Home Perencanaan Biaya Kuliah UNJ, Termasuk Biaya Gedung dan Semesteran

Biaya Kuliah UNJ, Termasuk Biaya Gedung dan Semesteran

by Lara Nifa
Biaya kuliah universitas negeri Jember

Melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi selepas SMA dan sederajat bisa menjadi investasi masa depan. Apalagi di masa saat ini yang sudah mengalami banyak perkembangan, tentu mengupgrade diri dari pendidikan sangatlah penting. Di Indonesia banyak sekali perguruan tinggi negeri, salah satunya adalah UNJ. Sebelum membahas masalah biaya kuliah UNJ, ada baiknya mengenal lebih dalam tentang universitas yang terletak di Jakarta ini. 

Fakultas yang ada di UNJ 

Universitas Negeri Jakarta atau biasa dikenal UNJ sudah beroperasi semenjak tahun 1964. Di mana pada kala itu UNJ ini bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP. Hingga saat ini UNJ memiliki tujuh fakultas dengan jurusan yang lebih dari 100. Ketujuh fakultas itu adalah Fakultas Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Ilmu Keolahragaan dan Fakultas Ekonomi. UNJ sendiri masuk sebagai salah satu universitas yang populer di Indonesia. 

Tidak hanya jenjang strata satu saja, tapi UNJ juga memiliki program Magister dan Doktor. Untuk biaya kuliah di UNJ sendiri bergantung dari fakultas dan jurusan apa yang Anda pilih. Di mana untuk biaya persemesternya pun mengikuti kebijakan kampus dan pemerintah. Fakultas yang ada di UNJ memang kebanyakan diperuntukan ke Ilmu Pendidikan. Di mana itu adalah awal dari berdirinya UNJ. 

Tapi karena UNJ adalah universitas negeri, maka untuk uang masuk serta uang gedung tidak begitu besar, bahkan sebagian dari fakultasnya tidak menerapkan uang gedung. Jadi, untuk bisa menjadi mahasiswa di UNJ, ada baiknya memahami jenjang atau program apa saja yang disediakan oleh PTN ini. 

Biaya Kuliah UNJ Untuk Calon Mahasiswa 

Biaya kuliah di UNJ

Biaya kuliah di UNJ atau Universitas Negeri Jakarta sudah menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal). Di mana nantinya mahasiswa akan membayarkan uang semester sama nominalnya dari semester awal  hingga akhir. Semisalnya pada awal Anda membayarkan uang kuliah sebesar 3 juta rupiah, maka hingga semester akhir pun nominalnya akan sama. 

Jumlah UKT yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa sendiri akan disesuaikan dengan pendapatan perbulan orang tua. Sehingga semakin besar pendapatan orang tua, maka semakin besar juga biaya yang harus dibayarkan. Namun, jika pada nantinya ternyata nominal yang ditentukan oleh pihak UNJ masih terlalu besar, maka mahasiswa bisa mengajukan penurunan biaya kuliah di UNJ

Berikut ini adalah garis  besar pembayaran uang masuk dan uang semester yang harus dibayarkan ketika Anda berkuliah di UNJ: 

  • Biaya Jenjang D3

Jenjang D3 di UNJ sendiri juga telah menggunakan sistem UKT untuk biayanya. Di mana UKT ini sendiri nantinya akan disesuaikan dengan kelas-kelas berdasarkan pendapatan dari orang tua siswa. Untuk UKT 1 dan UKT 2 biaya untuk semua program studi di D3 UNJ adalah sama, yaitu masing-masing 500 ribu rupiah dan satu juta rupiah. 

Sedangkan untuk UKT III sampai VIII berbeda-beda tergantung dari prodi yang dipilih. Rata-rata untuk UKT III berkisar antara 4 juta rupiah dan terus naik, di mana UKT VIII bisa mencapai 10 juta rupiah. Tentu saja biaya ini berbeda-beda untuk setiap prodi D3 yang ada. 

  • Biaya Jenjang S1 

Sama seperti jenjang Diploma 3, di mana untuk seluruh program pendidikan S1 di UNJ yang masuk kategori UKT 1 dan UKT II hanya membayarkan 500 ribu rupiah dan juga 1 juta rupiah. Sedangkan untuk UKT di atas kelas III maka akan ada perbedaan nominal yang harus dibayarkan. Untuk UKT III, rata-rata biayanya adalah sekitar Rp. 1.900.000,- hingga Rp. 4.000.000,-. 

Untuk UKT IV, biayanya adalah sekitar Rp. 3.300.000,- hingga Rp. 5.000.000,-. Sedangkan untuk UKT V hingga VIII sendiri ada di antara angka 4 juta rupiah hingga 8 juta rupiah. Di mana tentu saja nominal tersebut bisa diturunkan apabila memang siswa merasa terlalu berat untuk pembayarannya. 

  • Biaya Jenjang S2 

Sedangkan untuk jenjang S2 atau Magister akan dibagi menjadi dua yaitu S2 Reguler dan Non regular. Untuk S2 reguler, persemesternya akan dikenai biaya sekitar 10 juta rupiah per semester dan pada semester 5 hingga selesai hanya perlu membayar 4,6 juta rupiah. 

Sedangkan untuk non regular akan dikenai biaya 12,5 juta per semester dan nantinya pada semester 5, Anda hanya perlu membayar 5,6 juta rupiah hingga masa kuliah selesai. Untuk uang masuk S2 di UNJ dikembalikan pada kebijakan masing-masing fakultas. 

Dari penjelasan biaya kuliah UNJ di atas, dapat dilihat bahwa UNJ sendiri adalah universitas negeri yang terbilang murah dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta. Mengingat bahwa ada beberapa universitas swasta yang memiliki biaya kuliah hingga ratusan juta.

 

Related Posts