Home Administrasi Biaya Kuliah di ITB

Biaya Kuliah di ITB

by Lara Nifa

Sebagai seseorang yang nantinya akan berkuliah di ITB tentunya Anda harus mengetahui besaran biaya yang akan ditanggung. Hal ini agar anda bisa memperkirakan berapa banyak anggaran yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran.

Tidak hanya itu saja, dengan mengetahui berapa besaran dari biaya tersebut. Tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam menentukan jurusan sesuai dengan keinginan. Nah, berikut ini adalah rinciannya ;

Biaya kuliah di ITB sesuai jalur masuk

  1. Biaya  Jalur SNMPTN

Apabila Anda diterima berkuliah di ITB lewat jalur SNMPTN, maka biaya pendidikannya adalah sebesar Rp 12.500.000 untuk tiap semesternya. Dimana biaya tersebut merupakan biaya UKT yang wajib dibayarkan setiap semester pada seluruh fakultas atau sekolah. Lalu pada sekolah bisnis & manajemen biayanya untuk UKT, yaitu Rp 20.000.000/ semester.

  1. Biaya  Jalur SNMPTN

Kemudian ada pula untuk yang telah diterima lewat jalur SBMPTN, maka biayanya adalah sebesar Rp 12.500.000/ semester. Dimana biaya tersebut diwajibkan untuk seluruh fakultas atau sekolah, kecuali Bisnis & Manajemen yang memang mempunyai biaya UKT berbeda,yakni Rp 20.000.000/ semesternya.

  1. Biaya  Jalur Mandiri

Untuk jalur mandiri, masing-masing calon mahasiswa ketika akan mengikuti ujian SM ITB diwajibkan untuk membayar sebesar Rp 100.000/ pelamar dan bagi yang ingin masuk ke FSRD ITB, biaya seleksinya adalah Rp 150.000 dimana biaya ini telah termasuk untuk tes keterampilan.

Kemudian, bila Anda diterima. Maka, persiapkan dana untuk biaya pengembangan institusi serta UKT. Besarnya biayanya melalui jalur mandiri adalah Rp 25.000.000/ semester untuk UKT dan Rp 25.000.000 untuk biaya pengembangan, namun tergantung dengan jurusan yang diambil.

Nantinya biaya tersebut merupakan yang wajib dibayarkan ke seluruh fakultas atau sekolah, terkecuali untuk sekolah Bisnis & Manajemen. Karena untuk jurusan yang satu ini Anda harus merogoh kantong cukup dalam, yaitu Rp 25.000.000/ semester untuk UKT dan Rp 40.000.000 untuk pengembangan institusi.

Cara Pembayaran Cicilan UKT

Bila sudah mengetahui besaran biaya untuk pendidikan di ITB berdasarkan seleksi yang diambil, selanjutnya Anda harus mengetahui cara untuk membayar UKT apabila ingin mengajukan permohonan agar dapat di cicil.

Terdapat dua cara untuk melakukan pembayaran dengan cara dicicil :

  1. Dua kali pembayaran cicilan pada satu semester

Pertama adalah dengan metode dua kali pembayaran cicilan pada satu semester. Bila menggunakan cara ini, maka setiap mahasiswa wajib membayarkan 50 persen BPP pada saat pertama. Dimana pembayarannya selambat-lambatnya satu hari sebelum kuliah pada semester pertama dilaksanakan.

Kemudian untuk pembayaran keduanya adalah 50 persen sisanya, setidaknya pada saat perkuliahan aktif telah berjalan selama delapan minggu. Ada baiknya untuk tidak telat melakukan pembayaran agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Tiga kali pembayaran cicilan pada satu semester

Kedua adalah dengan tiga kali pembayaran cicilan pada satu semester, caranya yaitu :

  • Pertama sebesar 40%, yaitu selambat-lambatnya satu hari sebelum masa perkuliahan dimulai.
  • Kedua sebesar 30%, yaitu selambat-lambatnya pada Minggu ke delapan di semester berjalan.
  • Ketiga sebesar 30%, yaitu selambat-lambatnya satu hari sebelum UAS dilaksanakan.

Kesemuanya sudah harus dipastikan lunas dan tidak lagi ada tunggakan, agar masa pendidikan Anda bisa berjalan dengan baik tanpa ada halangan apapun.

Jenis Beasiswa ITB

Selanjutnya adalah mengetahui mengenai beasiswa yang disediakan oleh pihak ITB. Informasi ini ditujukan supaya para mahasiswa dapat mengajukan beasiswa agar memperingan beban biaya kuliah. Namun, tentunya ada persyaratan serta ketentuannya :

  1. Beasiswa KIP 

KIP adalah salah satu jenis beasiswa yang dimiliki oleh ITB bagi calon mahasiswanya yang berhasil lolos seleksi. Dimana apabila Anda lolos dan mendapatkan beasiswa KIP ini, pihak ITB akan memberikan kebebasan 100% untuk masa kuliah 8 semester atau 4 tahun.

  1. Beasiswa BBP-PPA dan PPA

Selanjutnya ada beasiswa BBP-PPA, yaitu beasiswa yang diberikan ke mahasiswa yang memiliki keadaan ekonomi kurang mampu, dimana pendapatan orang tuanya dibawah rata-rata UMR. Bila ingin mengajukan beasiswa ini setidaknya harus memiliki IPK 2,75.

Kemudian ada beasiswa PA, yaitu beasiswa yang akan diberikan kepada untuk mahasiswa ITB dengan IPK setidaknya 3.00. Jadi, pastikan Anda memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh pihak kampus apabila ingin mengajukan beasiswa.

  1. Beasiswa Prestasi

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini memang ditujukan kepada Anda yang berprestasi dengan IPK 3.00 atau lebih  dan yang termasuk didalamnya adalah mahasiswa-mahasiswa berprestasi serta selalu aktif dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti.

  1. Beasiswa TA (Tugas Akhir)

Terakhir adalah beasiswa TA, dimana seluruh mahasiswa yang berada pada semester akhir bisa mengajukan permohonan untuk memperoleh bantuan biaya pengerjaan tugas akhir. Namun, tetap ada seleksi dan yang lolos berhak menerima uang beasiswa sebanyak Rp 750.000/ mahasiswa.

Demikianlah rincian biaya di kampus ITB, khususnya program S1. Jadi, Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran terkait anggaran yang harus dipersiapkan sebelum masuk ke jenjang perkuliahan.

Related Posts