Home Perencanaan Atur Keuangan Belanja Agar Tidak Over Budget

Atur Keuangan Belanja Agar Tidak Over Budget

by Lara Nifa

Tidak dapat dipungkiri bila urusan uang belanja dalam satu bulan harus benar-benar dikelola dengan baik. Karena tanpa kita sadari, uang belanja seringkali kurang. Tentu saja, masalah ini terjadi karena kamu tidak melakukan pengaturan uang yang benar. Hasilnya sudah pasti ada overbudget yang seharusnya bisa kamu hindari. Maka daripada itu, kamu harus tahu bagaimana caranya agar saat belanja tidak terjadi over budget. Simak ulasannya di bawah ini, yuk. 

Cara Atur Keuangan Belanja Supaya Tidak Over Budget

Sebenarnya selama kamu tahu bagaimana cara mengatur keuangan belanja, maka tidak mungkin akan terjadi over budget. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar uang belanja tetap cukup dan tidak berlebihan: 

Mencatat Barang yang Dibutuhkan 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencatat semua barang yang diperlukan dalam satu bulan. Tentu saja, barang yang perlu kamu catat adalah kebutuhan pokok. Misalnya kebutuhan beras dalam satu bulan, lauk pauk, alat kebersihan tubuh dan rumah, serta lain sebagainya. 

Dari catatan ini, maka kamu bisa mengetahui berapa kisaran pengeluaran yang perlu kamu keluarkan dalam sebulan. Bila kamu ingin tahu berapa harga setiap barang kebutuhan tersebut, maka bisa menggunakan catatan belanja bulan lalu. Karena dengan begini, kamu bisa menghitung kebutuhan sesuai dengan catatan. 

Mencari Diskon 

Ketika kamu sedang berbelanja kebutuhan bulanan, tidak ada salahnya mencari barang diskonan. Dimana dengan begini, maka kamu bisa menghemat beberapa barang yang mungkin memang kamu butuhkan. Terlebih lagi, ada beberapa supermarket atau minimarket yang selalu memberikan diskon untuk barang pokok. 

Harga yang Lebih Murah

Cara selanjutnya adalah jelas dari melihat harga yang lebih murah. Kamu pasti tahu bahwa dalam satu jenis barang, ada banyak brand. Contohnya adalah sabun cuci baju yang mana memiliki banyak brand. Nah, tidak ada salahnya kamu membeli brand lain yang lebih murah. Selama fungsi yang kamu butuhkan sama, maka tidak masalah membeli yang lebih murah. 

Selalu Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan 

Agar kamu tidak berlebihan dalam berbelanja bulanan adalah dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan terperinci. Hal ini sendiri sangatlah penting sekali agar kamu bisa mengawasi dengan benar berapa banyak uang masuk dan berapa yang dikeluarkan. Sehingga ketika kamu sudah hampir mendekati batas pengeluaran per bulan, maka lebih baik segera menahan diri. 

Bayar Tagihan Penting Terlebih Dahulu 

Cara selanjutnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan membayar tagihan penting terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kamu mengatur uang belanja dengan lebih mudah. Karena dengan membayar tagihan yang penting, kamu tidak akan khawatir dengan pembayaran lainnya. Sehingga bisa berbelanja sesuai kebutuhan dan juga budget yang telah disiapkan. 

Jangan Membeli Barang di Luar Daftar 

Agar kamu tidak overbudget ketika berbelanja bulanan adalah jangan membeli barang yang di luar daftar. Hal ini sendiri sangatlah penting sekali untuk kamu perhatikan. Karena ketika kamu membeli barang yang di luar daftar, maka sudah pasti akan ada pengeluaran yang tidak terduga dan ini bisa menyebabkan pengeluaran tak terkontrol. Maka daripada itu, sangatlah disarankan agar kamu tidak membeli barang tanpa direncanakan terlebih dahulu. 

Hindari Belanja Online 

Salah satu hal yang harus kamu hindari adalah berbelanja online. Memang di beberapa marketplace memang memberikan banyak promo dan diskon. Tapi, ternyata untuk harga yang dipasang sudah pasti lebih tinggi. Sediakanlah waktu untuk membeli barang kebutuhan di toko offline. Apalagi untuk kebutuhan sayur mayur yang bisa kamu beli di pasar tradisional yang jelas jauh lebih murah. 

Pahami Kebutuhan dan Keinginan 

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memahami kebutuhan dan keinginan. Bedakan keduanya dengan sangat jelas, karena ketika kamu tidak bisa membedakannya, maka akan membuat pengeluaran menjadi membengkak. Maka daripada itu, lebih baik kamu memastikan bahwa kamu memenuhi kebutuhan terlebih dahulu dan menekan keinginan. Dengan begini, maka kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih mudah lagi dan juga tidak ada masalah. 

Dengan menggunakan cara di atas, maka kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik supaya tidak terjadi over budget. Karena dengan mengatur keuangan yang baik, maka sudah pasti kebutuhan bulanan tetap akan terpenuhi dan kamu tidak akan banyak kesulitan. 

Jadi, apakah kamu sudah siap mengikuti cara di atas? Dimana kamu sendiri bisa mendapatkan kondisi finansial yang lebih baik. Karena mengatur keuangan sendiri sangatlah penting sekali agar kedepannya kamu bisa hidup lebih tenang. Terlebih di kondisi ekonomi seperti sekarang yang semakin lama semakin mahal harganya. Jadi, pastikan kamu bisa mengatur uang dengan sangat baik agar belanja tidak overbudget dan kebutuhan terpenuhi. 

Related Posts