Home Administrasi Bayar pajak makin mudah, Ini cara bayar bajak mobil online!

Bayar pajak makin mudah, Ini cara bayar bajak mobil online!

by Greg Pascal
cara bayar pajak mobil online

Memiliki mobil pribadi tentu saja akan sangat memudahkan untuk mobilisasi, apalagi untuk keluarga yang memiliki anak lebih dari dua. Mau bepergian kemanapun akan lebih simpel dalam satu kendaraan tanpa harus sewa kendaraan lain. Namun, disamping mendapatkan kenyamanan, memiliki mobil pribadi itu artinya harus siap menjalankan kewajibannya. Selain kewajiban merawat seperti membersihkan, service, dan lainnya, juga ada kewajiban lain yang harus dilaksanakan, salah satunya yakni membayar pajak mobil.

Pajak mobil harus dibayar setiap tahun, apabila masyarakat tidak membayar pajak hingga jatuh tempo, maka akan mendapatkan denda administrasi. Adapun untuk biaya pembayaran pajak umumnya disesuaikan dengan jenis mobil dan tahun keluarnya. Cara bayar pajak mobil saat ini pun sudah cukup mudah, jika masyarakat tidak ada waktu untuk datang langsung ke kantor samsat, membayar pajak rupanya juga bisa dilakukan secara online. Kini masyarakat dapat dengan cepat membayar pajak mobil hanya berbekal jaringan internet saja. 

Prosedur bayar pajak mobil online

Jika sebelumnya proses pembayaran pajak kendaraan harus datang langsung ke kantor samsat, saat cara bayar pajak mobil online bisa dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke kantor. Dengan berbekal jaringan internet dan smartphone saja, masyarakat sudah bisa membayar pajak di samsat online nasional secara mandiri. 

namun sebelum anda melakukan pembayaran pajak online, alangkah baiknya anda telah menyiapkan sejumlah dokumen yang akan anda gunakan untuk mengisi data online, seperti KTP, STNK, dan BPKB. Adapun cara bayar pajak mobil online tersebut adalah sebagai berikut:

cara bayar pajak mobil online

Baca Artikel Selanjutnya :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membayar pajak online adalah, anda harus memiliki aplikasi samsat online nasional, yang dapat didownload di aplikasi playstore pada smartphone.
  2. Pastikan aplikasi samolnas yang telah anda download sudah terinstall sempurna dalam smartphone anda, dan selanjutnya tekan “mulai” dan kemudian klik “pendaftaran”
  3. Kemudian akan muncul sejumlah kolom pengisian terkait data kendaraan anda. Pastikan anda mengisi kolom-kolom tersebut, terlebih untuk data-data yang wajib misalnya nomor polisi, 5 digit akhir dari nomor kendaraan, dan nik. Pastikan data yang anda isi adalah data yang benar, tidak ada salahnya sebelum menuju langkah selanjutnya periksa kembali data anda. Setelah anda yakin dengan data anda, kemudian tekan “selanjutnya”
  4. Tunggu beberapa saat untuk sistem samolnas memproses data anda. Apabila data yang anda masukkan sudah tepat, maka keluar data kendaraan anda beserta jumlah pajak yang harus dibayar. Namun jika data yang anda masukkan sebelumnya belum benar, maka system akan meminta anda melakukan pengisian data ulang
  5. Setelah data dan jumlah pajak yang wajib dibayarkan muncul, maka kemudian juga akan muncul kode pembayaran pajak yang berlaku selama 2 jam. Itu artinya, kode tersebut akan hangus atau tidak berlaku jika pembayaran tidak dilakukan dalam waktu dua jam setelah anda mendapatkan kode
  6. Untuk pembayaran online ini, anda bisa memilih cara pembayaran sesuai keinginan anda. baik melalui bank maupun pembayaran online lainnya. Jika melalui bank, anda bisa menyerahkan kode pembayaran pajak tersebut ke teller bank, atau juga bisa melalui transfer atm. Biasanya untuk pembayaran pajak online ini akan dikenakan biaya administrasi kurang lebih Rp. 5.000
  7. Apabila proses pembayaran telah dilakukan, maka anda akan mendapatkan e-TBPKB dan e-pengesahan STNK, dimana surat elektronik ini akan berlaku selama 30 hari
  8. selanjutnya untuk stiker ataupun dokumen yang berkaitan akan dikirim langsung dari kantor samsat kerumah anda melalui ekspedisi.

cara membayar pajak mobil melalui e-samsat

Pembayaran online selain dapat dilakukan melalui aplikasi samolnas, rupanya juga bisa dilakukan melalui e-samsat. Dimana, layanan e-samsat telah melakukan mou dengan sejumlah bank di indonesia, seperti bank DKI, BRI, BNI, BTN, Bukopin, dan Maybank. Adapun syarat bayar pajak melalui layanan ini adalah pemohon atas nama pribadi dan  tidak memiliki tunggakan pajak paling lama 1 tahun.

Apabila telah melakukan proses pembayaran, pemilik kendaraan harus datang ke kantor samsat induk dengan membawa bukti pembayaran bank. Dimana bukti pembayaran tersebut hanya berlaku selama 1 bulan setelah pembayaran.

Selain membawa bukti pembayaran, pemilik kendaraan juga diwajibkan menyertakan STNK dan KTP asli beserta fotokopinya. Serta BPKB asli dan fotokopinya.

uraian diatas adalah cara mudah melakukan pembayaran pajak mobil online, cukup mudah dilakukan dimanapun dan cepat bukan?. namun tetap saja anda sebagai pemilik kendaraan harus memperhatikan waktu jatuh tempo kendaraan anda. sebab, untuk melakukan pembayaran online ini, ada cara bayar pajak mobil online yang harus dipatuhi yakni belum jatuh tempo dan juga tidak sedang terkena sanksi administrasi akibat tunggakan pajak.

Related Posts