Home Bisnis dan Usaha Mengenal Seputar Barang Ekspor

Mengenal Seputar Barang Ekspor

by Lara Nifa

Sebagian orang pasti sudah pernah mendengar dan belajar mengenai apa itu barang ekspor. Kegiatan ekspor ataupun impor mempunya peranan penting dalam sebuah negara serta erat kaitannya oleh kegiatan ekonomi di dalam suatu negara.

Aktivitas seperti ekspor sendiri juga sering dilakukan oleh negara Indonesia, begitu banyak produk berupa barang ataupun jasa yang dijual ke luar negeri. Sementara untuk aktivitas impor sendiri juga kerap dilakukan yang mana impor kebalikan dari kegiatan ekspor tersebut.

Supaya Anda dapat mengingat lagi pelajaran soal apa itu ekspor yang mungkin pernah diajarkan dibangku sekolah, dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai ekspor serta beberapa hal yang terkait didalamnya. Nah, untuk mengetahui lebih dalam khususnya tentang ekspor. Silahkan simak artikel ini sampai habis ya.

Pengertian Ekspor

Ekspor merupakan sebuah aktivitas mengeluarkan sebuah produk dari daera pabean. Pabean adalah sebuah daerah yang dimiliki oleh negara Indonesia, terdiri dari kawasan perairan, darat serta udara yang mencakup semua daerah tertentu yang ada di Zona Ekonomi Eksklusif.

Sederhananya, ekspor merupakan sebuah aktivitas mengeluarkan sebuah produk dari dalam negara ke luar negara dengan memenuhi peraturan serta ketentuan yang sudah disahkan.

Aktivitas tersebut dikerjakan oleh sebuah negara bila negara bersangkutan bisa menghasilkan produk dalam jumlah besar serta jumlah akan produk tersebut ternyata telah terpenuhi untuk dalam negeri sendiri, sehingga dapat dikirimkan ke luar negeri yang memang kondisinya mereka tidak bisa memproduksi produk tersebut atau jumlah produksi yang mereka hasilkan tidak cukup memenuhi kebutuhan rakyat negara bersangkutan.

Manfaat dan Tujuan Ekspor

  1.       Membangun Industri Dalam Negeri

Aktivitas ekspor merupakan kegiatan perdagangan yang cakupannya skala internasional yang sengaja dilakukan agar dapat memberi sebuah rangsangan akan permintaan dari sisi dalam negeri, hal ini bertujuan agar dapat melahirkan berbagai macam industri lainnya yang jauh lebih besar.

Dengan meningkatnya permintaan barang ekspor di sebuah produk tertentu secara tidak langsung akan berdampak langsung terhadap perkembangan industri sebuah negara. Dengan begitu, negara akan dapat melahirkan sebuah iklim bisnis yang lebih kondusif.

Tidak hanya itu, sebuah negara nantinya akan dapat membiasakan diri mereka untuk dapat bersaing di pasar internasional serta akan lebih terlatih oleh persaingan ketat bila menjalankan perdagangan skala internasional.

  1.       Menambah Devisa Negara

Kegiatan ekspor tentunya akan memberi pengaruh positif untuk kemajuan ekonomi di sebuah negara yang melakukannya. Manfaat dari aktivitas ekspor ini yaitu demi membuka dan mendapatkan pasar baru dari luar negeri sebagai bentuk upaya meningkatkan dan menumbuhkan investasi meningkat devisa di sebuah negara serta perluasan pasar domestik.

  1.       Mengendalikan Harga Produk

Aktivitas ekspor yang dilakukan oleh sebuah negara tentu akan membuat negara dapat memanfaatkan over kapasitas atau stok yang melimpah di suatu produk tertentu. Sehingga, negara akan dapat dengan mudah untuk mengendalikan nilai jual produk ekspor yang akan mereka jual ke pasar internasional.

Hal ini dikarenakan ketika sebuah produk barang atau jasa dapat diproduksi atau dihasilkan dengan mudah yang stoknya pun sangat berlimpah, maka produk barang dalam negeri ini pasti akan mempunyai harga lebih murah. Maka dari itu, negara perlu melakukan aktivitas ekspor terhadap barang tersebut ke luar negeri yang lebih menginginkan produk tersebut supaya negara bisa mengendalikan harga produk yang ada di pasaran.

Komoditas Ekspor Indonesia

Ada sekitar 5 komoditas ekspor  yang tergolong paling besar dimiliki oleh negara Indonesia. Nah, kelima komoditas tersebut, antara lain:

  1.       Komoditas Karet

Mungkin Anda sudah menyadari bahwa negara Indonesia merupakan negara yang menghasilkan karet terbesar kedua di dunia. Maka dari itu, jangan heran apabila karet termasuk salah satu komoditas utama dari negara Indonesia . Dimana, produk karet tanah air banyak yang dikirim ke beberapa negara besar, seperti Amerika, China, dan Jepang.

  1.       Produk Tekstil

Produk seperti tekstil juga termasuk komoditas terbesar di Indonesia, yang mana banyak perusahaan tekstil di tanah air yang mampu meningkatkan devisa negara.

  1.       Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan produk yang dapat dijadikan bahan baku untuk pembuatan minyak goreng, sabun dan mentega, serta berbagai produk kecantikan lainnya. Banyaknya permintaan akan kelapa sawit dari luar negeri, dimana negara Indonesia akhirnya mengekspor minyak kelapa sawit serta palm kernel oil.

  1.       Produk Hasil Hutan

Industri kayu yang dimiliki oleh Indonesia cukup banyak dan produknya pun cukup berlimpah, maka dari itu, tak heran bahwa hasil hutan dari dalam negeri banyak yang diekspor ke negara lain.

  1.       Kakao

Kakao juga termasuk komoditas terbesar milik Indonesia. Dimana nantinya, biji kakao tersebut diolah menjadi makanan berupa coklat atau bentuk makanan lainnya. Banyak negara luar yang berminat untuk menampung biji kakao dari Indonesia.

Related Posts