Home Tabungan Begini Cara Untuk Mengajarkan Anak Dalam Menggunakan Uang

Begini Cara Untuk Mengajarkan Anak Dalam Menggunakan Uang

by Lara Nifa

Anak adalah peniru ulung, di mana setiap anak akan meniru apa pun yang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Ibarat spons, otak anak mudah menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya. Maka dari itu, sebagai orangtua kamu harus sangat hati-hati sebelum berucap maupun bertingkah laku.

Justru kamu bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk mengajarkan hal-hal baik dan bermanfaat ke mereka. Menambah ilmu-ilmu yang belum pernah diajarkan di bangku sekolah. Salah satu contohnya yaitu mengenalkan konsep uang dan memberikan pemahaman bagaimana menggunakannya. 

Ini sangat penting diajarkan kepada anak sejak dini karena kelak akan berguna untuk masa depannya. Pasalnya, tidak mungkin selamanya anak akan bergantung pada orang tua terlebih soal keuangan. 

Lantas, bagaimana sih cara yang tepat untuk mengajarkan mereka pada uang ? 

Inilah 6 Cara Ajarkan Anak Menggunakan Uang

Perlu dipahami bahwa untuk mengajarkan anak tentang uang, harus disesuaikan dulu dengan usia mereka. Artinya, kamu bisa ajarkan anakmu secara bertahap sehingga mereka tidak kesulitan untuk mencerna

Kenalkan Uang Melalui Permainan

Saat anak sudah mulai bisa berbicara sekitar 2-3 tahun, kamu bisa kenalkan jenis-jenis uang dan kegunaannya secara sederhana. Namun sebagai permulaan, sebaiknya gunakan uang mainan dulu karena lebih terjamin kebersihannya dibandingkan uang asli. 

Ajaklah anak bermain game seolah sedang berada di toko. Karena usia balita adalah saat yang tepat untuk melatih imajinasinya. Berikan pemahaman pada anak bahwa ia bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan menukar uang. Dari situlah anak bisa mulai mengetahui bagaimana konsep dasar uang. 

Kenalkan Kebiasaan Menabung

Mulai kenalkan kebiasaan menabung sedini mungkin agar anak bisa belajar menghargai uang. Kamu bisa memulainya dengan cara sederhana, misalnya saat anak minta dibelikan mainan, beri pengertian padanya bahwa ia harus menabung terlebih dahulu. 

Selanjutnya, sediakan sebuah celengan yang bisa digunakan anak untuk menyimpan uang. Ajaklah ia menyisihkan sebagian uang yang diperolehnya untuk kemudian disimpan dalam celengan tersebut. Saat anak mulai melakukannya secara rutin, jangan lupa untuk memberikan apresiasi agar ia terus bersemangat menabung.

Anak akan merasa bangga saat ia berhasil mendapatkan yang diinginkan dengan uang tabungannya. Dan jika diteruskan, ini akan jadi kebiasaan baik yang bisa bermanfaat untuk masa depannya kelak.

Ajak Anak Belanja Bersama

Selain mengenalkan konsep jual beli melalui permainan, kamu juga bisa mengajaknya belanja bersama. Disaat itulah anak akan melihat secara langsung pertukaran uang dan barang atau transaksi jual beli. Namun sebelum itu, ajaklah ia untuk membuat daftar belanjaan agar anak bisa sekaligus belajar tentang konsep budgeting. Sehingga nantinya ia akan terbiasa menggunakan uang sesuai dengan yang sudah dianggarkan.

Tak ada salahnya jika sesekali kamu memintanya untuk pergi ke warung dekat rumah dan membeli barang yang kamu butuhkan. Dengan cara tersebut, anak akan mempelajari penggunaan uang yang semestinya. 

Mengajarkan Anak untuk Berbagi

Mengenalkan kegunaan uang tidak cukup hanya dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari dan menabung. Kamu juga harus mengajarkan anak untuk berbagi kedapa sesama. Hal ini dilakukan agar ia tidak semena-mena dalam menggunakan uang dan fokus untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. 

Banyak cara yang bisa kamu contohkan kepada anak tentang berbagi. Mulailah dengan mengajaknya mengunjungi orang-orang yang membutuhkan. Secara perlahan anak akan mulai mengerti bahwa ada hak orang lain dari uang yang ia dapatkan. 

Berikan Uang Saku Secukupnya

Hal yang seringkali salah dalam mengajarkan anak soal uang yaitu terlalu memanjakannya dengan uang. Padahal ini justru akan berdampak buruk, anak tidak terbiasa menggunakan uangnya dengan bijak. Akibatnya, anak menjadi lebih boros dan merasa tenang jika uang sudah habis karena bisa meminta lagi pada orangtua. 

Maka dari itu, sebaiknya jangan berlebihan memberikan uang saku kepada anak. Cara yang paling efektif yaitu berikan uang pada anak sekaligus untuk beberapa hari ke depan, misalnya mingguan atau bulanan. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk mengajarkan anak mengatur keuangannya. Sehingga ia bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan uang.

Ajaklah Anak ke Bank

Ketika anak sudah menginjak usia sekolah dasar, kamu bisa mulai mengenalkannya pada bank. Berikan penjelasan mengenai apa fungsi bank itu sendiri dan produk-produk keuangan yang ditawarkan di bank. Kamu juga bisa mulai membuatkannya rekening tabungan sebagai modal masa depan. 

Dengan cara ini, anak akan mengenal berbagai produk keuangan yang memang penting untuk masa depannya nanti. Setelah itu, pelan-pelan anak akan sedikit lebih tahu tentang investasi dan mulai tertarik mencobanya.

Nah, mengajarkan anak menggunakan uang ternyata bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana dan menyenangkan, bukan? Kamu bisa menerapkannya sedini mungkin agar kebiasaan-kebiasaan baik sudah tertanam dalam diri anak sampai ia dewasa.

Related Posts