Home Tips Berikut 10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses

Berikut 10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses

by Lara Nifa

Selama masa pandemi seperti sekarang ini, memulai bisnis dengan modal yang sedikit menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat. Menjadi reseller adalah cara yang sangat menguntungkan untuk mencoba usaha dengan modal yang kecil. Reseller sendiri adalah jenis usaha yang hanya membutuhkan smartphone saja. 

 

Nantinya Anda bisa menjual atau memasarkan produk-produk dari para supplier ke masyarakat yang telah menjadi target, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mengemas barang tersebut sebab supplier yang akan melakukannya. Lalu, Anda hanya harus mengirimkan rincian barang, jumlah dan alamat pelanggan kepada supplier. 

 

Sekarang menjadi reseller sangat populer hampir di seluruh kalangan masyarakat. Apabila ingin menjadi seorang reseller, Anda harus mengetahui dulu bagaimana caranya menjadi reseller yang benar. Sebab, dengan menjadi reseller, Anda sudah menjadi bagian dari proses distribusi produk sebuah merek tertentu. Dengan demikian, Anda wajib mengerti produk dan menguasainya karena akan Anda juga kepada orang lain nantinya. 

 

Apabila Anda berminat dan ingin mulai untuk menjadi seorang reseller, di bawah ini ada beberapa cara untuk menjadi reseller. Anda harus memahami semua cara tersebut. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Tips Menjadi Reseller 

  • Temukan produk yang tepat 

Saat Anda ingin berjualan sebuah barang, apalagi untuk Anda yang ingin menjadi reseller sebuah produk Anda wajib mengetahui dulu tentang produk yang akan dijual kepada para pelanggannya. Lihatlah apakah produk tersebut layak atau tidak untuk dijual, bandingkan harga dengan kualitas yang diberikan serta cari tahu apakah produk tersebut memiliki peminat atau tidak. 

 

Sebab, bila Anda mulai menjadi reseller dengan tidak mengeluarkan modal, hal ini menjadi sebuah kunci untuk menjadi reseller yang baik supaya Anda sukses dan bisa mendapatkan banyak keuntungan. 

  • Ketahui kompetitor dan pasar 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Anda wajib melihat apakah produk itu banyak diminati masyarakat. Besar peluangnya dari produk tersebut nantinya bila Anda ingin menjual barang tersebut di pasaran. Dari awal Anda wajib memperhitungkannya, tetapi hitungan ini hanya bersifat sementara. 

  • Analisis supplier

Cara untuk menjadi reseller ini harus Anda lakukan demi meminimalisir kerugian yang bisa terjadi kapan pun. Selain itu, Anda juga harus melihat kompetitor dari produk yang akan Anda jual nantinya. Lihatlah seberapa banyak dan seberapa besar kompetitor Anda saat menjalankan usaha menjadi reseller ini. 

 

Sebab, sering terjadi supplier tidak menerima banyak reseller yang membantu menjualkan barangnya di wilayah yang sama. Cara yang satu ini dilakukan demi menghindari adanya perang harga antar reseller yang nantinya bisa merugikan suppliers. 

  • Pilih supplier yang unggul 

Cara selanjutnya untuk menjadi seorang reseller yaitu pilihlah supplier yang tepat. Jangan pernah Anda sembarangan memilih supplier sebab nantinya bisa menjadi bumerang untuk Anda sendiri. Tidak hanya kualitas dan kelayakan produk, Anda pun harus melihat cara supplier berkomunikasi dan tanggapan cepat dari supplier. 

 

Sehingga nantinya tidak merugikan Anda sebab supplier tanggap dan terpercaya saat ada pesanan. Dengan demikian, Anda bisa menjalankan kerjasama dengan supplier dengan waktu yang lama. 

  • Berikan layanan konsumen dengan baik 

Cara untuk menjadi reseller tanpa modal yang baik yaitu Anda harus bisa memberikan pelayanan dengan maksimal kepada para konsumennya. Lalu, penting sekali untuk Anda memberikan pelayanan yang bagus demi mempertahankan kepercayaan pelanggan kepada Anda. 

  • Pertahankan pelayanan yang diberikan

Konsumen dari usaha online biasanya hanya dapat Anda pertahankan dengan memberikan pelayanan yang terbaik, supaya mereka tidak mudah pergi atau berpindah ke toko yang lainnya. Untuk menjadi reseller yang bagus yaitu dengan menanggapi setiap pesanan pelanggan dengan ramah, sebab nantinya Anda akan bertemu dengan berbagai jenis pelanggan. 

  • Selalu update informasi produk 

Anda harus selalu update tentang semua barang yang Anda jual. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus disiplin dan konsisten untuk memperbaharui informasi tentang produk yang akan Anda jual. Hal tersebut penting untuk Anda lakukan supaya bisa melihat dengan jelas informasi tentang barang tersebut. 

  • Pakai trik penjualan online 

Meskipun Anda hanya menjadi seorang reseller saja, Anda jangan pernah takut untuk membuat online shop sendiri dan menjual hal tersebut dengan giat lagi menggunakan akun yang Anda bikin. Cara lain yang sangat efektif yaitu dengan membuat iklan tentan produk yang Anda jual di media sosial. 

  • Gencar promosi di media sosial 

Promosi menggunakan media sosial ini juga dapat memakai fitur iklan secara langsung ke target pasar yang Anda inginkan. Sehingga ketika Anda membayar untuk memasang iklan, Anda bisa memilih karakter dari para pengguna sosial media sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. 

  • Evaluasi penjualan 

Cara terakhir yang harus Anda lakukan yaitu rajin melakukan evaluasi penjualan secara rutin. Hal tersebut demi mengembangkan usaha Anda ke arah yang lebih baik. 

 

Nah, itu tadi beberapa cara menjadi reseller yang sukses dan bisa Anda coba mulai sekarang. Selamat mencoba! 

Related Posts