Home Bisnis dan Usaha Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memulai Usaha Baru

Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memulai Usaha Baru

by Lara Nifa

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang. Salah satunya yaitu dengan berbisnis. Namun, realitanya untuk memulai usaha yang baru tidaklah mudah. Dibutuhkan kegigihan serta pengetahuan yang cukup untuk meminimalisir kegagalan di awal membangun usaha. 

Kamu harus memperhatikan banyak aspek, mulai dari modal, riset pasar, menentukan produk hingga bagaimana memasarkannya ke konsumen. Sehingga tak jarang jika banyak yang gagal karena melakukan beberapa kesalahan dalam prosesnya membangun suatu usaha.

7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Dihindari

Kesalahan merupakan bagian dari proses yang memang sering terjadi dalam kehidupan, termasuk berbisnis. Namun, ada baiknya kamu bisa belajar dari pengalaman orang-orang agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Dan berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula saat ingin memulai usaha :

  • Tidak Punya Tujuan yang Jelas

Penting bagi seorang pebisnis untuk memiliki tujuan saat baru ingin mulai berbisnis. Sayangnya, banyak orang asal memulainya tanpa tujuan yang jelas. Mereka hanya ikut-ikutan atau terlalu cepat mengambil keputusan.

Padahal, dengan adanya tujuan, usaha yang kamu rintis bisa berjalan lancar. Dan sebaliknya, tidak adanya tujuan yang jelas bisa membuat usahamu menemui berbagai kendala. Besar kemungkinan kamu akan cepat merasa bosan, tidak semangat menjalankan usaha apalagi membuatnya untuk terus berkembang. 

  • Perencanaan Bisnis yang Tidak Berorientasi Jangka Panjang 

Sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha, sebaiknya kamu sudah menyusun perencanaan yang matang. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya kegagalan. Rencana-rencana tersebut pun harus fokus untuk mencapai tujuan jangka panjang. Jangan sampai usahamu stuck dan tidak berkembang karena kurangnya perencanaan yang matang.  

Untuk itu, kamu harus mempersiapkan berbagai rencana dan strategi yang tepat. Mulai dari menentukan produk yang akan dijual, model usaha yang digunakan, teknik pemasaran serta penjualan, dan aspek penting lainnya. 

  • Tidak Segera Memulai

Kesalahan ini adalah yang paling sering dilakukan saat akan memulai usaha. Tak sedikit pebisnis yang sebenarnya sudah siap dalam segala hal seperti modal, ide, perencanaan bisnis namun tidak segera merealisasikannya. 

Semakin lama kamu berdiam diri, biasanya akan semakin sulit untuk memulai usaha yang sudah direncanakan. Semangat yang tadinya sudah terbangun, sangat mungkin hilang begitu saja. Dan tentunya kamu akan kehilangan banyak peluang. 

  • Tertutup dari Kritik dan Saran

Langkah penting dalam menjalankan usaha yaitu bisa menerima kritik dan saran. Tanpa kedua hal itu, maka sulit untuk mengawali usaha dan membuatnya semakin berkembang. Maka dari itu, usahakan agar kamu tidak menjadi orang yang anti kritik dan saran.

Meskipun begitu, kamu bisa lebih selektif dalam menerima kritik dan saran. Pilihlah kritik dan saran yang memang membangun dan bermanfaat bagi kelangsungan usahamu. Kritik dan saran sendiri bisa didapatkan dari berbagai pihak, misalnya karyawanmu, kerabat dan yang paling penting yaitu para konsumen. 

  • Kurangnya Relasi Bisnis

Relasi merupakan faktor krusial yang harus dimiliki oleh para pebisnis. Karena dengan banyaknya relasi bisnis yang kamu miliki, maka semakin mudah untuk memulai usaha maupun melakukan ekspansi kedepannya. 

Kamu akan kehilangan banyak peluang yang ada jika tidak mulai membangun relasi. Sering-seringlah menjalin komunikasi dengan banyak orang, terutama para pebisnis. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh berbagai informasi dan sudut pandang dari banyak orang.

  • Bekerja sama dengan Orang yang Salah

Terkadang para pebisnis pemula menganggap remeh orang yang akan diajaknya kerja sama. Mereka mudah percaya hanya karena memiliki hubungan yang dekat. Padahal, orang-orang yang kamu jadikan sebagai partner maupun karyawan sangat berpengaruh dalam keberlangsungan usahamu. 

Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa orang-orang tersebut memang berkompeten. Dan yang paling penting siap memiliki komitmen untuk bersama-sama mengembangkan usahamu. 

  • Salah Ambil Keputusan dalam Hal Pendanaan

Masalah yang seringkali dihadapi ketika akan memulai usaha yaitu keterbatasan modal. Tak jarang akhirnya banyak pebisnis pemula yang tidak mau berpikir panjang. Mereka dengan mudahnya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana tanpa melakukan diperhitungkan terlebih dahulu.

Apalagi sekarang ini sudah semakin banyak pihak yang menawarkan pinjaman dengan mudah. Bahkan beberapa tidak memberlakukan syarat, namun ternyata beban bunganya sangat besar. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menentukan strategi yang tepat terkait pendanaan. Jangan sampai mudah di awal, namun bisa berdampak buruk bagi keuangan usahamu. 

Demikian tadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pemula saat akan memulai usaha. Dalam menjalankan suatu usaha sudah pasti akan mengalami pasang surut. Namun jika dimulai dengan cara-cara yang tepat, setiap masalah yang akan terjadi pasti bisa kamu hadapi. Semoga semua kesalahan di atas bisa dihindari, ya !

Related Posts