Home Administrasi Begini Cara Perpanjang SIM Online Terbaru

Begini Cara Perpanjang SIM Online Terbaru

by Greg Pascal
perpanjang SIM Online

Kabar baik, datang dari Korlantas POLRI, yaitu perpanjang SIM Online dengan modal HP saja Jadi, kita tidak perlu ikut dalam antrean panjang lagi untuk memperpanjang SIM lagi, karena selain mempermudah melakukan perpanjangan, melakukan pendaftaran SIM online bisa mencegah penularan virus Covid-19.

Setiap pengendara harus memiliki SIM. Hal tersebut sudah diatur dalam UU No.22 tahun 2009. SIM yang didaftarkan tiap pengendara, berlaku selama 5 Tahun, dan jika waktu sudah habis, maka seorang pemilik SIM bukan hanya memperpanjang, tetapi harus mendaftarkan SIM dari awal. Daripada mendaftar lagi, lebih baik melakukan perpanjangan via online. Gampang banget kok!

Sebelum melakukan perpanjangan, simak! Persyaratan perpanjang SIM secara Online  adalah belum berakhirnya masa berlaku SIM lama, karena jika kalian ingin memperpanjang SIM, jangan sampai melewati batas masa berlaku. Karena jika sampai melebihi masa berlaku, maka ketentuannya sama seperti membuat SIM baru. Setelah kalian sudah memastikan bahwa SIM berlaku belum habis, kalian bisa mendaftar dengan cara online. Berikut ini adalah cara perpanjang SIM online.

Memperpanjang SIM via WEB Korlantas POLRI

Jika segala keperluan dokumen seperti KTP dan SIM lama (dalam bentuk softcopy) sudah siap, kalian bisa membuka laman web Korlantas POLRI. Selanjutnya simak begini tata caranya: 

  1. Masuk ke laman  http://sim.korlantas.polri.go.id 
  2. Dalam menu bar yang telah disediakan, pilihlah menu pendaftaran SIM online dan klik kolom permohonan. 
  3. Jika sudah muncul opsi dari pendaftaran, klik perpanjangan SIM di kolom jenis permohonan. 
  4. Dalam kolom tersebut, isilah seluruh formulir permohonan perpanjangan SIM dengan data yang lengkap dan jelas agar mempermudah verifikasi. 
  5. Setelah mengisi formulir, masukkan kode verifikasi dan tekan kirim. Dalam melakukan step ini, kalian sudah berhasil melakukan registrasi. Selanjutnya, tunggu notifikasi dari e-mail.
  6. Lakukan pembayaran pengajuan perpanjang SIM baik di ATM atau teller Bank BRI atau EDC. 
  7. Datanglah ke tempat SIM keliling/satpas/gerai yang telah kalian pilih di laman registrasi dengan membawa dokumen dan persyaratan yang sudah kalian siapkan. Jangan lupa bukti registrasi dan bukti pembayaran ya! 
  8. Setelah itu, tunggu giliran untuk sesi pemotretan dan pencetakan SIM baru.
  9. Jika sudah selesai, selamat SIM baru kalian sudah jadi.

Cara Perpanjang SIM Online Via Aplikasi Sinar (SIM Presisi Nasional)

Selain pengajuan perpanjang SIM via web yang telah disediakan Korlantas POLRI, ada juga cara melakukan pengajuan perpanjang yang lebih mudah. yaitu dengan perpanjang SIM via Aplikasi Sinar (SIM Presisi Nasional) yang bisa diunduh di playstore.

perpanjang SIM Online

Baca Artikel Selanjutnya :

 Pada bulan April 2021, Korlantas POLRI telah berhasil meluncurkan sebuah aplikasi baru. Aplikasi ini dinamakan Sinar ( SIM Presisi Nasional). Aplikasi ini bisa diakses dengan mudah, karena bisa didownload di Play Store. Lebih mudah lagi, karena SIM yang telah diajukan pendaftarannya, akan sampai di rumah. Jadi, aplikasi ini sangat enak jika digunakan karena salah satu inovasi ini selain mempermudah pendaftar, juga berguna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 

Proses yang ada dalam aplikasi Sinar juga sangat mudah, tinggal mendownload dan memverifikasi HP kemudian mengikuti step dari laman registrasi. 

Berikut ini, cara perpanjang SIM Online via Aplikasi Sinar.

  1. Kunjungi Play Store, dan tulis Sinar di kolom pencarian, Klik dan download. 
  2. Masukkan nomor HP kalian dan kemudian tunggu notifikasi di SMS yang memuat kode OTP. Kemudian masukkan kode tersebut dan klik verifikasi. 
  3. Setelah itu, klik menu registrasi.
  4. Dalam menu registrasi, kalian akan disuruh untuk mengisi NIK, SIM lama, foto KTP, dan melakukan foto selfie. Kemudian verifikasi. 
  5. Selanjutnya, pilihlah jenis SIM yang akan kalian perpanjang serta tempat atau lokasi Satpas. 
  6. Kemudian, verifikasi kolom hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi. 
  7. Setelah melakukan langkah tersebut, kalian akan diarahkan untuk melakukan metode pengiriman. Berikanlah alamat yang jelas, agar pengiriman berjalan lancar. 
  8. Selanjutnya, kalian akan diminta mengupload pas foto sesuai ketentuan yang berlaku untuk foto di dalamnya. Selain Pass Foto, kalian juga diminta untuk mengisi tanda tangan yang akan tertera di SIM baru kalian. 
  9. Lakukan Pembayaran administrasi dan ongkos kirim 
  10. Setelah melakukan pembayaran, TIM akan melakukan pengiriman. 
  11. SIM diantar menuju rumah kalian dan selamat, SIM baru sudah jadi. 

Perlu kalian ketahui bahwasanya masa berlakunya SIM tidak berdasarkan tanggal lahir pemilik, melainkan tanggal penerbitannya. 

Demikian penjelasan tentang cara perpanjang SIM Online baik via web maupun via aplikasi Sinar. Segera lakukan perpanjang SIM, karena perpanjang SIM sangat mudah untuk dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan perpanjangan SIM. Sampai jumpa dan terima kasih. 

Related Posts