Home Perencanaan Berapa Jumlah Uang Ideal yang Harus Dipersiapkan Untuk Dana Darurat?

Berapa Jumlah Uang Ideal yang Harus Dipersiapkan Untuk Dana Darurat?

by Lara Nifa
Ilustrasi fungsi dana darurat

Banyak sekali yang menyarankan untuk membuat dana darurat, di mana memang dana yang satu ini sangatlah penting untuk dianggarkan.

Seperti namanya, dana ini sendiri memang ditujukan untuk hal-hal darurat yang diluar perhitungan. Tapi, apa sebenarnya fungsi dari dana yang satu ini dan berapa banyak jumlah yang harus dipersiapkan untuk dana ini?

Fungsi Dana Darurat 

Emergency Fund memang harus bisa Anda perhatikan, dimana banyak sekali pengeluaran-pengeluaran tak terduga. Untuk mencegah kesulitan yang terjadi di masa depan, maka dibutuhkan dana yang memang hanya bisa dipakai pada saat darurat. Sebelum mengetahui berapa jumlah ideal yang dipersiapkan, maka ada baiknya Anda memahami fungsi dana darurat. Berikut ini adalah fungsinya: 

  • Untuk biaya kesehatan 

Fungsi pertama dari emergency fund adalah untuk biaya kesehatan atau pengobatan ketika sakit. Terkena penyakit adalah salah satu kejadian yang tidak bisa diperkirakan dan bisa terjadi kapan saja. Ketika sakit, maka sudah jelas aka nada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk melakukan pengobatan. 

Walaupun belum tentu sakit yang diderita parah, namun untuk berjaga-jaga di kemudian hari memang ada baiknya mulai menyisihkan uang dan disimpan untuk hal tidak terduga. Apalagi biaya pengobatan terkadang tidaklah murah, jadi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dana agar kemudian hari tidak bingung. 

  • Antisipasi ketika terkena musibah bencana alam 

Selain sakit, bencana alam adalah salah satu kejadian yang tidak akan bisa diduga siapapun. Beberapa jenis bencana alam seperti gempa, tsunami, banjir hingga tanah longsor sendiri mampu membuat harta yang Anda miliki hancur begitu saja. Maka daripada itu, memiliki dana simpanan sendiri akan sangat membantu ketika ada kejadian luar biasa seperti bencana alam. 

  • Menghindari hutang 

Fungsi dana darurat yang selanjutnya adalah akan membantu Anda terhindar dari hutang. Ketika membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan uang yang Anda dimiliki pada saat itu tidaklah cukup, kebanyakan orang akan meminjam kepada teman, saudara ataupun ke bank. Hal ini akan menjadikan beban dikemudian hari yang tentu saja bisa menyusahkan. 

Tapi, jika Anda memiliki simpanan dana yang memang ditujukan untuk pengeluaran besar ini, maka berhutang pun dapat Anda hindari. Mungkin bagi sebagian dari Anda sekarang mempunyai hutang, di mana bisa juga Anda menggunakan simpanan dana untuk melunasi hutang tersebut. Sehingga Anda akan terbebas dari hutang dan pikiran akan semakin tenang. 

  • Tidak akan mengganggu investasi 

Banyak yang berpikir bahwa investasi adalah dana simpanan untuk saat darurat. Padahal kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Investasi biasanya memiliki resiko tinggi dan bisa saja Anda mengalami kerugian besar. 

Pada saat mengalami kerugian inilah Anda perlu menggunakan uang darurat yang memang sudah disimpan. Jadi sudah dapat dilihat bahwa uang darurat dan investasi adalah dua hal yang berbeda. Dengan adanya simpanan darurat ini maka Anda tidak akan mengganggu investasi yang sedang dijalankan. 

  • Berjaga-jaga jika di PHK 

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, Anda tidak dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa saja perusahaan tempat Anda bekerja harus melakukan pemangkasan karyawan yang tentu saja hal ini tidak bisa diprediksi. Untuk berjaga-jaga jika situasi ini terjadi, maka simpanan darurat dapat menjadi salah satu jalan keluar agar bisa bertahan hingga mendapatkan pekerjaan baru. 

Dari fungsi yang sudah dijabarkan, menyiapkan emergency funds memang sangatlah penting. Karena tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi masa depan. Namun, berapa jumlah yang harus disiapkan untuk membuat dana cadangan ini? Di bawah ini adalah penjelasannya. 

Berapa Jumlah Dana Darurat yang Harus Disiapkan

ilustrasi jumlah dana darurat

Jumlah dana cadangan yang harus dimiliki terkadang menjadi pertanyaan banyak orang. Karena dana ini hanya digunakan pada saat darurat, tentu harus berjumlah lumayan besar. Tapi tentu, jumlahnya sendiri mengikuti status Anda. Berikut ini adalah penjelasan berapa besar alokasi dana darurat yang diperlukan: 

  • Lajang 

Jika Anda masih lajang, sudah pasti keperluan untuk dana cadangan ini tidak begitu besar. Idealnya untuk para lajang harus memiliki simpanan cadangan 6 kali dari pengeluaran bulanan. Jadi semisalnya pengeluaran perbulan Anda sekitar 2 juta rupiah, maka sebisa mungkin simpanan yang dimiliki adalah 12 juta rupiah. 

  • Menikah belum punya anak 

Ketika Anda sudah menikah tetapi masih belum ada anak, jumlah dana cadangan yang ideal adalah 9 kali dari pengeluaran bulanan rumah tangga.

  • Menikah dan punya anak 

Bagi Anda yang sudah menikah dan punya anak maka dana simpanan untuk keadaan darurat yang harus disiapkan adalah 12 kali dari pengeluaran bulanan. 

Dari penjelasan berapa jumlah dana darurat yang ideal tersebut, dapat terlihat bahwa semakin banyak tanggungan yang ada sudah pasti dana yang harus disiapkan juga semakin besar.

Related Posts