Home Tabungan Bagaimana Caranya Supaya Kamu Bisa Menabung

Bagaimana Caranya Supaya Kamu Bisa Menabung

by Lara Nifa
investasi emas

Menabung dapat dikatakan sebagai sebuah hal yang sangat umum dilakukan banyak orang khususnya untuk orang yang mempunyai penghasilan. Mempunyai tabungan atau dana lebih yang dapat digunakan di kemudian harus untuk beberapa macam keperluan memang sangat baik.

Akan tetapi pada proses tidak semudah seperti yang Anda bayangkan ketika akan menyisihkan sedikit dana untuk jangka waktu tertentu. Upaya untuk menabung ini tidak jarang dipatahkan oleh berbagai rintangan dan hambatan.

Rintangan dimaksud bisa seperti pendapatan perbulan yang pas-pasan, tujuan menabung tidak jelas dan kebiasaan berbelanja yang berlebihan dan terkesan konsumtif. Nah beberapa hal diatas sering menjadi sandungan bagi orang-orang yang ingin menyisihkan dana untuk ditabung.

Jika Anda bertanya, apakah menabung itu sulit? Tentu jawabannya tidak. Pastinya tidak jika Anda mengetahui apa yang perlu dilakukan agar pendapatan atau dana pengeluaran Anda dapat diatur secara efektif agar tepat sasaran. Dibawah ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan dalam seminggu agar tetap dapat menyisihkan uang untuk ditabung.

1.       Menentukan Tujuan serta Jumlah Tabungan dalam Satu Minggu

Pada hari pertama, hal yang harus Anda lakukan yakni menentukan tujuan serta seberapa banyak tabungan yang akan disisihkan setiap minggunya. Sebelum Anda menabung, Anda harus menentukan tabungan Anda nanti akan digunakan untuk apa. Apakah untuk keperluan nikah? Atau dana di masa depan? Dan lain sebagainya.

Jika sudah menentukan tujuan jelas, Anda selanjutnya dapat memperkirakan berapa banyak uang yang harus disisihkan. Bagian inilah yang nantinya dapat menjadi sebuah motivasi agar target tabungan Anda bisa tercapai sesuai rencana.

2.       Membuat Rekening Terpisah Khusus Uang Tabungan

Cara mengatur finansial Anda dengan gaji sekitar 5 jutaan per bulannya dan tetap ingin menabung untuk keperluan di masa depan. Tentunya Anda harus langsung memiliki rekening terpisah yang memang dikhususkan untuk menyimpan dana yang nantinya ditabung.

Jika Anda hanya mempunyai 1 rekening tabungan saja, besar kemungkinan kondisi ini bisa menjadi penghambat sebab Anda tidak dapat memisahkan uang yang ingin ditabung dan yang akan dipakai untuk kebutuhan. Jika tidak dipisahkan segera, yang ada dana tabungan tersebut akan dipakai untuk keperluan lain.

Maka dari itu, simpanlah dana tersebut ke rekening yang berbeda agar aman dan jauh dari jangkauan Anda. Jika diperlukan, Anda bisa menyimpan uang tersebut di sebuah tempat yang susah untuk diambil dalam waktu dekat dan susah untuk dicairkan secara instan.

3.       Mengenali Kebiasaan Boros

Tips selanjutnya yakni Anda harus mulai berpikir dan menulis daftar kebiasaan buruk apa saja yang sering membuat pengeluaran Anda menjadi sangat boros. Anda bisa memikirkannya terlebih dahulu, setelah itu tulis semua kebiasaan-kebiasaan yang berbau pemborosan. Mengidentifikasi kebiasaan boros ini merupakan langkah pertama untuk Anda dapat mengetahui hal apa saja yang perlu diubah.

Sebelum Anda mengubah kebiasaan buruk ini, Anda harus tahu hal-hal yang sekiranya dianggap sepele akan tetapi memiliki dampak yang cukup besar bagi keuangan Anda. Berbagai kebiasaan seperti itulah yang sering terlewatkan dan tanpa disadari oleh banyak orang.

4.       Menghilangkan Kebiasan Boros dengan Berhemat

Jika Anda sudah berhasil mengidentifikasi kebiasaan boros yang dilakukan, itu berarti Anda bisa langsung memulai dengan mencoba pola hidup berhemat. Tips sederhananya yakni melakukan pemotongan dana yang biasa dipakai untuk beberapa kebiasaan yang ada. Seperti, jika Anda sering membeli makan diluar Anda dapat mencoba untuk memasaknya sendiri dirumah.

Apabila sering nongkrong bersama teman di cafe atau kedai, Anda bisa menguranginya yang mungkin sebelumnya 3x seminggu Anda ubah menjadi 1x seminggu. Jika Anda perokok aktif yang sehari bisa membeli rokok sampai 2 bungkus, mulailah kurangi dengan hanya membeli 1 bungkus saja atau bahkan beli setengah bungkus untuk satu hari.

Itu ada beberapa contoh kebiasaan yang pastinya sering Anda lakukan tanpa sadar dapat membuat pengeluaran Anda membengkak.

5.       Membutuhkan Bantuan Orang Sekitar

Cara tersebut adalah cara paling sederhana, ketika Anda ingin mewujudkan kebiasaan menabung, cobalah untuk meminta keluarga, saudara dan kerabat untuk mengingatkan jika Anda ingin mengeluarkan dana untuk berbagai keperluan.

Lewat dukungan dari orang-orang terdekat tentu akan memacu diri Anda agar tetap berada dijalur yang tepat dalam upaya menabung supaya bisa mencapai target-target yang diinginkan

6.       Mengutamakan Konsistensi

Apabila sudah mampu menyisihkan uang, Anda harus mencoba untuk menyisihkannya dengan jumlah yang sama setiap harinya. Jika terasa berat untuk disisihkan, kurangi lagi nominalnya sampai Anda merasa nyaman.

Walaupun menabung dengan jumlah dana yang lebih sedikit tapi dilakukan secara konsisten tentu Anda akan tetap merasakan kenikmatannya di masa depan. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda tidak menabung sama sekali. Pastinya percuma saja jika Anda bisa menabung dalam jumlah besar tapi tidak bisa konsisten, apalagi berdampak terhadap dana yang wajib untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

 

Related Posts