Home Bisnis dan Usaha Bertani Di Halaman Rumah

Bertani Di Halaman Rumah

by Lara Nifa

Masih berlakunya PPKM berlevel di beberapa kota di indonesia membuat masyarakat mencari kegiatan atau hobi baru yang bisa dilakukan di halaman rumahnya. Berkembangnya gaya hidup masyarakat yang memiliki kehidupan di perkotaan terkadang menginginkan gaya hidup seperti di pedesaan, karena dengan menanam sayuran di halaman rumah selain menyejukan juga bisa menjadi penopang kebutuhan tambahan di rumah. Misalnya bertani di halaman rumah dengan menanam sayuran seperti kangkung, bayam, cabe dan banyak sayuran lain yang mudah untuk di budidaya di halaman rumah.

Disisi lain dengan berkembangnya informasi akan hidup sehat membuat masyarakat yang aware dengan kesehatan tubuhnya yang mungkin dikenal dengan sesuatu yang mahal. Dengan menanam sayuran di halaman rumah juga mengurangi biaya belanja sayuran organik yang biasanya di jual di supermarket memang lebih mahal daripada sayuran biasa yang dijual di pasaran. Dengan bertani sayuran di halaman rumah bisa menggunakan bahan organik sesuai kebutuhan. selain sayuran Anda bisa juga membudidaya buah-buahan yang mudah tumbuh di udara perkotaan yang hangat seperti buah mangga, durian, pepaya dan lain sebagainya.

Metode Bertani Di Halaman Rumah

Selain untuk memberikan keindahan di halaman rumah, bertani juga bisa memberikan kesejukan di sekitar rumah Anda dengan pepohonan dan tanaman yang hijau juga berdampak mengurangi beban pikiran setelah kelelahan bekerja. Lalu metode bertani dibawah ini bisa Anda praktekkan di halaman rumah

  • Metode Tabulampot (tanaman buah dalam pot)

Metode bercocok tanam ini biasanya digunakan dalam dunia perkebunan buah, mungkin belum banyak masyarakat yang tahu metode ini karena memang masih sedikit yang menggunakannya. Metode tabulampot ini biasa digunakan untuk menanam buah buahan dengan jenis batang yang tidak terlalu besar dan juga buah buahan yang memiliki usia yang pendek seperti jeruk, anggur, mangga harum manis dan lain sebagainya.

Metode ini merupakan cara tanam yang dapat menggunakan bibit berupa biji, cangkok, okulasi, media yang dibutuhkan seperti tanah, kompos dan arang sekam, dari media tersebut dimasukkan ke dalam pot yang ukurannya bisa menyesuaikan kebutuhan Anda atau juga menyesuaikan besar kecilnya halaman rumah. tabulampot ini memiliki kelebihan cadangan nutrisi pada media terbatas jadi Anda harus melakukan proses pemupukan untuk menjaga nutrisi media kurang lebih 3 bulan sekali.

  • Metode Hidroponik

Salah satu metode bercocok tanam yang banyak digunakan oleh masyarakat di daerah perkotaan dan juga banyak masyarakat juga mengetahui cara penggunaannya ini merupakan metode bertani namun tanpa menggunakan media tanah. Lalu penggantinya diganti dengan arang sekam, pasir malang maupun air yang sudah dicampur dengan unsur hara sebagai pengganti nutrisi tanaman. biasanya tanaman yang cocok untuk metode tanam hidroponik ini seperti kangkung, bayam, tanaman hias dan beberapa tanaman obat obatan.

  • Metode Vertikultur

Metode selanjutnya yang juga merupakan salah satu yang cocok untuk ditanam di halaman rumah ini juga cocok untuk halaman rumah yang sempit. Tanaman yang cocok untuk metode vertikultur ini adalah tanaman yang dapat dipanen dalam waktu yang singkat seperti sawi, pakcoy, seledri, tomat hingga bayam.

Cara menanamnya dengan metode ini cukup mudah, karena bisa menggunakan pot yang digantung maupun pot yang ditempatkan di dinding halaman rumah. Selain itu jika ingin menghemat tempat bisa menggunakan potongan paralon yang dilubangi lalu diberi media tanah atau media lain dan diberi bibit tanaman sesuai selera Anda.

Tips Bertani Di Halaman Rumah

  • Menyiapkan Lokasi Untuk Bertani

Tips yang pertama ketika ingin memiliki tanaman di halaman rumah yaitu menentukan lokasi di bagian mana yang Anda inginkan untuk tanami sayuran ataupun buah-buahan. Hal ini perlu di perhatikan karena ada beberapa unsur seperti keran air untuk menyiram tanaman. Tidak mengganggu jalan utama masuk kerumah hingga berapa banyak tanaman yang akan Anda semai di halaman rumah.

  • Menyiapkan Tanah Yang Akan Digunakan Untuk Proses Penanaman

Tanah menjadi salah satu faktor yang paling krusial dalam metode bertani di halaman rumah. Hal ini dikarenakan jenis tanah di perkotaan dan di pedesaan sangat berbeda kandungan nutrisinya. Jadi jika tempat tinggal Anda di perkotaan maka harus memberikan lebih banyak pupuk di media tanaman.

  • Menentukan Jenis Tanaman

Setelah menyiapkan lokasi dan jenis tanah maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis tanaman yang cocok dengan cuaca di daerah Anda tinggal. Jangan terlalu memaksakan jika jenis tanaman, sayuran dan buah-buahan yang disukai namun jenis tanah dan cuaca tidak mendukungnya. Misalnya Anda tinggal di dataran rendah namun ingin menanam apel dan strawberry, hal ini sangat tidak memungkinkan karena buah tersebut hanya bisa ditanam di dataran tinggi.

Dengan berkembangnya teknologi internet Anda tidak lagi pusing mencari jenis tanaman yang dibutuhkan. Tinggal mencarinya di marketplace akan banyak penjual yang cukup lengkap sebagai modal dari benih hingga pupuk yang dibutuhkan.

Related Posts