Home Bisnis dan Usaha Berikut 12 Ide Bisnis Pada Masa Pandemi

Berikut 12 Ide Bisnis Pada Masa Pandemi

by Lara Nifa

Pandemi Covid-19 tidak kunjung selesai sejak 2 tahun yang lalu. Tidak hanya Anda, namun seluruh masyarakat tentunya merasa terbebani dengan kehadiran pandemi Covid-19. Mulai dari wajib terbiasa dengan semua peraturan baru yang disebut dengan new normal, bisnis yang rugi sebab tidak ada pelanggan hingga kehilangan pekerjaan. 

 

Walaupun demikian, Anda tidak boleh berdiam diri sehingga menyebabkan keputusasaan. Ini menjadi waktu yang tepat untuk Anda mengasah kemampuan diri untuk membaca peluang bisnis yang ada. Untuk bisa tetap bertahan hidup, Anda wajib bisa melihat lingkungan di sekeliling dan perhatikan beragam bisnis di masa pandemi yang sangat menjanjikan seperti berikut ini. 

  • Bisnis kebutuhan pokok 

Peluang usaha kebutuhan pokok menjadi sangat menggiurkan sebab diyakini bisa bertahan dalam krisis. Karena, masyarakat selalu memerlukan stok bahan pokok untuk kehidupan sehari-hari seperti minuman dan makanan terlepas dari bagaimanapun keadaanya. 

 

Selain itu, modalnya juga tidak mahal dan hanya membutuhkan beberapa pekerja saja. Labanya berpotensi besar dengan putaran arus kas yang sangat cepat. Pada pandemi ini, Anda dapat berbisnis kebutuhan pokok melalui internet dengan menggunakan marketplace maupun sistem delivery online. 

  • Jasa pesan antar 

Di masa pandemi, bisnis layanan yang satu ini bisa bertahan sebab adanya peningkatan permintaan pesan antar. Layanan ini membantu pelanggan untuk memperoleh kebutuhan pokok hanya dari rumah saja. Bisnis ini menggunakan teknologi internet sehingga mempermudah pelanggan untuk memperoleh barang yang diinginkan. 

 

Apalagi di masa pandemi ini kita diharuskan untuk di rumah saja, maka jasa layanan ini sangat berguna untuk masyarakat. Anda juga dapat memakai peluang usaha ini untuk selalu mengembangkan bisnis selama masa pandemi yang tidak kunjung selesai. 

  • Catering makanan 

Bisnis di masa pandemi yang bisa menghasilkan banyak keuntungan yaitu bisnis catering makanan. Ya, jika Anda mempunyai kemampuan memasak yang bagus maka bisnis ini menjadi peluang usaha yang tepat untuk Anda. Untuk mencegah terpapar virus Covid-19, masyarakat biasanya akan berhati-hati saat memilih makan yang ingin dikonsumsinya. 

 

Hal tersebutlah yang mengakibatkan usaha catering menjadi sangat ramai. Tidak hanya rasanya saja, kerapihan dan kebersihan saat penyajian makanan juga menjadi hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, Anda wajib meyakini para pelanggan jika makanan yang Anda buat aman dikonsumsi dan terbebas dari Covid-19 sebab dibuat dengan protokol kesehatan, misalnya memakai masker, sarung tangan dan lainnya. 

  • Frozen food 

Masih dibidang makanan, makanan beku atau biasa kita kenal dengan frozen food juga menjadi usaha di masa pandemi yang tidak bisa diremehkan keuntungannya, lho. Kemudahan saat membuat makanan beku dan jaminan kebersihan menjadikan frozen food makanan favorit di masa pandemi. 

 

Frozen food juga mempunyai daya simpan yang sangat lama, yang berarti masyarakat dapat menyimpan makanan beku di dalam kulkasnya untuk dimasak saat mereka menginginkannya. Menyimpan frozen food di kulkas bisa mengurangi Anda untuk keluar rumah membeli makanan, sehingga mereka bisa dirumah saja. 

  • Menjual produk kesehatan 

Sektor kesehatan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan ketikan pandemi. Wajar saja sebab barang maupun alat-alat kesehatan menjadi sebuah kebutuhan yang penting bagi masyarakat saat krisis kesehatan seperti sekarang ini. Untuk memenuhi kebutuhan ini, masyarakat rela membeli beragam barang kesehatan seperti hand sanitizer, masker, obat-obatan, desinfektan dan vitamin. 

 

Anda juga dapat mencoba peluang usaha ini dengan berjualan masker atau hand sanitizer dengan harga yang mudah. Selama virus Covid-19 ini masih ada, semua produk kesehatan tersebut pasti akan dicari oleh masyarakat. 

  • Kopi literan 

Kopi selalu menjadi minuman favorit untuk banyak orang, sebab kopi sekarang telah menjadi gaya hidup kalangan muda maupun tua. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya coffee shop yang bermunculan akhir-akhir ini. Walaupun Covid-19 sedang melanda, usaha kopi masih dapat bertahan. 

 

Caranya yaitu dengan menjual kopi literan yang dijual secara online sehingga para pelanggan tetap bisa menikmati kopi tanpa harus pergi keluar rumah. Nah, ini dapat menjadi peluang usaha untuk Anda di masa pandemi. Anda dapat membuat kopi literan dan menjualnya. 

  • Pelatih fitness 

Sangat penting untuk menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Caranya yakni dengan rajin berolahraga walaupun dari rumah saja. Jika Anda bisa fitness, jadikan bakat itu menjadi peluang usaha. Anda dapat membuat kelas fitness secara online, jangan lupa untuk banyak melakukan promosi supaya bisnis Anda semakin dikenal. 

  • Jasa desain grafis 

Bagi Anda yang mempunyai keahlian mendesain, ini merupakan waktu yang tepat untuk Anda bisa menghasilkan banyak keuntungan. Hampir seluruh bisnis di masa pandemi ini menggunakan sosial media untuk menarik para pelanggan, dan hal yang diperlukan untuk kebutuh sosial media yaitu konten. 

 

Konten yang bermanfaat dan menarik bisa membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk. Oleh karena itu, jasa desain konten sosial media sedang gencar-gencarnya dicari.

 

Nah, itu tadi beberapa ide bisnis di masa pandemi yang bisa Anda coba untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Selamat mencoba!

Related Posts