTN ini tidak akan dibebankan biaya pendaftaran, jalur SBMPTN dibebankan biaya pendaftaran Rp 200 ribu dan untuk jalur SMUP dibebankan biaya pendaftaran Rp 500 ribu. 

Biaya pendaftaran Unpad 

  • Sarjana atau Sarjana Terapan: Prestasi Rp 500 ribu. 
  • Sarjana atau Sarjana Terapan: Mandiri Rp 500 ribu.
  • Sarjana: International: Rp 750 ribu.
  • Profesi: Rp 600 ribu.
  • Magister: Rp 600 ribu. 
  • Spesialis: Rp 1.250.000 ribu.
  • Subspesialis: Rp 1.750.000 ribu. 

Jalur masuk Unpad 

Tentunya jika Anda ingin mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), harus melalui sejumlah tahapan yaitu Jalur Mandiri. Untuk melanjutkan studi di Unpad, calon mahasiswa harus memenuhi  persyaratan sebagai berikut. Termasuk rincian persyaratan untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru  Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun ajaran 2020/2021. 

Lulus dari satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau sederajat. Cukup sehat jadi kelancaran proses belajar selama studi tidak terpengaruh. Mengikuti ujian seleksi masuk Unpad, melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau SMUP. Calon mahasiswa baru dengan jalur SNMPTN tidak dibebankan biaya pendaftaran, jalur SBMPTN dibebankan biaya pendaftaran Rp200.000, dan untuk jalur SMUP dibebankan biaya registrasi Rp500.000.

Anda bisa mendaftar secara online di website https//ujian.sbmptn.or.id.

Melampirkan berkas atau dokumen yang dibutuhkan, seperti, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi akta kelahiran, fotokopi KTP, fotokopi raport terakhir, fotokopi kartu keluarga, foto terbaru dan dokumen pendukung lainnya.

Jalur masuk SNMPTN

Melalui SNMPTN, atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional, seluruh siswa Kelas XII yang memiliki sertifikat dan portofolio akademik wajib mengikuti seleksi tersebut. 

 Ketentuan berikut berlaku untuk mengikuti SNMPTN 2020: 

  • Seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor siswa dan Portofolio Studi 
  • Nilai rapot yang dipakai yaitu nilai dari semester I sampai dengan V untuk siswa SMA/MA/SMK dengan masa studi tiga tahun. Sedangkan kelas Semester I sampai dengan Semester VII dengan  masa studi empat tahun adalah SMA/MA/SMK 
  • Sekolah yang ingin mendaftarkan siswanya untuk mengikuti seleksi SNMPTN wajib mencantumkan Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN) secara lengkap dan benar. 
  • Siswa yang akan mendaftar SNMPTN harus mempunyai NISN.
  • Siswa yang akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai prestasi yang bagus, rekam jejak prestasi akademik yang tercatat di PDSS.  
  • Untuk siswa yang akan mendaftar jalur SNMPTN ini harus memahami informasi mengenai PTN di website resmi PTN yang tertuju. 

Seorang siswa harus memiliki catatan yang baik dan berprestasi. Nilai SMA juga menjadi parameter  seseorang mengikuti jalur SNMPTN. 

Jalur masuk SBMPTN 

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu ujian nasional yang dapat dipakai untuk masuk ke Unpad. Ujian tulis nasional ini dilakukan serentak di bulan tertentu sesuai jalur SNMPTN. 

Sebelum mengikuti SBMPTN, seluruh siswa  Indonesia harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). UTBK Tahun 2020 akan diikuti  siswa SMA pada angkatan 2018, 2019, 2020 baik  SMA/MA/SMK maupun Paket C. 

Panitia SBMPTN akan memakai hasil UTBK untuk menentukan siswa tersebut lolos atau tidak. Seperti SBMPTN tertulis, UTBK dilaksanakan dengan tiga kelompok uji yang terdiri dari Kelompok Iptek UTBK, Kelompok UTBK  Soshum, dan UTBK kelompok campuran. 

Related Posts