Home Bisnis dan Usaha Belajar Bisnis Kecil-Kecilan

Belajar Bisnis Kecil-Kecilan

by Lara Nifa
bisnis kecil-kecilan

Merebaknya virus corona atau covid-19 tentunya akan mempengaruhi perekonomian di semua negara termasuk indonesia. Kita bisa lihat meningkatnya jumlah pengangguran serta banyaknya pelaku usaha yang gulung tikar merupakan dampak dari covid-19.

Namun, kita harus tetap optimis terutama bagi anda yang terkena PHK bisa mencoba belajar bisnis kecil-kecilan dan untuk anda pelaku usaha yang gulung tikar juga harus optimis bagaimana caranya? Cobalah beradaptasi dengan situasi saat ini.

Walaupun diberlakukannya PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sehingga banyak kegiatan yang tidak berjalan seperti biasanya namun, masih ada peluang usaha yang dapat menopang kebutuhan sehari-hari terutama bisnis kecil-kecilan disaat pandemi yang akan kita pelajari.

Arti Bisnis Kecil-Kecilan

Bisnis kecil-kecilan memiliki pengertian yakni jenis usaha yang memiliki jumlah pekerja kurang atau tidak lebih dari 50 orang. Bisnis kecil-kecilan merupakan bisnis milik perseorangan, bukan milik suatu badan atau sebuah organisasi yang besar. Usaha kecil-kecilan ini biasanya dijalankan di rumah, ruko, kios dengan skala kecil.

Bisnis Kecil-kecilan disaat Pandemi

Di masa pandemi seperti ini, ada beberapa jenis usaha yang menguntungkan dan perlu anda coba demi meningkatkan kekuatan finansial untuk kehidupan sehari-hari. Dibawah ini beberapa rekomendasi usaha kecil-kecilan yang perlu dicoba.

  • Menjadi Dropshipper/Reseller

Untuk anda yang tidak memiliki modal bukan berarti tidak bisa membuka usaha. Anda tetap bisa buka usaha dengan cara menjadi dropship atau reseller. Anda bisa kerja sama dengan distributor atau supplier dengan menjualkan produk mereka. Usaha ini sangat minim resiko namun bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

  • Usaha Jual Pakaian Bekas

Bagi anda yang memiliki pakaian yang sudah tidak dipakai namun masih bagus, anda bisa mencoba buka usaha jualan pakaian bekas. Bisnis ini cukup menjanjikan dan tidak butuh banyak modal. Anda juga bisa kerja sama dengan teman atau keluarga yang memiliki pakaian bekas untuk dijadikan rekan bisnis

  • Bisnis Kuliner Homemade

Jika anda memiliki keahlian memasak maka perlu dicoba membuka usaha kuliner homemade. Anda bisa memulainya dengan menawarkan ke keluarga, teman, bahkan di sosial media

  • Buka Jasa desain grafis

Bagi anda yang memiliki keahlian desain grafis maka membuka usaha ini sangatlah menguntungkan. Modal yang dikeluarkan untuk membuka bisnis ini sangat minim.

Itulah beberapa contoh bisnis kecil-kecilan saat pandemi. Kunci sebuah kesuksesan dalam bisnis kecil-kecilan yakni keyakinan pada diri Anda sendiri. Dimulai dari hal-hal kecil yang biasa anda lakukan maka akan menjadi hal besar untuk kehidupan Anda. Selain itu, dalam memulai bisnis kecil-kecilan anda perlu juga melakukan riset dan analisa dari setiap contoh usaha kecil-kecilan yang disebutkan di atas ini. Cermati secara detail dan jeli kemudian sesuaikan dengan kemampuan, keinginan yang Anda miliki.

Beberapa tips bisnis kecil-kecilan dengan modal kecil 

  • Fokus

Fokus merupakan tips pertama dalam sebuah bisnis. Anda harus tetap fokus dalam menjalankan bisnis yang telah dijalankan. Tujuannya agar anda tahu betul seluk-beluk usaha yang dijalankan dan apa saja yang harus ditingkatkan agar usaha jadi lebih baik.

  • Hitung modal Awal Usaha

Tips berikutnya yakni dengan menghitung modal awal usaha yang dibutuhkan. Anda bisa menghitung kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk membuka usaha dengan modal kecil

  • Pandai mengatur keuangan

Mengatur keuangan memang bukan perkara yang mudah dalam usaha, terlebih lagi usaha kecil yang tentunya keuntungan awal didapat tidak begitu banyak. Oleh sebab itu, anda perlu mempelajari cara mengatur keuangan dengan baik agar usaha anda dapat berkembang.

  • Selalu berinovasi

Dalam menjalankan usaha, berinovasi dalam berbisnis merupakan salah satu yang harus dilakukan agar bisnis yang dijalankan tetap bertahan. Inovasi tidak hanya dilakukan oleh bisnis besar saja namun, bisnis kecil pun perlu berinovasi adar produk tetap dibutuhkan dan pelanggan tidak cepat bosan.

  • Gigih

Kesuksesan seseorang dalam membangun sebuah bisnis bisa diraih dengan kegigihan. Anda harus gigih dalam menjalan bisnis karena masalah saat memulai bisnis adalah penolakan tidak hanya sekali dua kali bahkah lebih dan hanya orang yang gigih saja tidak akan menyerah dan memutuskan berhenti.

  • Optimalkan Promosi Online

Banyak media yang bisa kita manfaatkan terutama media online. Anda bisa optimalkan promosi online yang mudah dan tidak begitu banyak mengeluarkan biaya. Dengan promosi online diharapkan bisnis kecil-kecilan anda bisa berkembang menjadi besar.

  • kegagalan dijadikan pembelajaran

Tips yang terakhir dalam memulai belajar bisnis kecil-kecilan adalah kegagalan dijadikan sebagai pembelajaran. Dalam berbisnis kegagalan merupakan resiko yang tidak bisa dihindari sehingga jangan terlalu larut dalam kegagalan. Sebagai pengusaha anda harus memiliki mental yang tangguh, tidak mudah menyerah, serta  kegagalan dijadikan evaluasi bisnis anda.

 

Related Posts