Home Perencanaan Berapa Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar? Ini Perkiraannya

Berapa Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar? Ini Perkiraannya

by Greg Pascal
biaya bangun rumah minimalis 3 kamar

Ingin membangun rumah dengan 3 kamar, tentunya memerlukan lahan yang luas serta biaya yang tidak sedikit. Tapi tenang saja, anda bisa mengusung konsep minimalis, dan terpenting siapkan anggaran biaya bangun rumah minimalis 3 kamar melalui perhitungan yang tepat agar bisa terwujud sesuai keinginan.

Bagi anda yang Ingin bangun rumah minimalis dengan 3 kamar, bisa menggunakan desain rumah tipe 36/72 atau rumah tipe 45/72, pasalnya estimasi biaya pembangunannya lebih hemat, namun bisa memberikan yang diharapkan yakni terdapat 3 kamar tidur.

Apabila anda ingin membeli rumah 3 kamar, mungkin biayanya akan berbeda dengan membangun rumah sendiri. Harga rumah minimalis memiliki kisaran yang variatif sesuai dengan luas lahan dan bangunannya. Namun, apabila anda memilih bangun rumah sendiri, maka perlu memperhatikan berbagai elemen.

Elemen Bangun Rumah Minimalis

Terdapat elemen-elemen penting dalam membangun rumah minimalis 3 kamar tidur, termasuk perhitungan biaya bangun rumah yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut elemen pembangunan rumah.

1. Material Bangunan

Material bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis 3 kamar tidur berupa pasir, genteng, kayu, cat, batu bata merah dan lain sebagainya. Bahan bangunan tersebut harus disiapkan sesuai dengan kebutuhan.

Misalkan untuk bangun rumah 3 kamar tidur, biaya material yang harus disiapkan berkisar Rp 40 jutaan. Maka persiapkan dana tersebut ketika ingin membangun rumah untuk membeli material bahan bangunan yang diperlukan.

2. Tukang Bangunan

Untuk membangun rumah tentunya membutuhkan tukang bangunan yang ahli dibidangnya, hal ini perlu menjadi perhatian terutama soal upah yang harus dibayarkan kepada tukang maupun asisten tukang bahkan mandor.

Sebagai contoh, untuk ongkos tukang misalkan per orang Rp 100 ribu, kemudian dibutuhkan untuk bangun rumah minimalis 3 kamar sebanyak 3 orang, maka biayanya Rp 100 ribu x 3 yaitu Rp 300 ribu. Proyek bengunna selesai dalam 30 hari, sehingga total biaya tukang adalah Rp 300 ribu x 30 = Rp 9 juta.

3. Memasang Instalasi

Untuk estimasi biaya pemasangan instalasi listrik, air dan lain sebagainya, anggap saja dibutuhkan biaya sekitar Rp 4 jutaan, maka anda harus menyiapkan dana tersebut khusus untuk instalasi

Pemasangan instalasi rumah menjadi bagian penting, terutama untuk kelistrikan dan air, yang menjadi suatu kebutuhan bagi pemilik rumah, bisa untuk menonton tv, penerangan, mencuci, memasak dan lain sebagainya.

biaya bangun rumah minimalis 3 kamar

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Finishing Pembangunan

Adapun biaya finishing pembangunan yang harus dipersiapkan misalnya sekitar Rp 3 juta, untuk membereskan bagian yang berserakan akibat pembangunan atau untuk membuat aksesoris lainnya, seperti taman minimalis dan lain sebagainya.

Biaya tersebut perlu menjadi perhatian, karena bisa saja anda ingin sekalian beres, sehingga anda tinggal menempati rumah tanpa perlu melakukan finishing sendiri, maka bisa mengandalkan jasa tukang.

5. Anggaran Lain-Lain

Untuk biaya cadangan ketika sewaktu-waktu membutuhkan perbaikan atau penambahan bahan bangunan, maka perlu juga disiapkan dalam membangun rumah minimalis 3 kamar tidur.

Misalnya untuk biaya anggaran cadangan berkisar Rp 5 jutaan, untuk digunakan ketika terjadi sesuatu hal berkaitan dengan proses pembangunan ataupun sebagai dana darurat ketika dibutuhkan.

Hitung Biaya Membangun Rumah 3 Kamar

Lantas, berapa biaya bikin rumah minimalis 3 kamar? Dari rincian elemen pembangunan diatas, bisa dihitung besaran biaya yang harus dikeluarkan atau dipersiapkan sebelum membangun rumah idaman anda.

Adapun perkiraan biaya membangun rumah minimalis 3 kamar tidur dihitung berdasarkan data diatas adalah sebagai berikut.

  • Biaya Material Bangunan Rp 40 juta
  • Ongkos Tukang Bangunan Rp 9 juta
  • Biaya Pemasangan Instalasi Rp 4 juta
  • Biaya Finishing Bangunan Rp 3 juta
  • Biaya Cadangan dan lain-lain Rp 5 juta

Maka total biaya bangun rumah 3 kamar adalah Rp 61 juta.

Itulah perkiraan biaya yang harus anda siapkan atau keluarkan untuk membangun rumah minimalis dengan 3 kamar tidur. Biaya tersebut mungkin bisa sebagai simulasi, namun meskipun simulasi bisa menjadi gambaran atau referensi anda untuk bangun rumah impian.

Kesimpulan

Membangun rumah 3 kamar tidur dengan mengusung konsep minimalis, memang tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Meski demikian, tergantung dengan luas lahan dan bangunan yang ada, sehingga perkiraan biayanya bisa saja lebih besar atau lebih kecil dari simulasi perhitungan diatas.

Untuk lebih yakin terhadap besaran biaya yang harus disiapkan, maka anda bisa konsultasi kepada tukang atau ahli dibidangnya. Anda bisa mendapatkan rincian biaya, termasuk mendiskusikan desain rumah yang akan dibangun dengan tenang.

Demikian penjelasan yang bisa diinformasikan tentang biaya bangun rumah minimalis 3 kamar sebagai referensi atau gambaran bagi anda yang akan membangun rumah. Ataupun, anda bisa beli rumah yang sudah beres secara cash maupun kredit, tentu harganya akan bervariasi sesuai jenis dan tipe rumahnya. Semoga bermanfaat.

Related Posts