Home Karir Baru Lulus Kuliah? Yuk, Lihat Cara Menentukan Karir untuk Fresh Graduate

Baru Lulus Kuliah? Yuk, Lihat Cara Menentukan Karir untuk Fresh Graduate

by Lara Nifa

Mempunyai tujuan karir pastinya menjadi keinginan dari semua orang. Khususnya ketika Anda sudah menyelesaikan pendidikan dan masuk ke tahap berikutnya yaitu dunia karir. Untuk hal tersebut, pastinya Anda akan mulai berpikir pekerjaan apa yang tepat untuk ditekuni. Tidak hanya untuk memperoleh pendapatan, tetapi juga dapat memberikan kenyamanan ketika melakukannya. 

 

Dengan demikian, hal tersebut harus Anda pikirkan mulai sekarang supaya sesudah lulus pendidikan telah memiliki target tertentu yang ingin dicapai. Memang tidak menjadi hal yang mudah dilakukan dalam menentukan pekerjaan Anda. Tetapi, hal ini dapat Anda mulai dengan pertanyaan-pertanyaan dasar yang bisa dijawab dengan bayangan tujuan karir sesuai keinginan Anda. 

 

Untuk hal ini, Anda harus menanyakan kepada diri Anda kemampuan apa yang dimiliki, mimpi apa yang ingin dilakukan dan minat apa yang Anda sukai. Ada banyak hal yang harus Anda renungkan untuk mendapatkan jawaban tentang tujuan karir yang diinginkan. 

 

Untuk fresh graduate ada beberapa hal berikut ini yang dapat membantu Anda untuk mengetahui tujuan karir Anda di masa depan. Selain itu, Anda pun dapat memahami pentingnya memiliki planning pekerjaan yang matang untuk kehidupan yang lebih baik. 

  • Pentingnya planning pekerjaan 

Sebelum Anda mengetahui cara-cara untuk menentukan pekerjaan Anda, harus diketahui lebih dulu pentingnya memiliki rencana atau planning pekerjaan. Selain itu, harus Anda ketahui juga jika membuat rencana pekerjaan bisa memberikan petunjuk untuk kehidupan di masa depan yang ingin Anda lakukan. 

 

Planning pekerjaan juga bermanfaat untuk membantu Anda mengetahui kelemahan dan kekuatan yang ada di diri Anda dan usaha untuk memperoleh keterampilan lebih sehingga tercapainya tujuan yang Anda inginkan. Nah, untuk mencapai ke titik tersebut, harus dipastikan jika langkah yang Anda lakukan sudah benar. 

 

Dengan demikian, planning pekerjaan bisa memberikan arahan dan bayangan mengenai langkah apa saja yang dapat Anda lakukan untuk masa depan. Hal ini pun dapat memudahkan Anda untuk mengetahui apakah upaya yang dilakukan selama ini telah sesuai rencana atau berbalik arah. Oleh karena itu, membuat planning pekerjaan memang harus dilakukan supaya memudahkan Anda untuk mencapai karir yang diinginkan. 

  • Memahami kelebihan diri 

Sesudah Anda mengetahui pentingnya membuat planning pekerjaan, hal berikutnya yang harus dilakukan yaitu memahami kemampuan diri atau kelebihan apa yang unggul di dalam diri Anda. Untuk hal ini, Anda dapat memikirkan skill apa yang dimiliki dan apakah ada sifat unggul di dalam diri. 

 

Hal tersebut bisa membantu mengetahui jenis industri atau pekerjaan apa yang sesuai dengan keunggulan dan kemampuan diri Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencari pendapat orang lain mengenai skill yang Anda punya. Misalnya, teman dekat atau keluarga yang memahami dan mengerti Anda. 

 

Lalu, Anda juga dapat mengikuti beberapa pelatihan atau seminar yang bisa membantu Anda untuk menemukan keterampilan yang dimiliki menjadi sebuah nilai jual. 

  • Mengetahui minat 

Cara menentukan karir berikutnya yakni dengan mengetahui minat Anda sendiri. Dalam hal tersebut, pastinya masing-masing orang memiliki berbagai minat. Misalnya, menyanyi, memasak, sampai melukis. Beberapa minat tersebut pastinya bisa memberikan kenyamanan untuk mereka dan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. 

 

Sebagian minat ini pun dapat membantu mengetahui sektor pekerjaan yang Anda sukai. Karena, memperoleh pekerjaan yang sesuai minat pastinya menyenangkan untuk dikerjakan dan nyaman. Sehingga tidak membuat Anda terbebani dan stres yang bisa berdampak pada kesehatan mental hingga fisik. 

  • Mimpi yang ingin dilakukan 

Cara untuk menentukan pekerjaan yang terakhir yaitu dengan mengetahui apa saja hal yang bermakna dan mimpi apa yang ingin Anda wujudkan. Menemukan pekerjaan sesuai dengan keinginan bisa memberikan kontribusi yang bagus untuk dunia pasti bisa memberikan kepuasan dan kebahagiaan untuk Anda. 

 

Untuk hal tersebut, Anda dapat menyumbangkan keunggulan, keterampilan, dan kemampuan yang Anda miliki untuk membantu dan bisa berdampak baik untuk kehidupan di masa depan.

 

Bila hal tersebut telah didapatkan, maka semua tujuan pekerjaan Anda sudah tercapai. Anda bisa memperoleh pendapatan dari pekerjaan yang Anda minati dan sesuai dengan keterampilan. Bahkan pekerjaan tersebut dapat membantu memberikan manfaat yang baik untuk orang lain. 

 

Hal tersebut pastinya bisa memberikan kepuasan dan kenyaman tersendiri untuk hidup Anda. Sehingga harus berkelanjutan dilakukan dan dapat dikembangkan sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih banyak untuk kehidupan. 

 

Nah, itulah ulasan tentang cara menentukan pekerjaan yang mudah untuk fresh graduate. Sebagian hal tersebut harus Anda ketahui dan pikirkan mulai sekarang. Dengan demikian, sesudah Anda menyelesaikan studi pendidikan, Anda telah mengetahui langkah dan target apa saja yang ingin dilakukan sehingga bisa mencapai tujuan karir yang bagus di masa yang akan datang.

Related Posts