Home Kredit Begini Cara Ajukan Kartu Kredit

Begini Cara Ajukan Kartu Kredit

by Lara Nifa

Di era digital ini transaksi jual beli jadi sangat mudah dan juga menyenangkan. Segala kemudahan ditawarkan di transaksi online. Dari pilihan produk yang sangat beragam hingga proses pembayaran yang sangat beragam. 

Pilihan yang beragam pada proses pembayaran ini jelas cukup menarik untuk kita sebagai konsumen. Bahkan sekarang di setiap e-commerce ada pilihan paylater dan juga kartu kredit pada pilihan pembayaran mereka untuk kemudahan dalam transaksi. Disini menjadi keuntungan bagi konsumen karena bisa membeli sesuatu tanpa harus memiliki sejumlah uang senilai barang yang akan dibeli.

Kartu kredit kini menjadi salah satu hal yang hampir wajib dimiliki oleh orang-orang di era milenial ini terutama mereka para pecinta belanja. Banyak sekali keuntungan yang bisa dinikmati dengan memiliki kartu kredit. Walaupun banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, tetap saja banyak hal yang merugikan juga yang menyertai ketika kita memilih untuk menggunakan kartu kredit. 

Perlu bersikap bijak dalam penggunaan kartu kredit agar tidak terjebak dalam kesulitan pembayaran yang harus dilakukan setiap bulannya. Hal yang harus diingat, dibalik semua kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit, pada dasarnya kita tetap berhutang setiap kali kita memakai kartu kredit untuk bertransaksi. Ada kewajiban pengembalian yang tetap harus kita laksanakan setiap bulannya yang bisa menjadi beban di finansial setiap bulannya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengajuan kartu kredit di bank. Cara untuk mengajukan kartu kredit di bank adalah sebagai berikut:

Cara Mengajukan Kartu Kredit

  • Memilih bank dengan jenis layanan kartu kredit terbaik

Sebelum melakukan pengajuan kartu kredit, pilihlah dulu dengan bijak bank mana yang menurutmu yang memberi layanan kartu kredit terbaik yang bisa kita pilih.  Yang harus diingat, menggunakan kartu kredit sama saja dengan berhutang. Pastikan biaya administrasinya ringan dan juga kita harus bisa mengendalikan diri supaya keberadaan kartu kredit tersebut tidak malah menjerumuskan kita ke dalam kebangkrutan.

  • Melengkapi persyaratan pengajuan

Setelah memastikan bank mana yang kita pilih, jangan lupa untuk menyiapkan semua persyaratan untuk melengkapi formulir pengajuan kartu kredit. Persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan kartu kredit antara lain:

  • Usia minimal 21 tahun saat pengajuan
  • Fotokopi identitas diri berupa fotokopi E-KTP dan juga Fotokopi NPWP
  • Memiliki penghasilan bersih minimal 3 juta rupiah dalam satu bulan yang bisa dibuktikan dengan fotokopi dari slip gaji
  • Rekening Koran selama tiga bulan terakhir
  • Apabila sudah memiliki kartu kredit lain, lampirkan juga tagihan kartu kredit yang dimiliki.
  • Mengisi formulir pengajuan

Setelah mempersiapkan persyaratan dengan lengkap yang akan dilampirkan. Kita bisa datangi bank yang kita pilih lalu mengIsi formulir pengajuan dengan lengkap melalui customer service. Pastikan data yang kita isi sudah benar dan tepat. Setelah mengisi formulir dengan lengkap lampirkan semua persyaratan untuk divalidasi oleh pihak bank.

  • Survei

Setelah mengisi formulir dan melengkapi persyaratan, kita tinggal menunggu proses validasi dan juga survei yang dilakukan oleh pihak bank. Survey ini biasanya dilakukan di rumah dan juga tempat kerja untuk memvalidasi data yang kita berikan untuk mempertimbangkan persetujuan apakah akan di accept atau ditolak pengajuan kartu kreditnya.

Setelah pengajuan kita disetujui, kartu kredit akan dikirim ke alamat rumah yang kita cantumkan. Setelah kartu kredit diterima, segera lakukan aktivasi pada kartu kredit tersebut. Aktivasi tersebut bisa kita lakukan secara online ataupun dengan mendatangi kantor bank terdekat. Jangan lupa untuk mempersiapkan pin yang unik untuk menjaga keamanan dari kartu kredit itu sendiri agar tidak bisa dipakai ataupun dibobol oleh orang lain. 

Tidak perlu berkecil hati bagi mereka yang bukan pekerja kantoran. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengajukan kartu kredit tanpa harus menggunakan slip gaji. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan kartu kredit tanpa harus menggunakan slip gaji. Cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan permohonan slip gaji tanpa slip gaji adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan pilihan deposit

Ini yang biasanya pilihan termudah apabila kita ingin mempunyai kartu kredit tetapi kita tidak mempunyai slip gaji. Dengan menggunakan jaminan berupa sejumlah uang yang kita depositkan ke pihak bank tempat kita mengajukan kartu kredit, kita bisa mendapatkan kartu kredit tanpa harus menggunakan slip gaji sebagai persyaratan.

  • Mengajukan kartu kredit di bank tempat kita menabung

Selain dengan deposit kita bisa mencoba mengajukan permohonan kartu kredit di bank tempat kita menyimpan tabungan. Pihak bank akan mempertimbangkan arus keluar masuk di rekening anda sebagai pertimbangan untuk mengizinkan atau menolak pengajuan permohonan kartu kredit yang kita lakukan. Semakin baik arus kas yang terjadi di rekening anda, kemungkinan untuk mendapatkan kartu kredit akan semakin besar.

  • Menggunakan pihak ketiga

Selain dengan kedua cara diatas, kita bisa menggunakan pihak ketiga untuk membantu pengajuan permohonan kartu kredit. Ada beberapa lembaga keuangan yang bisa membantu pengurusan permohonan kartu kredit. Beberapa e-commerce juga mempunyai fitur yang bisa digunakan untuk membantu pengajuan kartu kredit di beberapa bank.

Related Posts