Home Perencanaan Beragam Pilihan Asuransi Pendidikan dan Manfaatnya 

Beragam Pilihan Asuransi Pendidikan dan Manfaatnya 

by Greg Pascal
Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan jelas menjadi hal yang sangat penting dewasa ini. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh untuk masa depan anak kita. Setiap orang tua tentu ingin membuat anaknya mengenyam pendidikan yang setinggi – tingginya, namun biaya pendidikan yang selalu naik dari waktu ke waktu membuat banyak orang pada akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya. 

Dengan adanya asuransi, maka beban biaya pendidikan untuk anak Anda kelak akan menjadi lebih ringan. Dewasa ini, sudah banyak produk asuransi pendidikan yang beredar di Indonesia. 

Namun, sebelum masuk ke bagian contoh – contoh produk asuransi pendidikan, baiknya kita ketahui dulu. Apa saja manfaat menggunakan produk asuransi pendidikan tersebut? Berikut ini adalah pembahasannya. 

Manfaat Menggunakan Asuransi Pendidikan

Memiliki produk asuransi pendidikan tentu sangatlah penting untuk orang tua dan anaknya. Apa saja manfaat asuransi pendidikan yang ditawarkan? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Untuk Menjamin Dana Pendidikan Anak

Dengan adanya asuransi pendidikan, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan dana pendidikan anak Anda. Pihak asuransi akan membantu masalah pendidikan anak Anda jika suatu saat Anda mengalami musibah dan musibah tersebut berkenaan dengan dana pendidikan anak. 

Selain itu, akan ada uang pertanggungjawaban dari pihak asuransi juga atas biaya pendidikan anak jika sewaktu – waktu orang tua meninggal dunia.

2. Untuk Merencanakan Pendidikan Anak

Dengan membeli asuransi pendidikan anak berarti Anda telah belajar untuk merencanakan pendidikan anak di masa depan yang lebih baik lagi. Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan target dana sebesar biaya pendidikan anak Anda kelak lalu rutin menabung. Melalui asuransi tersebut, nanti uangnya bisa Anda pakai untuk membiayai pendidikan anak Anda dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan pihak asuransi yang Anda pakai.

3. Memberikan Anda Rasa Tenang

Memiliki asuransi pendidikan jelas akan memberikan Anda perasaan tenang akan pendidikan anak Anda kelak, karena Anda memiliki jaminan bahwa biaya pendidikan anak Anda akan dibantu oleh pihak penyedia layanan asuransi sesuai dengan jenjang yang dipilih.

4. Sebagai Sarana Investasi

Biaya hidup dari waktu ke waktu semakin meningkat, apalagi nilai uang juga dari waktu ke waktu juga tidak stabil. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mengandalkan pendapatan murni Anda saja, karena pada suatu saat nanti, akan ada kemungkinan bahwa Anda tidak bisa bekerja se-produktif sekarang.

Memang hasil dari asuransi nilainya tidak sebesar investasi, namun asuransi memberikan proteksi yang lebih kuat terhadap anak Anda. 

Asuransi pendidikan

Baca Artikel Selanjutnya :

Beragam Pilihan Asuransi Pendidikan Untuk Anda Pilih

Setelah mengetahui, manfaat apa saja yang akan didapat jika Anda memiliki asuransi pendidikan, pasti Anda ingin segera melakukan investasi bukan? Nah, kira – kira produk investasi apa ya yang cocok? Berikut ini adalah beberapa produk yang kami rangkum dari berbagai sumber yang mungkin akan cocok dengan kebutuhan Anda. Semoga bisa menjadi referensi yang tepat. 

1. Manulife

Manulife adalah salah satu jenis asuransi terbaik untuk pendidikan anak. Adapun untuk memiliki asuransi ini, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu syarat umur orang tua antara umur 18 tahun – 50 tahun dan syarat umur anak mulai dari mulai dari 30 hari hingga 10 tahun.

2. Asuransi BCA

Asuransi BCA menawarkan jenis asuransi pendidikan unit link, yang uang pertanggung jawabannya bisa mencapai Rp. 1,5 miliar. Sedangkan kenaikan rata – rata investasi adalah 13,5 % persen per tahun. Pembayaran preminya bisa dilakukan mulai dari rentan waktu 3 tahun, 10 tahun dan 15 tahun.

3. BRI Life

BRI Life memiliki beberapa produk pilihan untuk menyiapkan dana pendidikan anak Anda, diantaranya adalah asuransi pendidikan, tabungan pendidikan, dan produk investasi pendidikan syariah. Premi yang ditawarkan oleh BRI Life dalam satu tahun adalah sebesar Rp.5 juta, setelahnya, anak Anda akan mendapat Rencana dana pendidikan sejumlah Rp. 50 juta. Premi tersebut asuransi pendidikan tersebut bisa dibayar dalam jangka waktu 10 tahun. 

4. Allianz

Dengan Allianz, Anda bisa mendapatkan asuransi pendidikan dengan premi mulai dari Rp.300 ribu per bulan. Malahan premi yang Allianz tawarkan bisa saja lebih murah karena sistem yang digunakan adalah sistem endowment atau dwiguna

Kelebihan Allianz adalah ketika ada risiko kematian, dana pendidikan yang ada di produk asuransi tersebut tidak akan dikurangi dan tetap bisa diberikan kepada ahli waris, sesuai dengan perjanjian yang tertera di dalam polis. 

Selain asuransi pendidikan, Allianz juga memiliki produk asuransi lain yang juga berkualitas yaitu asuransi jiwa, kesehatan dan umum.

5. AXA Mandiri

AXA Mandiri punya produk khusus untuk asuransi pendidikan bernama Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas. Asuransi tersebut terbilang unik, karena ada loyalty bonus yang akan diberikan pada tahun kelima Anda berinvestasi sejumlah 1,5% 

Premi yang AXA Mandiri tawarkan adalah sejumlah Rp2,5 juta per tahun dengan masa pertanggungjawaban hingga 25 tahun. 

Itulah yang bisa kami bahas mengenai apa itu asuransi pendidikan dan juga manfaatnya untuk Anda sekaligus anak Anda, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian. 

Related Posts