Home Tips Berikut 10 Tips Hemat Menggunakan Kuota

Berikut 10 Tips Hemat Menggunakan Kuota

by Lara Nifa
menggunakan internet

Meskipun telah masuk dalam anggaran bulanan, paket internet tetap saja mahal. Apalagi, untuk Anda yang tidak mempunyai akses wifi. Itulah mengapa banyak orang yang berupaya untuk menghemat penggunaan paket data. Tetapi, nyatanya untuk menghemat paket internet ini, Anda tidak harus mematikannya setelah di pake, lho. 

Terdapat sejumlah cara yang dapat Anda gunakan untuk menghemat paket internet. Tentu saja Anda penasaran, bukan? Yuk, simak tipsnya di bawah ini. 

1. Atur batas pemakaian 

Anda tentu saja tidak ingin paket internet belum sebulan tetapi sudah habis. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatur batas pemakaian paket internet setiap bulannya. Cara ini bisa diterapkan pada Android 5.0 Lollipop dan setelahnya. Langkah sederhana yang pertama yaitu cek penggunaan internet pada “Settings” lalu “Connections”. 

Melalui data ini, Anda dapat mengira-ngira berapa jumlah data yang Anda butuhkan dalam waktu sebulan. Apabila sudah, maka Anda bisa memilih “Set mobile data”. Dengan demikian, Anda dapat menghemat penggunaan internet selama sebulan. 

2. Batasi background data 

Sangat banyak aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang Android. Misalnya, Instagram, WhatsApp, Facebook, dan game yang tidak sepenuhnya dimatikan. Jadi jangan kaget bila menyedot beberapa paket data. 

Untungnya, terdapat cara untuk meminimalkan data latar belakang ini. Caranya dengan membuka Pengaturan> Penggunaan Data. Kemudian Anda akan melihat sekumpulan aplikasi berdasarkan jumlah data yang digunakan. Pilih aplikasi yang ingin Anda batasi, lalu klik Batasi data latar belakang aplikasi. 

Harap dicatat jika ini akan membatasi Anda saat menggunakan aplikasi. Misalnya, jika Anda menerapkannya ke Facebook, Anda tidak bisa memperoleh notifikasi. 

3. Jangan update aplikasi secara otomatis 

Penyebab konsumsi paket data berikut yaitu Play Store. Apabila tidak diatur dengan benar, aplikasi  akan diperbarui setiap saat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pengaturannya. 

Untuk melakukannya, buka Play Store> Pengaturan> Pembaruan Aplikasi Otomatis. Ada 3 pilihan yang tersedia. Jika tidak ingin di update oleh paket data, jangan klik opsi Over Network. Sebagai gantinya, pilih Wifi saja atau jangan perbarui aplikasi secara otomatis. 

4. Menghemat data ketika browsing 

Apabila Anda adalah pengguna yang sering menjelajah Google Chrome, Anda harus tahu jika browser Anda menyerap banyak paket data Anda. Tapi tidak khawatir, terdapat cara untuk mengatasinya. Chrome mempunyai fitur penghemat data yang meminimalkan data pada halaman yang Anda buka. Bagaimana? Buka Chrome dan pilih tiga titik di sudut kanan atas. Klik Pengaturan> Lite Mode> Aktif.

5. Hemat data WhatsApp

Aplikasi ini juga merupakan mayoritas paket data. Ada sejumlah cara untuk meminimalkan hal ini. Cukup buka Pengaturan> Penggunaan Data dan Penyimpanan. Oleh karena itu, Anda bisa  mengatur pengunduhan media supaya tidak terjadi secara otomatis. Anda juga dapat mengaktifkan penggunaan data rendah untuk mengurangi penggunaan paket data ketika melakukan panggilan.

6. Unduh aplikasi yang dapat dipakai secara offline 

Anda dapat mengakses banyak aplikasi offline tanpa internet. Misalnya, Google maps, Spotify premium dan lainnya. Anda dapat mengunduh data yang Anda butuhkan dengan menghubungkan ke WiFi. Kemudian gunakan mode offline yang disediakan. 

7. Atur mode data saver 

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu mode data saver. Saat digunakan, smartphone akan otomatis berhenti menggunakan paket data. Semua data latar belakang yang berjalan akan dihentikan. 

Bagaimana cara mengaktifkan mode ini? Buka Pengaturan> Koneksi> Penggunaan Data. Kemudian geser saklar penghemat data untuk mengaktifkannya. Namun, Anda perlu menyadari bahwa jika Anda mengaktifkan penghemat data, aplikasi Anda tidak bisa berjalan dengan baik.

8. Jangan sering streaming 

Streaming merupakan aktivitas yang sangat banyak menghabiskan paket internet. Ini terutama benar jika Anda melihat foto dengan kualitas terbaik. Hindari kegiatan ini jika Anda hanya memakai paket internet. Oleh karena itu, mengunduh lagu, foto atau video adalah pilihan terbaik hanya jika Anda hanya terhubung melalui WiFi. 

Jika Anda melanjutkan streaming menggunakan kuota Internet, Anda dapat menurunkan kualitas streaming ke yang lebih rendah untuk menghemat.  YouTube menghabiskan banyak paket internet. Oleh karena itu, pastikan menggunakan resolusi video rendah saat menggunakannya.

9. Jangan selalu menyalakan lokasi 

Banyak orang tanpa sadar selalu menyalakan fitur lokasi di smartphone mereka. Ini biasanya terjadi sebab Anda baru membuka aplikasi yang perlu mengaktifkan lokasi. Bahkan, lupa mematikan nya saat tidak digunakan. Anda mungkin tidak selalu menyadari penonaktifan fitur ini sangat penting untuk menghemat paket internet, Oleh sebab itu, ketika Anda membuka ponsel, Anda perlu menonaktifkan fitur yang satu ini ya! 

10. Gunakan wifi 

Cara terakhir untuk menghemat paket internet yaitu dengan menggunakan wifi. Kemajuan teknologi sekarang memungkinkan Anda untuk mengakses Internet di rumah melalui router Wifi. Untuk menghemat paket internet smartphone Anda, Anda perlu memanfaatkan WiFi. 

Related Posts