Home Bisnis dan Usaha Berminat Memperoleh Penghasilan Tambahan? Yuk, Kenali Affiliate Marketing Ini

Berminat Memperoleh Penghasilan Tambahan? Yuk, Kenali Affiliate Marketing Ini

by Lara Nifa
pendapatan tambahan

Maraknya penggunaan internet, membuat kita semakin mudah mendapatkan banyak kesempatan. Salah satunya, kita dapat mendapatkan tambahan penghasilan hanya dengan bekerja secara online. 

Tentunya, profesi yang dapat dilakukan secara online ini beragam, mulai dari menjadi blogger, vlogger, youtuber, influencer sampai dengan affiliate marketing. Bagi Anda yang masih ragu dengan affiliate marketing, Anda dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang marketing affiliate.

Penasaran apa yang dimaksud dengan marketing affiliate? Apa saja sistem keuntungan yang didapat dari menjadi affiliate marketing? Langsung saja tanpa berlama-lama, simak informasi tentang affiliate marketing berikut ini.

Mengenal Definisi Affiliate Marketing

Mungkin Anda sering mendengar istilah affiliate marketing, namun belum memahami secara rinci apa definisinya. Perlu diketahui, affiliate marketing merupakan salah satu jenis metode untuk memasarkan suatu produk secara online atau digital. 

Tentunya, metode affiliate marketing akan memberikan keuntungan bagi yang menjalankannya. Jadi, bagi Anda yang mempromosikan produk secara online dan produk tersebut dibeli oleh konsumen, Anda akan mendapatkan komisi.

Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan Ketika Menjalankan Profesi Affiliate Marketing

Selain mendapat komisi, menjadi affiliate marketing juga memiliki banyak keuntungan. Adapun keuntungan yang akan Anda dapatkan dari program affiliate marketing ini adalah sebagai berikut.

  1. Biaya Pendaftarannya Murah Bahkan Ada Gratis

Kabarnya, program affiliate marketing yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan ini beragam. Ada program yang mewajibkan pesertanya membayar dan ada yang tanpa dipungut biaya (gratis). 

Berkaitan dengan biaya pendaftaran program affiliate marketing, ada 2 jenis yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

  • Program affiliate marketing dari perusahaan yang gratis atau tanpa biaya. Umumnya, affiliate marketing tipe ini tidak memberikan syarat apapun. Artinya, perusahaan tidak mewajibkan affiliate marketing untuk membeli produknya, cukup membantu pemasarannya saja.
  • Program affiliate marketing berbayar. Namun, jangan khawatir umumnya biaya pendaftaran program ini murah dan terjangkau. Bisa jadi, perusahaan hanya mewajibkan kepada Anda untuk membeli produknya sebelum memasarkannya.

2. Proses Pendaftarannya Mudah Dilakukan

Pada umumnya, proses pendaftaran menjadi affiliate marketing mudah sekali. Namun, perlu diketahui proses pendaftaran affiliate marketing setiap perusahaan berbeda-beda. 

Hal utama yang perlu dipahami dalam program affiliate marketing adalah setelah Anda mendaftar sebagai affiliate marketer, Anda akan mendapatkan izin untuk memasarkan produk. Kemudian, jika produk yang Anda promosikan berhasil dibeli oleh konsumen, maka Anda akan mendapatkan komisi.

3. Kemungkinan Mendapatkan Passive Income dalam Jangka Panjang

Bisa dibilang, program affiliate marketing sangat menguntungkan bagi pelaku usahanya. Itu karena Anda berkesempatan untuk mendapatkan passive income. Artinya, sekali Anda posting produk, jika posting tersebut diminati oleh banyak konsumen, komisi akan mengalir ke rekening Anda.

4. Memiliki Jam Kerja yang Fleksibel

Satu lagi keuntungan yang Anda dapatkan dari program affiliate marketing ini, yaitu memiliki jam kerja yang fleksibel. Itu karena Anda dapat mempromosikan suatu produk kapanpun dan dimanapun. Selain itu, jam kerja Anda juga tidak terikat oleh waktu.

Artinya, profesi affiliate marketer ini cukup menguntungkan. Apalagi jika affiliate marketing yang Anda jalankan sudah stabil. Tentunya, selain mendapatkan passive income, Anda juga punya banyak waktu untuk keluarga.

5. Banyak Pengetahuan yang Akan Didapatkan dari Menjadi Affiliate Marketing

Bisa dibilang program affiliate marketing tergolong baru. Program ini menjadi tren sejak dimulainya era digital. Tidak heran, jika affiliate marketing dinilai sebagai ilmu pengetahuan yang baru bagi marketer. Tentunya, dengan belajar hal baru wawasan dan ilmu yang akan Anda dapatkan akan bertambah.

Perlu diketahui, profesi affiliate marketer ini juga tidak mengikat Anda di satu perusahaan saja. Anda juga dapat menjadi affiliate marketer di perusahaan. Bahkan Anda bisa berprofesi menjadi affiliate marketer untuk 3 – 5 perusahaan.

Mengenal Sistem Pembayaran pada Program Affiliate Marketing

Bagi Anda yang berniat menjadi affiliate marketer, Anda perlu mengatahui sistem pembayaran yang berlaku di program affiliate marketing ini. Adapun sistem pembayaran tersebut adalah sebagai berikut.

1. Komisi Pay per Click

Sesuai dengan namanya, yaitu komisi pay per click merupakan sistem pembayaran komisi dengan cara affiliate marketer akan mendapatkan fee jika ada konsumen yang klik link affiliasi promosinya. Jadi, semakin banyak yang klik link promosi yang Anda bagikan, maka komisi Anda akan bertambah sesuai jumlah klik.

2. Komisi Pay per Sale

Selain pay per click, ada juga jenis komisi pay per sale. Jenis sistem pembayaran yang satu ini, Anda akan mendapatkan komisi jika ada yang membeli produk dari link affiliasi yang Anda promosikan. Adapun besaran komisi tergantung dari ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan.

3. Komisi Pay per Lead

Satu lagi sistem pembayaran pada program affiliate marketing, yaitu pay per lead. Artinya, Anda akan mendapatkan komisi jika ada konsumen yang berhasil menjadi lead dari link affiliate yang Anda promosikan.

Contohnya, dari link affiliate yang Anda promosikan, ada konsumen tertarik untuk mengisi info kontak, mengunduh promosi Anda, berlangganan newsletter sampai dengan menjadi anggota, maka Anda akan mendapat komisi. Tentunya, nilai komisi tersebut sesuai dengan kesepakatan.

Bagaimana menurut pendapat Anda, apa affiliate marketing layak untuk dijadikan pilihan mendapatkan penghasilan tambahan? Tentunya, keputusan tersebut kembali kepada hobi dan minat Anda. Namun, apa salahnya kita mencoba hal baru supaya penghasilan kita semakin bertambah.

Related Posts