Home Belanja Beberapa Solusi Beli Mobil Dengan Dana Terbatas

Beberapa Solusi Beli Mobil Dengan Dana Terbatas

by Lara Nifa
Beberapa Solusi Beli Mobil Dengan Dana Terbatas

Walaupun mobil bukan merupakan kebutuhan primer, tidak sedikit orang yang pasti memimpikan mempunyai sebuah mobil pribadi. Dengan mempunyai mobil, Anda tidak akan kepanasan dan kehujanan. Selain untuk menghindari itu, mobil juga dapat membawa serta keluarga anda pergi ke tempat wisata atau sekedar mudik ke kampung halaman tanpa harus menggunakan transportasi darat yang lain.

Namun tidak semua orang mampu membeli mobil dikarenakan harga mobil sekarang tidak bisa dibilang murah. Tapi tunggu dulu. Walaupun dana Anda terbatas dan anda sangat menginginkan sebuah mobil untuk kelancaran mobilitas Anda, simak tips-tips dibawah ini sampai akhir. Artikel ini akan memberikan beberapa solusi untuk anda dalam membeli mobil dengan dana yang terbatas.

Solusi Beli Mobil Dengan Dana Terbatas 

Berikut adalah beberapa solusi membeli mobil dengan dana terbatas yang dapat anda lakukan.

Mobil bekas

Alih – alih membeli mobil baru, Anda dapat menjatuhkan pilihan ke mobil bekas. Pastikan mobil bekas yang anda cari memiliki mesin yang masih bagus. Anda juga dapat menanyakan bagaimana perawatan yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Hal tersebut dapat menghindarkan anda mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang tidak layak.

Jika anda memilih untuk membeli mobil bekas, jangan terburu – buru untuk melakukan transaksi karena anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli, yaitu :

  • kelengkapan surat-surat

Anda harus mengecek kelengkapan atas surat – surat dari mobil yang ingin Anda beli. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mendapatkan mobil dari hasil curian dan menghindarkan Anda dari hal – hal yang tidak diinginkan seperti berurusan dengan polisi. Pastikan bahwa mobil tersebut dilengkapi dengan STNK dan BPKB.

Jika STNK dan BPKB ada, Anda juga harus melakukan pemeriksaan mengenai keaslian dokumen tersebut. Karena saat ini surat-surat seperti STNK dan BPKB dapat dipalsukan. Cara yang paling mudah adalah dengan bertanya ke Kantor Samsat terdekat yang ada di daerah Anda. Atau Anda pun bisa melakukan pemeriksaan secara online melalui aplikasi Samsat tersebut.

  • Kondisi mesin 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam membeli mobil bekas, Anda harus melakukan cek mengenai kondisi mesin mobil tersebut. Anda dapat melakukan cek melalui suara dari mesin mobil, cek Oli apakah ada bocor atau tidak, dan bahkan Anda pun dapat mengecek dengan test drive langsung mobil yang ditawarkan tersebut.

Jika Anda awam dengan permesinan, waktu Anda melakukan test drive, Anda dapat mengajak saudara atau teman anda yang paham mengenai mesin mobil sehingga Anda akan mendapatkan masukan yang jelas mengenai kondisi mesin mobil tersebut.

  • Cek Eksterior

Hal yang harus Anda perhatikan sebelumnya adalah mengecek eksterior mobilnya. Penjual yang baik akan memperbaiki eksterior mobil yang akan mereka jual sebelumnya.

Sesuaikan budget dan kebutuhan

Dengan tetap berpegang teguh dengan budget yang sudah Anda targetkan, maka Anda dapat mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan operasional Anda sehari – hari. Anda tentunya mempunyai keinginan ingin memiliki mobil dengan tipe tertentu. Namun, karena dana anda terbatas, anda dapat mengalihkan dengan menyesuaikan kebutuhan Anda setiap harinya.

Pastikan juga mengenai ketersediaan dan harga dari suku cadang mobil. Jangan pula juga tanyakan tentang tempat untuk melakukan perawatan atau bengkel resmi dari merk mobil tersebut.

Simulasi Kredit

Simulasi kredit dapat menjadi pilihan Anda untuk membeli mobil. Anda dapat mendatangi beberapa bank dan menanyakan simulasi kredit pembelian sebuah mobil. Dengan mendatangi beberapa bank, anda akan dapat pembanding dan menemukan mana kredit yang cocok untuk Anda. Pastikan besarnya cicilan tidak akan menyusahkan Anda. 

Masa cicilan

Jika anda telah memutuskan membeli dengan sistem kredit atau mencicil, pastikan masa cicilan Anda tidak terlalu lama atau panjang. Karena semakin lama masa cicilan Anda, semakin besar pula bunga cicilan tersebut. Anda dapat menyiasati dengan membayar DP atau uang muka yang lebih besar sehingga cicilan anda tidak akan lama dan masih dapat dijangkau oleh kantong Anda.

Suku Bunga

Disaat anda sudah mendapatkan pembanding dari beberapa bank yang anda datangi , pilihlah suku bunga yang paling ringan. Anda juga dapat melakukan negosiasi dengan pihak bank mengenai suku bunga yang diberikan. Beberapa bank memiliki penawaran yang lebih fleksibel yang dapat membuat Anda menjadi lebih hemat dan mempunyai cicilan yang lebih ringan.

Bagaimana? Apakah Anda terbantu dengan beberapa solusi diatas? Jika Anda menginginkan mempunyai sebuah mobil dengan alasan untuk mempermudah operasional Anda dan keluarga Anda sehari – hari, Anda dapat dengan mudah mendapatkannya. Anda dapat menabung terlebih dahulu agar dapat membayar DP atau uang muka yang sedikit lebih besar, sehingga nantinya cicilan yang Anda buat masih ringan dan tidak membuat beban untuk Anda.

Related Posts