Home Bisnis dan Usaha Berkebun di Rumah Siapa Takut? Yuk, Coba 7 Budidaya Tanaman yang Menguntungkan Rumah Ini

Berkebun di Rumah Siapa Takut? Yuk, Coba 7 Budidaya Tanaman yang Menguntungkan Rumah Ini

by Lara Nifa

Saat ini, berkebun di rumah menjadi suatu pilihan. Itu karena berkebun di rumah tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas. Selain itu, berkebun di rumah juga dapat menghasilkan keuntungan karena hasil kebun dapat dijual.

Satu lagi keuntungan dari berkebun di rumah adalah rumah menjadi nyaman dan sejuk. Perlu diketahui, masih banyak lagi manfaat dari budidaya tanaman yang menguntungkan rumah. Asalkan Anda bisa memilih jenis tanaman yang tepat, berkebun di rumah menjadi menyenangkan.

Nah, apa saja budidaya tanaman yang menguntungkan rumah? Dan apa saja manfaat budidaya tanaman di rumah? Yuk, simak informasi berikut ini.

Manfaat Budidaya Tanaman di Rumah yang Menguntungkan

Perlu diketahui, banyak sekali manfaat dari berkebun di rumah. Salah satunya dapat menyehatkan pikiran dan mental kita. Adapun manfaat dari budidaya tanaman di rumah yang dinilai menguntungkan adalah sebagai berikut.

  1. Dapat menghasilkan uang. Itu karena hasil dari budidaya tanaman di rumah dapat dijual baik dalam bentuk bibit, tanaman maupun buahnya.
  2. Menjaga tubuh tetap sehat. Tentunya, dengan budidaya tanaman di rumah dapat membantu Anda untuk membakar kalori dalam tubuh.
  3. Membentuk ruangan hijau baik di dalam rumah maupun di halaman rumah.
  4. Membantu mempertajam daya ingat. Perlu diketahui, melakukan budidaya tanaman di rumah dapat menyehatkan pikiran sehingga Anda tidak mudah lupa.
  5. Sebagai sarana hiburan dan mengusir kebosanan ketika Anda tidak ada kegiatan saat di rumah saja.

Rekomendasi 7 Budidaya Tanaman yang Menguntungkan Rumah

Salah satu manfaat budidaya tanaman di rumah adalah mengusir kebosanan. Namun, siapa sangka berkebun di rumah juga dinilai bisa menguntungkan rumah dan finansial Anda. 

Asalkan Anda bisa memilih jenis tanaman yang tepat untuk dibudidayakan, maka Anda akan mendapat banyak keuntungan. Adapun rekomendasi 7 budidaya tanaman yang menguntungkan rumah adalah sebagai berikut.

1. Budidaya Daun Bawang

Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Itu karena daun bawang dinilai serbaguna saat diolah menjadi masakan. Ternyata, daun bawang ini dapat dibudidayakan di dalam dan di luar ruangan.

Oleh karena itu, budidaya daun bawang dinilai menguntungkan rumah. Selain dapat menghasilkan uang ketika panen, daun bawang juga dapat membentuk ruangan hijau di sekitar rumah Anda.

2. Budidaya Seledri

Selain daun bawang, seledri juga dapat dibudidayakan di rumah. Anda dapat menanam seledri baik di dalam maupun di luar ruangan. Kabarnya, seledri ini mudah dibudidayakan, dengan menanam batang seledri di pot, Anda dapat memanen hasil yang berlimpah.

3. Budidaya Microgreens

Microgreens atau disebut sayuran mini merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan di rumah. Artinya, Anda dapat menanam tanaman ini di halaman rumah Anda atau ditanam di pot sebagai hiasan dalam ruangan.

Perlu diketahui, budidaya microgreens di rumah cukup mudah, asalkan Anda selalu memperhatikan intensitas cahaya matahari di rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan wadah yang dangkal untuk menanamnya.

4. Budidaya Wortel

Bagi Anda yang memiliki lingkungan rumah yang sejuk dan tanah dengan tingkat kesuburan yang bagus, Anda dapat melakukan budidaya wortel di rumah. Selain itu, sayuran yang satu ini juga dapat ditanam di pot.

Perlu diingat, jika Anda menanam wortel di pot, pastikan pot tersebut memiliki ruang yang cukup untuk pertumbuhan akar tanaman ini. Tentunya, dengan budidaya wortel di rumah sangat menguntungkan. Itu karena harga jual wortel cukup tinggi.

5. Budidaya Lobak

Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang juga diminati banyak orang. Namun, untuk budidaya lobak membutuhkan kesabaran. Itu karena lobak membutuhkan lingkungan yang sejuk untuk perkembangbiakkannya. 

Selain dapat dibudidayakan di halaman rumah, lobak juga dapat dibudidayakan di dalam ruangan. Namun, perlu diingat suhu ruangan di rumah Anda harus sejuk. Pastinya, budidaya lobak ini dinilai menguntungkan karena hasil panennya dapat dijual dan dapat membuat suhu ruangan di rumah Anda menyehatkan.

6. Budidaya Stroberi

Selain sayuran, budidaya buah-buahan yang dinilai menguntungkan rumah adalah tanaman stroberi. Itu karena tanaman stroberi mudah tumbuh di beberapa media tanam. 

Namun, tanaman yang satu ini kurang bisa  berbuah jika diletakkan di dalam ruangan. Oleh karena itu, bagi Anda yang berniat melakukan budidaya stroberi di rumah, sebaiknya menanamnya di halaman rumah saja. 

7. Budidaya Monstera

Tidak hanya sayuran dan buah-buahan yang bisa dibudidayakan di rumah, beberapa jenis tanaman hias juga bisa dibudidayakan. Salah satu tanaman hias yang dapat dibudidayakan di rumah adalah monstera. 

Jenis tanaman hias ini dapat tumbuh berkembang dengan baik di Indonesia. Itu karena monstera adalah tanaman hias untuk daerah tropis. Tentu saja, tanaman hias yang satu ini dapat berkembangbiak di dalam maupun di luar ruangan.

Perlu diketahui, budidaya monstera ini dinilai menguntungkan rumah. Hal tersebut karena selain dapat dijadikan dekorasi ruangan, tanaman ini juga dapat dijual dengan harga 65 ribu hingga 145.000 per pot kecil.

Nah, itulah 7 budidaya tanaman yang menguntungkan rumah. Tanaman mana yang merupakan pilihan Anda? Pilihlah tanaman yang Anda sukai supaya Anda dapat merawatnya dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts