Home Bisnis dan Usaha Bertani Sayuran yang Menguntungkan

Bertani Sayuran yang Menguntungkan

by Lara Nifa
bertani sayuran yang menguntungkan

Bagi anda yang tertarik bertani sayuran tentunya akan menjadi prospek tersendiri terutama jika ditekuni dengan baik akan sangat menguntungkan. Usaha bertani sayuran masih dianggap menjanjikan sebab permintaan pasar semakin tinggi dalam memenuhi kebutuhan pangan apalagi berbagai jenis sayuran yang menguntungkan dapat anda budidayakan dan tidak perlu lahan yang luas terutama bagi anda yang memiliki halaman rumah yang luas dan dapat dimanfaatkan untuk bertani sayuran yang menguntungkan. 

Banyak pilihan tanaman sayuran yang dapat anda  budidayakan tentu akan menjadi keuntungan tersendiri. Namun anda perlu pengetahuan lebih mengenai pemilihan dan perawatan tumbuhan yang akan ditanam. apabila salah pilih, bukan keuntungan yang didapat melainkan kerugian yang akan didapatkan.

Jika anda Tertarik bertani sayuran, berikut beberapa tanaman sayuran yang bisa dibudidayakan. Selain menguntungkan, juga mudah ditanam.

  • Sayur bayam

Bayam jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Untuk menanam sayur bayam cukup mudah tinggal di letakkan di pot yang diberi tanah maka sayur bayam akan tumbuh sendirinya.

Jika bertani sayur bayam maka saat panen anda hanya cukup memanen daun dan batangnya saja sedangkan untuk akarnya dibiarkan tertanam sehingga tidak perlu lagi menanamnya kembali. 

  • Sayur kangkung

Sayur kangkung tidak kalah menggiurkan keuntungannya karena banyak digemari juga selain itu mudah ditanam, mudah didapat, serta harganya cukup terjangkau. Jadi penjualan kangkung bisa dikatakan stabil setiap panen.

Namun, anda perlu memilih kangkung jenis apa yang akan ditanam. Ada dua jenis kangkung yang sering dijual di pasar yakni kangkung yang daunnya tebal dan banyak cabang dan kangkung berdaun sempit atau ramping

 

  • Sawi Hijau

Dalam membudidayakan sawi hijau, tidak perlu banyak sinar matahari sehingga sawi hijau ini lebih cocok ditanam di tempat intensitas cahayanya sekitar 3-4 jam sehari. Sawi hijau juga banyak dikonsumsi  sehingga bertani sayuran ini cukup menguntungkan.

  • Terong

Terong salah satu jenis sayuran yang cukup digemari sehingga jika anda bertani sayuran terong akan cukup menjanjikan. Manfaat dari terong yang sering kita dengar yakni dapat menjaga kesehatan sel otak manusia. Terong bisa anda jadikan pertimbangan untuk memulai investasi karena banyak mencari dan memerlukan sayuran terong ini.

  • Cabai

Cabai yakni jenis tanaman yang populer karena banyak dipakai untuk menambah cita rasa makanan terutama bagi orang yang suka dengan rasa pedas. Sehingga tak heran jika harga cabai selalu mahal. Bertani cabai cukup menggiurkan apa lagi menjelang hari besar biasanya harga cabai melambung tinggi. Menanam cabai juga tidak begitu sulit. Cukup sediakan tanah, biji cabai, pot, pupuk organik, lalu tanam. kemudian, siram dengan air secukupnya. 

  • Timun

bertani timun lumayan menguntungkan selain itu hampir semua orang menyukai timun. Di dunia kesehatan timun dapat dijadikan sebagai masker, dapat mengatasi mata sembab, mata panda, melawan kanker, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa bertani sayuran tidak membutuhkan lahan yang luas melainkan bisa memanfaatkan lahan rumah yang ada caranya dengan menggunakan metode hidroponik. Berikut tips menanam tanaman menggunakan metode hidroponik

 

Tips Menanam Tanaman menggunakan Metode Hidroponik

Metode penanaman hidroponik perlu anda manfaatkan dengan baik. karena bertani sayuran yang menguntungkan dapat ditanam menggunakan metode ini. Bahkan hasil panen yang didapatkan bisa lebih berkualitas dan cepat. Di bawah ini merupakan cara bertanam menggunakan metode hidroponik

1. Siapkan bahan-bahan pembuatannya. Anda bisa memanfaatkan botol bekas untuk dijadikan pot atau tempat tanamannya. Selain itu siapkan juga peralatan lain seperti kerikil, pasir, arang sekam, dan kain untuk sumbu sebagai media tanam.

2. Potong botol bekas yang sudah disiapkan tadi menjadi dua bagian lalu beri lubang pada bagian atasnya berfungsi sebagai tempat aliran udara dan pemasangan sumbu kain. Lakukan secara teliti agar tidak terjadi kesalahan.

3. Pasang bagian botol tersebut yang sudah dipotong dengan susunan terbalik dimana bagian atas dihadapkan ke bagian yang bawah. Sebelumnya anda jangan lupa untuk menaruh sumbu kain pada bagian tutup botol hingga menjalar keluar.

4. Langkah berikutnya yaitu lakukan pengisian pada bagian atas botol menggunakan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Susunlah secara perlahan agar tidak merusak botolnya. Media tanam tersebut nantinya digunakan sebagai pijakan akar tanaman yang akan ditanam.

5. Jika langkah-langkah di atas sudah dikerjakan, maka tahap berikutnya adalah menaburkan bibit tanaman pada media tanam hidroponik yang telah dibuat tadi. Hal terpenting adalah pemberian nutrisi yang cukup pada tanaman yang anda tanam agar dapat tumbuh subur dan dipanen lebih cepat.

 

Related Posts