Home Perencanaan Berikut Adalah Daftar Jenis Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Berikut Adalah Daftar Jenis Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Anda Pilih

by Greg Pascal
asuransi kesehatan terbaik

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang menanggung perawatan medis ketika Anda berkunjung ke rumah sakit atau ketika Anda berkunjung ke dokter. Asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat dan jenis. Apakah Anda masih bingung akan memilih jenis asuransi kesehatan yang terbaik? Berikut adalah daftar jenis asuransi kesehatan terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda.  

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Perawatan

Berdasarkan jenis perawatan, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua jenis. Yaitu asuransi kesehatan rawat inap dan asuransi kesehatan rawat jalan.  Perbedaan dari kedua jenis asuransi kesehatan ini adalah pada asuransi kesehatan rawat inap, perlindungan yang diberikan berupa proteksi atas biaya perawatan yang dibutuhkan pasien yang menjalani rawat inap di rumah sakit. 

Apabila pasien tidak menjalani rawat inap, maka biaya tidak akan ditanggung oleh asuransi kesehatan. Ketentuan rawat inap berbeda untuk masing-masing kebijakan produk asuransi. Ada yang harus berada di rumah sakit minimal 16 jam, ada juga yang membutuhkan masa rawat inap hanya enam jam. Jenis asuransi kesehatan yang satu ini paling banyak penggunanya.

Sedangkan asuransi rawat jalan memberikan proteksi berupa biaya perawatan pasien rawat jalan. Pelayanan medis yang terlindungi contohnya cek darah, cek lab, diagnosis, rehabilitasi, dan pelayanan medis lain yang tidak membutuhkan pasien untuk tidak menginap di rumah sakit. 

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Biaya Yang Ditanggung

Biaya yang ditanggung oleh asuransi rawat inap seperti biaya harian kamar rumah sakit, biaya kunjungan dokter umum, dan kunjungan dokter spesialis. Selain itu biaya perawatan harian intensif, biaya pembedahan, dan biaya lainnya yang berhubungan dengan rawat inap lainnya ditanggung oleh asuransi rawat inap. 

Biaya yang ditanggung oleh asuransi rawat jalan adalah pembedahan pulang hari, biaya pemeriksaan, biaya perawatan jalan, dan seluruh biaya lainnya yang berhubungan dengan rawat jalan. Apabila pasien menjalani rawat inap, maka biaya tidak akan ditanggung asuransi jenis ini.

Sedangkan biaya yang ditanggung asuransi dengan manfaat khusus adalah biaya tambahan seperti biaya ambulans, biaya laporan medis, biaya alat-alat medis pembantu seperti kursi roda, dan biaya manfaat khusus lainnya. 

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pihak Yang Ditanggung

Asuransi ini menanggung pihak individu ataupun kelompok. Apabila Anda memilih asuransi kesehatan kelompok, maka makin besar biaya yang harus Anda keluarkan. Biasanya asuransi kesehatan kelompok digunakan untuk keluarga. Pada individu maupun kelompok, umumnya asuransi kesehatan bersifat sukarela. Anda dapat memilih memiliki atau tidak asuransi kesehatan tersebut.

asuransi kesehatan terbaik

Baca Artikel Selanjutnya :

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Kepemilikan Badan Penyelenggara

Berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua. Yaitu asuransi kesehatan swasta dan asuransi kesehatan pemerintah. Asuransi kesehatan swasta adalah asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan swasta. Beberapa asuransi kesehatan swasta yang cukup dikenal misalnya prudential, Sequis liife, manulife, Allianz, dan lainnya. Biasanya biaya asuransi kesehatan swasta jauh lebih besar daripada biaya asuransi kesehatan pemerintah.

Asuransi kesehatan pemerintah adalah asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah. Biaya yang dikeluarkan untuk asuransi pemerintah jauh lebih murah. Contoh asuransi kesehatan pemerintah adalah BPJS kesehatan, atau kartu indonesia sehat. Asuransi kesehatan pemerintah memiliki kekurangan yaitu pelayanan kesehatan yang kurang baik. Namun kelebihannya adalah biaya yang lebih murah. 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan adalah melindungi finansial Anda dari biaya kesehatan. Asuransi kesehatan membantu Anda menghindari biaya darurat yang sangat besar. Dengan adanya asuransi kesehatan, biaya medis akan ditanggung oleh asuransi. Walaupun Anda harus mengeluarkan biaya tiap bulan atau membayar terlebih dahulu, namun manfaatnya akan Anda rasakan di kemudian hari. 

Selain itu, asuransi kesehatan menyediakan fasilitas cashless. Fasilitas ini memungkinkan Anda membayar tanggungan rumah sakit tanpa mengeluarkan uang tunai. Pihak asuransi akan memberikan kartu yang nantinya Anda berikan pada pihak rumah sakit. Biaya rumah sakit sudah terbayarkan hanya dengan kartu asuransi tersebut. Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang tunai untuk membayar. 

Manfaat asuransi kesehatan lainnya adalah memberikan rasa tenang pada diri Anda dan keluarga. Apabila biaya kesehatan telah teratasi, Anda bisa fokus pada biaya lainnya. Biaya investasi, biaya pendidikan, biaya harian, dan biaya lainnya. Tentu saja hal ini akan menguntungkan Anda dan membuat Anda lebih tenang. Tak diragukan lagi manfaat asuransi kesehatan yang satu ini. 

Demikian jenis asuransi kesehatan terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda. Pastikan Anda memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Asuransi kesehatan banyak manfaatnya. Tak hanya bagi diri Anda, tapi juga keluarga Anda. Walaupun Anda tak wajib memiliki asuransi kesehatan, setidaknya Anda telah mempersiapkan apabila kemungkinan terburuk terjadi pada diri dan keluarga Anda. Bijaklah dalam memilih asuransi yang Anda butuhkan. 

Related Posts