Home Tips Baru Pertama Bekerja di Kantor? Ini Etika yang Harus Kamu Pahami

Baru Pertama Bekerja di Kantor? Ini Etika yang Harus Kamu Pahami

by Lara Nifa

Jika masih pemula dan baru pertama kali bekerja di kantor tentu akan mengalami rasa bingung dan tidak tahu apa saja yang harus dilakukan dan apa saja etika yang ada. Namun, menjaga etika dan memahami apa saja etika yang ada pada dunia kerja khususnya di kantor, maka harus diingat bahwa etika wajib dijaga dengan baik.

Bahkan tidak hanya ada di dunia kerja dan kantor saja, dalam kehidupan sehari-hari pun sudah sepantasnya menjaga etika dengan baik. Karena jika tetap menjaga etika kerja maka kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa karir yang bagus dan koneksi pertemanan yang baik di dalam lingkungan kerja.

 

Etika yang Harus Dipahami di Lingkungan Kerja/Kantor

Sudah jadi hal yang wajar menjaga etika agar mendapatkan karir yang bagus di masa depan dan memiliki teman dan koneksi yang banyak. Tidak hanya itu saja, tetapi bisa juga mendapatkan keuntungan lain dengan menjaga etika dalam lingkungan kerja.

Berikut ini adalah etika-etika yang harus dipahami dalam lingkungan kerja kantoran. Simak dan perhatikan yuk!

Memperhatikan Penampilan 

Kerja kantoran juga harus menjaga dan memperhatikan penampilan agar tetap rapi, bersih dan wangi di kantor. Tidak harus menggunakan barang mahal agar menjadi rapi dan penampilan tetap terjaga, yang penting adalah menjaga penampilan dengan menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai standar aturan kantor.

Karena di kantor akan bertemu banyak orang, baik itu karyawan lain maupun pihak dari atasan. Maka tidak akan pantas jika sampai tidak menjaga penampilan di kantor. 

Secara umum, bisa sesuaikan dengan standar aturan yang ada pada kantor. Bisa dilihat dari tipe kantor yang formal atau standar saja, jika formal maka bisa menggunakan dasi, jas, kemeja dan sepatu pantofel.

Sedangkan jika kantor tipe startup atau perusahaan yang berjalan di bidang kreatif, pada umumnya menggunakan pakaian yang tidak terlalu formal. Contohnya celana jeans, kaos, jaket dan sejenisnya. Namun, terlepas dari itu semua, menjaga penampilan di kantor juga harus tetap sopan dan bangun citra yang baik serta profesional dari menjaga penampilan.

Menjaga Kerapian

Tidak hanya menjaga kerapian dalam berbusana saja dalam kantor namun, kamu juga harus memperhatikan kerapian yang ada diatas meja kantor tempat kamu bekerja. Usahakan untuk selalu menjaga kerapian meja kerja di kantor agar sedap dipandang baik untuk diri sendiri maupun dilihat oleh orang lain.

Jaga setiap saat agar tetap rapi baik itu saat sebelum bekerja, sedang digunakan, apalagi setelah digunakan. Dengan menciptakan lingkungan kerja yang rapi maka kerja jadi lebih nyaman dan maksimal.

Menghormati Semua Orang yang Ada di Lingkungan Kantor

Siapapun akan senang jika dihormati, maka dari itu kamu juga harus menghormati semua orang yang ada dalam lingkungan kerja atau kantor. Memang terdapat beberapa jenis dan bentuk dari penghormatan yang ada.

Contohnya adalah jika sedang fokus bekerja maka usahakan tidak usil dan tidak berisik. Karena itu bisa mengganggu aktivitas teman kerja dan bisa saja mereka akan marah dan berimbas pada hubungan pertemanan lingkungan kerja yang buruk. 

Memisahkan Urusan Personal dan Pekerjaan

Etika yang satu ini sudah sewajarnya diperhatikan meskipun kenyataan di lapangan tidaklah begitu juga. Usahakan tidak mencampur segala macam urusan personal ke dalam pekerjaan. 

Sebab, jika demikian maka akan mengganggu kinerja dan membuat pekerjaan kacau karena tidak fokus. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah untuk tidak menceritakan urusan personal di lingkungan kerja dan usahakan tetap fokus pada pekerjaan yang sedang dihadapi.

Bertanggung Jawab

Sebagai karyawan yang teladan dan ingin mendapatkan jenjang karir yang bagus sudah jadi kewajiban untuk memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Dalam sebuah proyek tentu seorang karyawan akan diberikan tugas dan job masing-masing. 

Maka dari itu, gunakan kesempatan ini sebagai dedikasi yang tinggi dan bertanggung jawab agar mendapatkan hasil yang terbaik. Namun, jika mendapatkan hasil yang kurang memuaskan maka dari itu harus bertanggung jawab menyelesaikan masalah dan tidak perlu berusaha mencari alasan.

Selain itu, bertanggung jawab bisa dilakukan dengan cara datang ke kantor tidak terlambat dan harus tepat waktu dan sejenisnya.

Tidak Memotong Pembicaraan

Dalam pekerjaan tentu akan bertemu banyak orang yang membutuhkan komunikasi dan komunikasi yang  baik dijalin dengan cara mendengarkan dan tidak memotong pembicaraan. Alasannya adalah jika sampai memotong pembicaraan orang lain maka akan memiliki kesan kurang baik dan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Memotong pembicaraan juga memiliki kesan bahwa seperti tidak tertarik dengan topik pembicaraan yang sedang didengarkan. 

Jika pembicaraan yang dibahas penting maka diam dan perhatikan. Kalau perlu bisa juga catat apa saja poin pentingnya. 

Related Posts