Home Bisnis dan Usaha Baru Memulai Usaha? Berikut Beberapa Hal Yang Harus Diketahui

Baru Memulai Usaha? Berikut Beberapa Hal Yang Harus Diketahui

by Lara Nifa

Di dunia yang semakin maju dan semakin compacated ini ada dampak yang tanpa disadari cukup mempengaruhi kehidupan kita. Contohnya dalam cara memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Gaji atau pemasukan yang biasa kita dapat untuk memenuhi kebutuhan hitungan dan manajemennya terkadang meleset dari rencana. Banyak dana yang tidak terduga yang seringkali jumlahnya pun tidak sedikit. Sehingga, pemikiran membuka usaha atau bisnis sendiri menjadi salah satu jalan untuk menghadapi kondisi dan situasi tersebut bukan? Terlepas dari status pekerjaan kamu saat ini  , apakah kamu seorang fresh graduate? Pelajar? ASN? Pegawai Swasta? Atau Ibu Rumah Tangga? 

Tenang! Soal bisnis atau usaha tidak membatasi berapa usiamu dan apa  der atau darimana kalangan kamu berasal. 

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membuka Usaha

Meskipun terlihat sederhana namun juga tidak semudah yang dibayangkan  , untuk mendapatkan hasil yang masimal dalam merintis atau memulai usaha kamu perlu ketahui dan perhatikan Langkah-langkah berikut ini!  

  • Memilih Jenis Usaha 

Akhir-akhir ini seringkali bermunculan kreasi dan inovasi usaha baru yang dibuat oleh seorang entrepreneur sehingga menjadikan dunia bisnis ini semakin berwarna. Oleh karena itu, Langkah awal yang perlu dipikir dan dilakukan adalah memilih jenis usaha apa yang akan kamu jalani nantinya. Perhatikan segala bentuk risiko dan peluang yang ada dalam jenis usaha tersebut. Pilih usaha yang berjangka waktu panjang dan berkelanjutan, bukan hanya sekedar tren yang bersifat temporal karena modal yang keluarkan perlu diperhitungkan hingga dapat memperoleh keuntungan dalam jangka panjang. 

  • Melakukan Riset Pasar 

Lakukan riset atau Analisa pasar untuk mengetahui minat dan kebutuhan pasar (masyarakat), usahakan kamu telah mengetahui dan menentukan bidikan pasar yang cukup spesifik; karena semakin spesifik akan semakin mempermudah kamu dalam menentukan tujuan dan produk apa yang sesuai untuk kamu dan tawarkan dalam bisnis yang akan dijalani. Pasar ini menjadi kunci dan ujung tombak sebuah bisnis bisa terus berjalan. Tanpa mengetahui atau merancang target pasar yang sesuai, produk dan layanan yang kamu tawarkan tidak akan mendapat respon apalagi soal keuntungan. Dengan melakukan riset pasar juga kamu akan sekaligus mengetahui strategi usaha dari pihak kompetitor dalam usaha kamu nanti. 

  •  Menentukan Produk 

Setelah mengetahui bidang atau jenis usaha apa yang kamu minati dan sesuai dengan pasar yang berpeluang, selanjutnya kamu dapat bermain dengan ide kreatif dan inovatif mu dalam menciptakan produk baru yang berdaya saing dan memiliki nilai tersendiri di mata pasar. Contoh rumusan yang perlu kamu ketahui dan siapkan dalam poin ini seperti:

  • Produk apa yang ingin dijual?
  • Bagaimana cara mendapatkannya? Mencari produsen? Atau kamu yang menjadi produsen dengan mencari tahu bagaimana cara membuatnya?
  • Apa keunggulan produk tersebut? 
  • Bagaiamana cara pengemasan?

Dan lain sebagainya, pastikan seluruhnya kamu siapkan dengan sebaik mungkin. 

  • Mencari Mitra Usaha 

Mitra usaha dalam menjalankan sebuah bisnis posisinya cukup membantu dan penting. Namun hal tersebut pun dapat disesuaikan dengan sudut pandang kamu  . hal tersebut bisa disesuaikan dengan kenyamanan dan karaktermu dalam bekerja. Jika, kamu adalah seorang yang suka membangun Kerjasama tim, tidak mau bekerja sendiri, tidak ingin adanya campur tangan orang pihak lain, opsi mencari mitra usaha bagimu cukup disarankan, karena keberadaan mitra usaha sedikitnya akan membantu mempermudah kamu dalam mengelola bisnis. Namun, jika kamu tergolong dalam orang yang memiliki karakter yang sebaliknya. Opsi Mencari dan menggandeng mitra usaha ini bersifat optional/disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan kamu sebagai owner/founder perusahaan loh !  

  • Sumber Pendanaan 

Tentukan sumber dana yang akan kamu gunakan sebagai modal awal untuk memulai usaha atau bisnis. Contoh sumber dana yang dapat kamu gunakan yaitu, dana pribadi, Kerjasama dengan mitra usaha, mencari investor, sponsorship, piutang, atau bahkan kamu juga dapat mengajukan proposal ide bisnis dalam ajang kontestasi insan wirausaha. 

  • Membuat Brand atau Nama Usaha

Nama, merk, brand merupakan elemen yang sangat penting khususnya dalam kegiatan promosi nantinya. Carilah nama yang menarik untuk usahamu nanti, berdasarkan nama yang memiliki keunikan akan membantu mempermudah produk usaha kamu dikenal oleh pasar. Selain memiliki keunikan tentunya dalam proses pemilihan nama, harus sesuai dengan jenis usaha dan produk yang akan kamu jual. Kesesuaian itu sangat penting! 

  • Rencanakan usaha dengan matang 

Perencanaan dalam bisnis perlu kamu siapkan sebelum kamu akan memulai usaha. Tentunya bukan sembarang rencana, kamu perlu pikirkan segala sesuatunya. Contohnya risiko, dampak, peluang-peluang, cara dan bahan promosi, konten/muatan, tujuan/goals, dan lain sebagainya yang tentunya menyesuaikan dengan bisnis yang akan kamu jalani  ! untuk lebih memudahkannya buatlah list atau bagan perencanaan mulai dari hulu ke hilir. 

  • Urus Legalitas Usaha 

Jangan remehkan ini, Sebagai dasar suatu usaha itu berjalan, izin usaha atau legalitas ini perlu kamu perhatikan loh. Legalitas atau izin ini berkaitan dengan banyak hal seperti tingkat profesionalitas bisnis/usaha, pengaman hukum, dasar menentukan pembayaran pajak, membantu menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat atas usaha kamu, bukti sah di mata hukum, dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa Langkah untuk kamu jadikan modal dalam memulai usaha  ! aspek dan material memang penting namun aspek mental kamu juga perlu diperhatikan. Berdasarkan karakteristik calon pengusaha, kamu harus mempersiapkan diri sebagai orang yang percaya diri, kreatif dan inovatif, berjiwa kompetitif, pantang menyerah, open minded terhadap apapun khususnya kritik dan evaluasi, ulet dan gigih, serta lain sebagainya. Pastinya, semangat dan mau untuk memulai ! 

Related Posts