Home Bisnis dan Usaha Berminat Punya Banyak Pelanggan? Ikuti Cara Cerdas Menggaet Pelanggan Loyal Bagi Perbisnis Pemula Ini

Berminat Punya Banyak Pelanggan? Ikuti Cara Cerdas Menggaet Pelanggan Loyal Bagi Perbisnis Pemula Ini

by Lara Nifa
Berminat Punya Banyak Pelanggan? Ikuti Cara Cerdas Menggaet Pelanggan Loyal Bagi Perbisnis Pemula Ini

Bukan rahasia lagi, pelanggan loyal merupakan kunci utama bisnis yang kita jalankan berhasil atau tidak. Hal tersebut karena mendapatkan pelanggan loyal cukup sulit. Bisa dibilang, untuk mendapatkan pelanggan loyal, kita harus bersaing dengan pebisnis lainnya.

Bagi Anda seorang pemula di bidang bisnis, tidak perlu takut untuk bersaing mendapatkan pelanggan loyal. Itu karena ada cara cerdas menggaet pelanggan loyal yang bisa Anda aplikasikan. Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Faktor yang Dapat Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan

Pada dasarnya, apa saja sih yang dapat membuat pelanggan itu loyal? Tenyata, loyalitas pelanggan ditentukan oleh beberapa faktor. Adapun faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kepercayaan (trust), yaitu keinginan konsumen untuk mempercayakan barang atau jasa yang diinginkan kepada merk tertentu. 
  2. Kepuasan pelanggan (satisfaction) adalah alat ukur untuk menentukan harapan yang diterima pelanggan atas suatu barang atau jasa yang dibelinya.
  3. Karakteristik konsumen. Loyal tidaknya pelanggan dapat ditentukan oleh karakteristik konsumen. Tentunya, karakteristik konsumen ini berkaitan erat dengan emosional konsumen.
  4. Kemudahan layanan yang diberikan oleh suatu produk.
  5. Layanan atau service yang diberikan suatu produk. Artinya, jika layanan produk tersebut baik dan melayani pelanggan dengan penuh perhatian, maka konsumen akan menjadi pelanggan yang loyal.

7 Cara Cerdas Menggaet Pelanggan Loyal bagi Pebisnis Pemula

Loyalitas pelanggan adalah keadaan di mana seorang konsumen secara rutin membeli produk dari bisnis Anda. Tentunya, loyalitas pelanggan ini tidak terbentuk dengan sendirinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Salah satunya adalah pelayanan yang baik kepada konsumen. Adapun cara cerdas untuk menggaet pelanggan loyal bagi pebisnis pemula adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Penawaran Terbaik kepada Konsumen

Tentunya, produk Anda akan dilirik konsumen, jika Anda selalu memberikan penawaran terbaik. Salah satu cara memberikan penawaran terbaik kepada konsumen adalah dengan cara membuat konten yang menarik di website Anda.

 Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas produk. Umumnya, selain memperhatikan konten dan promosi produk, seorang juga melihat kualitas produk sebelum membeli produk Anda.

2. Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Salah satu cara cerdas menggaet pelanggan loyal adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Artinya, setelah konsumen membeli produk Anda, Anda harus menjalin komunikasi, seperti: menanyakan kualitas produk atau bisa juga meminta konsumen untuk memberikan review terhadap produk Anda.

Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pembeli produk Anda, konsumen tersebut merasa diperhatikan dan didengarkan. Artinya, Anda telah memperlakukan konsumen dengan baik. Bisa jadi, dengan perhatian yang Anda berikan kepada konsumen, ia akan memutuskan menjadi pelanggan loyal Anda.

3. Mencari Tahu Kebutuhan Konsumen

Salah satu cara supaya konsumen yang membeli produk Anda menjadi pelanggan loyal adalah dengan mencari tahu kebutuhan konsumen. Nah, untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan konsumen ini, Anda harus menjalin komunikasi yang baik.

Contohnya, Anda meminta testimoni kepada konsumen tentang produk yang Anda jual. Bisa juga Anda mengirim email promosi untuk produk Anda yang lain, supaya produk Anda juga dikenal orang lain.

4. Memberikan Reward kepada Konsumen yang Berlangganan Produk Anda

Bukan rahasia lagi, setiap orang senang jika diberikan reward atau bonus. Nah, Anda dapat memberikan reward kepada konsumen yang berlangganan produk Anda. Pastinya, cara ini ampuh untuk membuat pelanggan loyal kepada produk Anda.

Contoh bentuk reward yang bisa Anda terapkan untuk produk Anda, adalah beli 7 produk, dapat gratis 1 produk. Dapat juga, Anda membuat iklan beli 3, gratis 1. Pastinya, cara promosi tersebut dapat menarik konsumen untuk selalu berlangganan produk Anda.

5. Memberikan Garansi Supaya Konsumen Percaya Kualitas Produk Anda

Memang, pemberian garansi hanya berlaku pada produk tertentu. Umumnya, pemberian garansi hanya diberikan kepada produk yang dijual dengan harga tinggi. Namun, cara ini dapat Anda coba untuk menarik konsumen supaya berlangganan produk Anda. 

Perlu diketahui, pemberian garansai terhadap suatu produk merupakan bentuk bahwa produk yang Anda jual berkualitas. Tentu saja, pemberian garansi ini tergantung dari jenis produk yang Anda jual. Contohnya, jika Anda menjual tas secara online, Anda dapat memberikan garansi 3 hari, jika kemungkinan tas tersebut rusak atau cacat produk.

6. Mau Mendengar Keluhan Konsumen dan Menyikapinya dengan Bijaksana

Siapa sih yang tidak ingin didengar keluhannya? Ternyata, hal tersebut berlaku untuk menggaet pelanggan loyal. Tentunya, mendengar keluhan pelanggan dan menyikapinya dengan bijaksana merupakan bentuk perhatian Anda kepada konsumen.

Selain itu, keluhan pelanggan jadikan sebagai masukan yang positif terhadap produk Anda. Namun, jika Anda tidak dapat memberikan solusi secara langsung terhadap keluhan pelanggan, mintalah waktu kepada pelanggan untuk menyelesaikannya.

7. Berikan Layanan yang Jelas dan Transparan

Umumnya, setiap konsumen ingin dilayani dengan baik, seperti layanan yang jelas dan transparan. Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan layanan yang jelas dan transparan supaya konsumen tidak merasa tertipu dengan produk yang Anda jual.

Itulah 7 cara cerdas menggaet pelanggan loyal bagi pebisnis pemula. Tentunya, cara tersebut mudah diaplikasikan. Namun, satu yang pasti posisikan Anda sebagai konsumen sebelum Anda memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Related Posts