Home Tips Apakah Healing Perlu? Arti Healing Sebenarnya dan Tips Melakukannya

Apakah Healing Perlu? Arti Healing Sebenarnya dan Tips Melakukannya

by Lara Nifa

Dewasa ini banyak orang atau pengguna media sosial menyebutkan istilah “healing” yang sekarang jadi semakin populer. Pada umumnya yang menggunakan istilah tersebut merupakan kalangan muda masa kini yang memiliki banyak arti.

Sebagai contohnya, jika ada orang yang ingin mengatakan bahwa ia memiliki keinginan untuk pergi liburan maka, akan menggunakan kata dan istilah “healing”. Selain itu, istilah tersebut juga banyak diartikan dengan perasaan yang enak dan sejenisnya, bahkan ada juga yang menggunakan makna dari istilah tersebut dengan “penyembuhan” sesuatu.

Makna dari Healing yang Sebenarnya

Harus diingat bahwa kata “healing” berasal dari bahasa inggris yang sudah ada sejak dahulu dan cukup lama. Jika menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sendiri, “healing” punya arti “penyembuhan” yang sekarang menjadikannya cukup populer di media sosial.

Sebab, cukup banyak yang memakai kata tersebut yang menjadikannya sebagai istilah sebagai ungkapan perasaan yang senang. Sering dijumpai pada beberapa unggahan status dan unggahan foto dan video yang banyak beredar di media sosial. Bahkan tidak jarang mereka menuliskan istilah tersebut dalam sebuah kolom komentar, keterangan unggahan dan masih banyak yang lainnya.

Maka tidak heran jika sekarang banyak yang ikut menggunakan istilah tersebut dan mengaitkan dengan sesuatu yang memiliki berhubungan dengan penyembuhan jiwa, batin, dan perasaan dan juga bisa penyembuhan pikiran. Maka dari itu, semakin lama muncul juga istilah yang mengikutinya yakni istilah “self healing” yang juga diartikan dengan “penyembuhan diri sendiri” yang semakin populer, khususnya di kalangan anak muda kekinian.

Sebenarnya dalam dunia psikologi pun, istilah “healing” juga diartikan dengan meringankan beban terhadap mental dan meringankan beban pada jiwa dan pikiran yang cukup berat. Sehingga, singkatnya bisa dikatakan bahwa “healing” sendiri juga diartikan sebagai penyembuhan emosi dengan cara memberikan hal-hal yang positif kepada jiwa dan emosi.

Namun, dalam istilah anak muda sendiri, singkatnya bahwa makna dari “healing” adalah pergi berlibur,  pergi ke lokasi wisata, jalan-jalan, dan sejenisnya. Semua itu, bertujuan agar bisa melepas penat dan melepas berbagai beban pikiran yang bisa menyebabkan stres karena lelah bekerja dan beraktivitas.

Tips Menjalankan Healing 

Secara sederhana, jika berdasarkan istilah zaman sekarang yang sering digunakan oleh anak muda kekinian memang “healing” diartikan dengan penyembuhan jiwa atau perasaan. Hal itu juga bisa dilakukan sendiri dan bisa juga dilakukan dengan ahli profesional.

Berikut ini adalah tips melakukan healing secara pribadi yang bisa dicoba sendiri. Simak yuk!

Mindfulness

Pertama-tama yang bisa dicoba adalah mindfulness, yang merupakan metode dalam mencoba latihan fokus terhadap suatu kondisi lingkungan yang ada di sekitar seorang dan juga apa saja emosi yang sedang dialami dan apa saja emosi yang sedang dirasa. 

Jika hendak menjalankan self healing, maka metode ini tidak begitu susah dijalankan sebab, bisa dilakukan dengan cara menutup mata, kemudian bisa sembari melakukan tarikan dan hembusan nafas dengan sadar. Selain itu, fokuskan pada pikiran dan emosi yang ada pada sekitar, mengenai apa saja yang dirasakan.

Memaafkan Diri Sendiri Setelah Luka Batin

Memang setiap orang memiliki luka dalam batinnya masing-masing yang tidak bisa dengan mudah sembuh. Ternyata, salah satu alasannya adalah tidak berusaha memaafkan diri sendiri.

Meskipun, tidak mudah dilakukan namun bisa coba pelan-pelan memaafkan diri sendiri dan menerima apa saja kenyataan yang ada. Harus bisa mulai menerima bahwa semua kesalahan bisa terjadi dan itu adalah hal yang terjadi karena diluar kendali sendiri.

Meskipun adanya masalah karena masih dalam kendali maka, pikirkan bahwa tidak ada yang 100% sempurna. Harus bisa belajar dari kesalahan agar tidak mengulanginya lagi. Dengan begitu, maka akan merasakan lebih tenang.

Menyediakan Waktu Me Time

Dalam poin ini juga tidak kalah penting dalam menjalankan healing yang sesungguhnya. Menyediakan waktu me time atau waktu yang digunakan untuk diri sendiri juga sangatlah penting.

Sebagai contoh, pergi ke lokasi wisata sendirian, berdiam diri dan membaca buku dengan santai sendirian di rumah. Tidak itu saja, meluangkan waktu untuk me time juga semacam meluangkan waktu sendirian saja dengan cara yang santai.

Sebab, bagaimanapun juga seseorang pasti akan jenuh jika terlalu lama bersama dan bertemu dengan banyak orang. Maka dari itu, solusinya dengan me time. Menggunakan waktu me time juga bisa membantu lebih bisa merenung, memaafkan diri sendiri.

Positive Self Talk

Tidak kalah pentingnya dalam poin ini adalah dengan memberikan kata-kata positif yang bisa memberikan semangat dan membangun kepada diri sendiri agar bisa lebih mudah menerima diri sendiri. Selain itu, positive self talk juga penting agar bisa memiliki kepercayaan diri yang bisa lebih meningkat dan bantu terhindar dari pikiran-pikiran negatif.

Related Posts