Pernikahan adalah momen sakral serta diharapkan hanya dilangsungkan sekali dalam seumur hidup. Demi momen spesial tersebut, banyak dari calon pengantin yang ingin melaksanakannya secara istimewa. Beberapa menggunakan jasa dari wedding planner guna mewujudkan pernikahan impian mereka.
Namun, tidak sedikit yang memilih mempersiapkan semuanya tanpa bantuan dari wedding planner profesional. Bagi calon pengantin yang menggunakan jasa WO biasanya memilih untuk mempercayakan segala urusan pernikahan kepada ahlinya demi kenyamanan.
Mereka tinggal memilih saja paket wedding dan semuanya akan disiapkan oleh para profesional. Ada pula yang memilih WO untuk memastikan pesta yang dapat berjalan lancar dan berkesan. Mengingat pengalaman dan hubungan layanan perencanaan pernikahan, mereka tentu tahu bagaimana cara mempersiapkan perayaan pernikahan khusus.
Apa yang dimaksud wedding organizer?
Wedding Organizer bisa diartikan sebagai suatu profesi yang memberikan jasa yang berkaitan dengan persiapan serta pelaksanaan pernikahan. Perencana pernikahan bertanggung jawab atas suksesnya perayaan pernikahan.
Guna memenuhi tanggung jawabnya, perencana pernikahan bekerja sama dengan vendor serta pihak lain. Dalam melaksanakan tugasnya, WO seringkali bekerja secara tim. Tidak jarang WO juga bekerja sama dengan perencana pernikahan dan perancang dekorasi.
Tugas dari wedding organizer
Tugas utama tugas utama dari wedding organizer yaitu membantu calon pengantin dalam merencanakan semua acara pernikahan. Namun, sebenarnya yang mereka kerjakan tidak sesederhana pengertiannya. Bisnis ini menuntut Anda untuk bisa melakukan banyak hal dan memastikan bila acara tersebut berjalan sesuai dengan rencana. Berikut dibawah ini adalah tugas-tugasnya:
Menyusun jadwal acara pernikahan
Dimana acara akan dilaksanakan, kapan, apa saja yang dibutuhkan serta hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan acara mulai dari akad hingga resepsi. Tentunya semua harus direncanakan sebaik mungkin. Karena itu tugas sebagai WO tidaklah mudah, merencanakan sebuah acara pernikahan sebaik mungkin merupakan layanan utama yang ditawarkan oleh bisnis WO.
Membantu calon mempelai untuk merencanakan anggaran
Berapa keseluruhan biaya yang perlu dikeluarkan untuk sebuah pernikahan? Tentu ini harus diperhitungkan. Mengetahui rincian dari biaya yang dikeluarkan, tentu akan membuat penganggaran lebih mudah. Sesuai dengan fungsinya dalam merencanakan suatu acara pernikahan.
Wedding organizer tentu juga bertanggung jawab untuk merencanakan anggaran untuk acara yang diadakan. Dalam hal ini, wedding organizer haruslah transparan. Terbuka dalam penataan anggaran itu juga yang menjual bisnis WO.
Menentukan tempat pesta pernikahan
Apabila klien Anda masih belum bisa menentukan dimana lokasi pernikahannya, sebagai WO maka Anda dapat memberikan saran lokasi yang cocok dengan konsep pernikahan dari klien. Selain itu, lokasi yang disarankan tentu haruslah disesuaikan juga dengan budget dan jumlah tamu yang akan diundang.
Memastikan prosesi pernikahan berjalan lancar
Berikutnya yang menjadi tugas dari WO adalah memastikan apabila prosesi acara sudah sesuai dengan rencana dan berjalan lancar. Untuk itu, WO haruslah standby di lokasi acara setidaknya 2 jam sebelum acara dimulai guna memeriksa dan mengawasi jalannya prosesi acara.
Kemudian, selama kegiatan tersebut berlangsung, Anda haruslah sigap bila tiba-tiba muncul satu atau dua masalah. Disinilah keprofesionalan WO di uji dan dipertaruhkan. Karena itu, sebagai WO haruslah cepat dan fleksibel dalam mengambil keputusan serta tindakan.
Memastikan seserahan dan mahar terjaga
Mengamankan seserahan dan mahar juga merupakan salah satu dari tugas wedding planner. WO haruslah bekerja sama dengan pihak keluarga dari saat mengamankan seserahan dan mahar. Hal tersebut dilakukan guna menghindari kesalahpahaman.
Setelah selesainya upacara pernikahan, WO juga perlu memastikan jika semua peralatan yang sebelumnya digunakan dikembalikan kepada penyedia. Pekerjaan Wedding Planner tidak berakhir sampai semua perlengkapan telah dikembalikan.
Peluang Usaha Sebagai Wedding Organizer
Banyaknya acara pernikahan tentunya menjadi sebuah peluang bisnis baru dan sangat potensial untuk dilakukan dalam waktu panjang. Nah, bagi Anda yang ingin mulai menjalankan bisnis ini, berikut adalah beberapa tipsnya :
Membentuk tim yang sesuai
Kumpulkan teman-teman Anda yang mempunyai passion sama dan ingin bekerja keras di bisnis ini. Selain itu, Anda serta rekan juga perlu memahami apa yang sedang dilakukan, jadi sebaiknya magang dengan wedding organizer yang berbeda agar lebih mengetahui cara kerja bisnis ini.
Mencari relasi
WO mengurus banyak pihak, dari mulai dekorasi hingga dokumentasi, lokasi, konsumsi dan lainnya. Anda tidak dapat melakukan kolaborasi ini sendirian, jadi membangun tim inti sangat penting agar Anda tidak bingung saat memilih mitra untuk kolaborasi di masa mendatang.
Harus selalu up-to-date
Ini merupakan komitmen berkelanjutan yang perlu dimiliki seorang wedding organizer, bila tidak up to date pastinya akan kalah dengan pesaing yang mempunyai perencanaan yang lebih modern. Anda harus memiliki selera musik yang bagus, selera dekorasi serta model yang bagus. Ciptakan konsep yang berbeda dari penyelenggara lain sehingga lebih unggul dari yang lain.