Home Perencanaan Biaya Endoskopi di Rumah Sakit Jabodetabek

Biaya Endoskopi di Rumah Sakit Jabodetabek

by Lara Nifa
Biaya Endoskopi

Anda atau kerabat anda memiliki jadwal untuk tindakan Endoskopi? Anda kesulitan dengan informasi mengenai Biaya Endoskopi dan takut atau khawatir dengan biaya yang besar? Jangan khawatir. Artikel disini akan menjelaskan mengenai Endoskopi dan tentunya biaya yang harus dikeluarkan.

Endoskopi merupakan tindakan medis dimana menggunakan alat yang berupa endoskop untuk melihat organ dalam tubuh. Tindakan endoskopi adalah jenis pemeriksaaan dan tindakan yang memiliki banyak kegunaan serta fungsi. 

Kegunaan endoskopi dalam dunia medis adalah untuk memeriksa organ dalam, mendiagnosis suatu penyakit, mencari tau penyebab gejala, memberikan terapi tertentu, membantu tindakan pembedahan, serta dapat mengatasi masalah medis tertentu.

Pelayanan dan Cara Endoskopi yang Perlu Diketahui

Endoskopi sendiri sebuah alat berbentuk tabung panjang, tipis, dan fleksibel yang dilengkapi dengan kamera dan sumber cahaya di salah satu ujungnya. Beberapa pelayanan endoskopi yang tersedia antara lain :

  • Laringoskopi (menilai kondisi tenggorokan pita suara),
  • Bronkoskopi (menilai saluran pernafasan),
  • Esofagoskopi (menilai esofagus / kerongkongan dan pemasangan metal stent jika terjadi penyempitan esofagus),
  • Gastroskopi (menilai esofagus / kerongkongan, lambung, dan duodenum / usus 12 jari),
  • Rektosigmoidoskopi (menilai rektum dan colon sigmoid / usus besar), dan
  • Kolonoskopi (menilai seluruh bagian usus besar dan pemasangan metal stent pada kolon).

Cara kerja tindakan endoskopi tersebut dengan cara memasukan alat tersebut melalui salah satu rongga tubuh. Bisa dengan melalui rongga alami (mulut, hidung, atau anus) atau melalui rongga tubuh yang disayat sebelumnya. Dengan endoskop tersebut, tim medis dapat mengamati kondisi dan masalah yang ada pada organ dalam melalui layar. 

Kondisi yang Mengharuskan Endoskopi

Ada beberapa kondisi medis, di mana dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan endoskopi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Infeksi,
  • Batu Empedu,
  • Tumor,
  • Ulkus Lambung,
  • GERD,
  • Sembelit Kronis,
  • Sumbatan Esofagus,
  • Pendarahan pada Vagina, saluran pencernaan dan air seni.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Endoskopi

Tindakan endoskopi tentunya tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Hanya dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis bedah yang dapat melakukan tindakan ini. Sebelum endoskopi dilakukan, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan dan perlu sekali untuk diperhatikan, antara lain :

  • Sebelum melakukan endoskopi, anda diharuskan meminum antibiotik yang telah diberikan oleh dokter untuk mengurangi dan menghindari efek samping endoskopi dimana efek samping tersebut dapat menyebabkan infeksi.
  • Selanjutnya, anda diharuskan berpuasa atau tidak makan dan minum beberapa jam sebelum endoskopi. Hal ini akan membuat perut anda kosong dan endoskopi dapat dilakukan dengan lancar.
  • Dan hal terakhir adalah pemberian obat penenang agar pasien mendapatkan kenyamanan saat endoskopi sedang berlangsung.

Tindakan endoskopi juga dapat dilakukan kepada anak-anak. Dilakukannya tindakan diagnosis untuk anak-anak dapat membantu untuk melakukan diagnosis seperti pemeriksaaan kamera untuk dapat menilai seluruh bagian usus besar (Kolonoskopi), pemeriksaan kamera agar dapat menilai esofagus (Gastrokopi). Dan melakukan pengambilan sampel jaringan untuk pemeriksaan mikroskopis (Biopis).

operasi endoskopi

Tindakan endoskopi juga dapat sebagai terapi. Yang dimaksud dengan terapi disini adalah tindakan dimana dapat mengangkat polip/benjolan bertangkai dengan bantuan kolonoskopi atau gastroskopi (Polipektomi) dan pemasangan selang makan di lambung untuk penderita gangguan menelan atau penderita yang kesulitan dalam mengkonsumsi makanan secara adekuat melalui mulut.

Efek Samping Endoskopi

Tindakan endoskopi juga memiliki beberapa efek samping. Berikut efek samping dari tindakan endoskopi yang perlu anda ketahui, yaitu :

  • Efek samping endoskopi memungkinkan terjadinya infeksi walau resikonya lebih rendah, namun efek samping ini jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan pendarahan langsung yang dapat membahayakan kesehatan anda nantinya,
  • Efek samping selanjutnya dapat menyebabkan nyeri dibagian tertentu, sakit dada, bahkan dapat terjadi kerusakan organ yang diperiksa. Hal ini biasa terjadi pada bagian tubuh yang mendapat tindakan endoskopi,
  • Untuk beberapa jenis tindakan endoskopi seperti Histeroskopi, dapat menyebabkan perforasi usus dan trauma pada rahim. Untuk itu, anda perlu untuk memantau perkembangan bagian organ yang mendapat tindakan endoskopi,
  • Tindakan endoskopi dapat menyebabkan terjebaknya kapsul di dalam tubuh, jika anda menggunakan kapsul endoskopi. Jika terjadi efek samping tersebut, hanya dengan cara dilakukan operasi besar untuk mengangkat kapsul endoskopi.

Biaya Endoskopi 

Besaran biaya untuk endoskopi memiliki kisaran dari Rp 2.500.000,- hingga Rp 7.000.000,- . Namun biaya endoskopi ini tidak sama disetiap kota . Perbedaan biaya ini dapat dipengaruhi oleh faktor jenis endoskopi apa yang anda lakukan, kelas rumah sakit yang anda pilih, serta lokasi tempat anda berada. Jika anda menginginkan penjelasan lebih rinci mengenai total biaya tindakan endoskopi yang harus anda siapkan, anda dapat bertanya langsung ke layanan pelanggan yang tersedia di rumah sakit.

Berikut pembahasan mengenai endoskopi, kondisi medis untuk tindakan endoskopi, hingga kisaran Biaya Endoskopi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Related Posts