Home Administrasi Bagaimana Cara Cek Pajak Online Jakarta dan Cara Bayarnya?

Bagaimana Cara Cek Pajak Online Jakarta dan Cara Bayarnya?

by Lara Nifa
Bagaimana Cara Cek Pajak Online Jakarta dan Cara Bayarnya?

Tentunya, Anda pernah mendengar slogan ‘orang bijak taat bayar pajak’. Pastinya, slogan tersebut memiliki pesan moral bahwa sebagai warga negara yang baik, kita harus taat membayar pajak. Baik itu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) maupun Pajak Kendaraan Bermotor.

Nah, bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, saat ini Anda dapat cek pajak dan membayarnya secara online. Pastinya, kemudahan tersebut tidak boleh Anda sia-siakan. Apalagi, bagi Anda yang berdomisili di DKI Jakarta, Anda dapat melakukan cek pajak online Jakarta dan membayarnya secara online tanpa antre. 

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak cara cek pajak online Jakarta dan cara bayarnya untuk pajak kendaraan bermotor berikut ini.

Cara Cek Pajak Online Jakarta untuk Kendaraan Bermotor

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor, tentunya Anda ingin tepat waktu dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Pastinya, sebelum membayar pajak, Anda harus cek terlebih dahulu besaran pajak kendaraan bermotor Anda.

Adapun cara cek pajak online Jakarta untuk kendaraan bermotor baik mobil maupun motor adalah sebagai berikut.

Cek di Website Pemerintah DKI Jakarta

Kabar gembira, bagi Anda pemilik kendaraan bermotor karena Anda tidak perlu antri lagi di kantor polisi untuk membayar pajak. Itu karena pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan layanan cek pajak kendaraan bermotor melalui website.

Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi halaman website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Halaman website tersebut dapat Anda buka di browser komputer maupun smartphone Anda.
  • Masukkan data yang diminta, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Polisi kendaraan Anda. Lalu, klik proses.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar komputer atau smartphone Anda menampilkan data pajak kendaraan bermotor Anda.

Cek Melalui Short Message Service (SMS)

Selain mengunjungi website Samsat, Anda juga dapat cek pajak kendaraan bermotor melalui SMS dengan menggunakan ponsel Anda. Caranya cukup mudah yaitu ketik secara hati-hati: INFO (spasi) RANMOR (spasi) NOMOR POLISI KENDARAAN BERMOTOR ANDA secara lengkap. Lalu, kirim SMS tersebut ke 8893.

Tunggulah beberapa saat sampai dengan Anda menerima SMS balasan dari pihak terkait, yaitu Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Umumnya, SMS balasan akan berisi merek kendaraan, warna, tipe, masa berlaku STNK sampai dengan jatuh tempo STNK kendaraan Anda. Bagaimana mudah bukan cek pajak online Jakarta?

Menggunakan Kode Panggilan USSD

Selain cek pajak online melalui SMS, Anda juga dapat cek pajak kendaraan bermotor menggunakan kode panggilan USSD. Artinya, Anda dapat menggunakan panggilan telepon dengan menggunakan kode USSD (unstructures supplementary service data). 

Adapun cara cek pajak online Jakarta menggunakan kode USSD adalah sebagai berikut.

  • Buka log panggilan di smartphone Anda. Tekan *368*1#, lalu tekan panggilan.
  • Setelah itu, layar smartphone Anda akan menampilkan beberapa menu layanan informasi. Bagi Anda yang ingin cek pajak kendaraan bermotor, tekan nomor 2 yang berisi info pajak Ranmor.
  • Kemudian, masukkan nomor polisi kendaraan Anda dengan lengkap.
  • Selanjutnya, tekan OK atau kirim. Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan informasi yang Anda inginkan.

Cek Melalui Aplikasi Pajak Kendaraan Bermotor Jakarta

Satu lagi cara mudah cek pajak online Jakarta tanpa antri, yaitu menggunakan aplikasi. Anda dapat cek pajak kendaraan bermotor Anda menggunakan aplikasi pajak. Caranya sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi cek pajak kendaraan bermotor melalui android play store Anda.
  • Lalu, cek Ranmor dan Pajak DKI. Selanjutnya, masukkan nomor polisi kendaraan dan NIK Anda.

Pastinya, jika Anda mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar, aplikasi akan menampilkan data kepemilikan kendaraan bermotor Anda dengan benar. Itulah cara cek pajak online Jakarta yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa datang langsung ke kantor Samsat. 

Cara Bayar Pajak Online Jakarta Tanpa Antri

Perlu Anda ketahui, selain dapat cek pajak online Jakarta, Anda juga dapat melakukan pembayaran pajak secara online. Pastinya, Anda dapat melakukan pembayaran pajak secara online baik pajak penghasilan maupun pajak kendaraan bermotor.

