Home Karir Bangun Personal Branding Lewat Tiktok, Begini Caranya

Bangun Personal Branding Lewat Tiktok, Begini Caranya

by Lara Nifa

Siapa sih yang tidak kenal dengan tiktok? Media sosial ini menjadi salah satu platform digital yang memiliki pengguna terbanyak di dunia. Terdapat berbagai jenis konten yang dapat disaksikan melalui Tiktok, mulai dari konten hiburan, edukasi, hingga bisnis. Menariknya, kini Tiktok dapat menghasilkan pundi–pundi rupiah melalui konten yang dibuat. Selain itu, konten yang dibuat juga dapat dimanfaatkan untuk membangun personal branding seseorang loh! Lalu, bagaimanakah caranya? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

  • Menentukan Niche 

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk membangun personal branding di tiktok adalah menentukan niche. Jika kamu perhatikan, sebagian besar Tiktokers yang sukses adalah mereka yang memilih topik atau keahlian khusus dan menunjukkan topik atau keahlian tersebut. Daripada melakukan hal aneh atau membuat video yang tidak berhubungan dengan niche, mereka lebih memilih untuk memproduksi video dengan satu topik tertentu. Tujuannya agar audiens tahu apa yang mereka harapkan dari sang Tiktoker. 

Kamu dapat meniru Tiktoker sukses tersebut untuk membangun personal branding. Kamu tidak perlu membuat konten aneh untuk sukses. Kamu hanya perlu konsisten dengan niche yang kamu pilih, audiens yang menyukai konten kamu nantinya akan selalu mendukung kamu. Sehingga dengan cara tersebut personal branding kamu akan terbentuk secara perlahan.

  • Menentukan Persona yang Ingin Dibangun

Semua orang pastinya memiliki suatu keahlian ataupun hal yang disukai. Untuk membangun personal branding di Tiktok, kamu dapat memulainya dengan mencari tahu hal yang paling kamu sukai ataupun hal yang sering kamu lakukan yang menjadi keahlian kamu saat ini. 

Jika kamu tahu Bella Tobing, ia merupakan seorang Tiktokers yang berhasil membangun personanya. Ia membuat konten mengenai kegemarannya dalam menata dan merapikan kamar. Siapa sangka bahwa hal tersebut berhasil membuat Bella dikenal oleh banyak orang dan konten–kontennya selalu dinanti oleh audiens.

Selain Bella, ada pula Vina Muliana. Seorang konten kreator inspiratif yang sukses dikenal karena keahliannya dalam memberikan tips tentang dunia kerja. Konten yang dibuat berupa cara membuat CV yang menarik, cara menjawab interview pekerjaan hingga trik jitu saat melamar pekerjaan. Vina berhasil membangun persona sebagai Tiktokers yang memiliki keahlian khusus. Dengan begitu, konten-kontennya selalu ditunggu oleh para audiens.

  • Membuat Konten Secara Reguler

Setelah kamu menentukan niche dan persona, tips membangun personal branding di Tiktok selanjutnya adalah membuat konten. Konten tersebut nantinya diunggah secara reguler. Biasanya para tiktokers mengunggah minimal satu video setiap harinya. Tentu saja, kamu tidak harus melakukan hal tersebut saat memulai eksis di Tiktok. Namun akan lebih baik jika kamu menerapkan strategi ini sedari awal agar kesempatan kamu dalam menarik audiens menjadi lebih terbuka.

Penting diketahui bahwa orang lain akan mengenal kamu dan keahlian kamu jika kamu sudah eksis dan berhasil membuat banyak konten. Jika kamu hanya mengunggah konten semau-mau dan tidak dilakukan secara rutin, kemungkinan kamu dikenal oleh orang lain akan sedikit dan personal branding kamu tidak akan terbangun. 

  • Menggunakan Warna, Jenis Font, dan Filter yang Senada

Hal ini menjadi salah satu hal penting karena penggunaan jenis font, warna dan filter yang senada pada konten kamu dapat membuat audiens mengenali gaya dan konten kamu dengan cepat. Kemudian hal tersebut akan tertanam dalam pikiran dan ingatan mereka. Dengan begitu personal branding kamu akan terbentuk. 

Selain itu penggunaan jenis font, warna dan filter yang senada dapat memudahkan kamu berkreasi dalam pembuatan video. Sehingga kamu tidak perlu memikirkan pola kreatif yang baru setiap akan membuat konten. Hal ini juga akan membantu kamu dalam menarik dan meningkatkan jumlah followers kamu sebab profil Tiktok kamu terlihat lebih konsisten.  

  • Tetap Up to Date

Pada era yang modern yang serba cepat ini, tren dan minat publik dapat berubah dengan cepat. Maka dari itu penting bagi konten kreator untuk terus mengikuti perkembangan terkini atau up-to-date. Mengetahui perkembangan terkini akan membuat konten kamu tidak akan ketinggalan. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua tren harus kamu ikuti sebab ada pula tren yang tidak relevan dengan konten yang kamu buat.

  • Membangun Koneksi

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan dalam membangun personal branding adalah menjalin kerja sama dengan kreator lain yang memiliki jenis konten serupa. Kerja sama tersebut dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak karena membuka peluang untuk menjangkau audiens baru dari masing–masing konten kreator. Kamu dapat berkolaborasi dengan konten kreator lain dalam pembuatan konten seperti membuat duet. Selain itu agar koneksi kamu terus meluas, kamu juga dapat bergabung dengan sebuah komunitas.

Related Posts