Adapun cara membayar pajak secara online baik untuk pajak penghasilan dan kendaraan bermotor adalah sebagai berikut.

Cara Bayar Pajak Penghasilan dan Pajak Lainnya secara Online

Kabar gembira, bagi Anda yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta. Itu karena Anda dapat membayar pajak penghasilan dan pajak lainnya secara online tanpa datang ke kantor pajak. Layanan pajak online Jakarta ini disediakan oleh Bapenda DKI Jakarta.

Layanan ini melayani beberapa jenis pembayaran pajak, seperti: Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Usaha, Pajak Reklame sampai dengan Pajak Penghasilan. Adapun cara bayar pajak online menggunakan layanan website Bapenda DKI Jakarta adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi situs https://pajakonline.jakarta.go.id/
  2. Kemudian, registrasi terlebih dahulu menggunakan alamat email dan NIK.
  3. Setelah proses registrasi diverifikasi, Anda dapat melakukan login. Jika, Anda berhasil login dapat dipastikan Anda dapat menggunakan layanan beberapa jenis pembayaran pajak yang Anda inginkan.

Perlu Anda ketahui, proses pembayarannya dapat Anda lakukan melalui transfer bank baik datang langsung ke teller bank, melalui ATM sampai dengan internet banking. Bagaimana menurut Anda, mudah bukan cara bayar pajak online?

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor secara Online

Sama halnya dengan pajak lainnya, bayar pajak kendaraan bermotor juga dapat dilakukan secara online. Adapun cara pembayarannya adalah sebagai berikut.

Melalui E-Samsat

Tidak berbeda dengan cek pajak online melalui e-samsat, Anda harus mengunjungi website yang disediakan oleh Samsat Jakarta. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi situs e-samsat Jakarta yaitu: http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki
  2. Lalu, masukkan plat nomor polisi kendaraan bermotor dan NIK Anda. Tunggu beberapa saat sampai dengan website tersebut menampilkan data perpajakan kendaraan bermotor Anda.
  3. Setelah itu, catat konversi nomor polisi kendaraan bermotor Anda. Konversi tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran melalui ATM bank yang Anda pilih.
  4. Langkah selanjutnya, datangi ATM terdekat. Kemudian, pilih menu > pembayaran > pajak/penerimaan negara. Kemudian, masukkan kode Samsat sesuai ATM bank yang Anda miliki. Umumnya, kode Samsat untuk ATM Mandiri (60110), sementara untuk ATM BNI (1500).
  5. Selanjutnya, layar monitor ATM akan menampilkan data kendaraan bermotor Anda dan nominal pajak yang harus Anda bayar

Menggunakan Aplikasi E-Samsat

Selain mengunjungi website E-Samsat, Anda juga dapat membayar pajak kendaraan bermotor Anda melalui e-samsat. Adapun cara membayar pajak menggunakan aplikasi e-samsat adalah sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi samsat di play store smartphone Anda. Jika pengunduhan berhasil, buka aplikasi.
  2. Pastikan, Anda melakukan registrasi terlebih dulu di aplikasi tersebut. Kemudian, masukkan data kendaraan bermotor And, seperti: plat nomor kendaraan, NIK pemilik kendaraan, nomor rangka, alamat email dan nomor ponsel Anda.
  3. Setelah data terisi lengkap, klik Lanjutkan. Tunggu beberapa saat sampai layar ponsel Anda menampilkan informasi kendaraan bermotor Anda dan nilai nominal yang harus Anda bayarkan.
  4. Kemudian, klik setuju untuk melanjutkan ke proses pembayaran pajak. Setelah itu, Anda akan menerima kode pembayaran pajak. Nah, kode pembayaran pajak ini dapat Anda gunakan untuk mentransfer dana melalui ATM.

Pastinya, jika Anda sudah mendapatkan kode pembayaran pajak, Anda dapat langsung melakukan pembayaran pajak melalui ATM terdekat. 

Bayar Pajak Via SMS

Satu lagi bayar pajak kendaraan bermotor online, yaitu melalui SMS. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka layanan SMS di smartphone Anda. Kemudian, ketik: E-Samsat (spasi) NOMOR RANGKA (spasi) NIK Pemilik Kendaraan. Lalu, kirim SMS tersebut ke nomor 08112119211.
  2. Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan SMS balasan. Umumnya, SMS balasan berisi data kendaraan bermotor Anda, nominal tagihan pajak kendaraan Anda dan kode bayar.
  3. Setelah mendapatkan kode bayar, Anda dapat melakukan pembayaran pajak melalui ATM atau internet banking.

Itulah cara cek pajak online Jakarta dan cara bayarnya yang dapat Anda lakukan di rumah. Pastinya, dengan kemudahan tersebut dapat membantu Anda untuk lebih taat lagi membayar pajak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Related Posts