Home Tabungan Apa Untungnya Memiliki Tabungan Berjangka

Apa Untungnya Memiliki Tabungan Berjangka

by Lara Nifa
Apa Untungnya Memiliki Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka merupakan salah satu jenis simpanan yang dapat membantu untuk siapa saja yang memang memiliki kesulitan menabung. Apakah Anda termasuk seseorang yang menyadari bila mempunyai tabungan adalah hal penting dalam perencanaan masa depan.

Namun, pasti akan ada godaan setiap kali ingin menyisihkan uang untuk ditabung. Hasilnya rencana tersebut pun berakhir hanya sekedar wacana dan nominal saldo Anda tidak bertambah. Karena itu, memiliki tabungan berjangka mungkin dapat menjadi solusi bagi Anda.

Apa itu tabungan berjangka?

Tabungan berjangka merupakan jenis simpanan yang memiliki jangka waktu penyimpanan sesuai keinginan nasabah, Anda bisa menyimpan selama 1 tahun sampai dengan 20 tahun. Jenis tabungan ini dikenal juga sebagai tabungan rencana yang bisa dibuka dengan tujuan tertentu.

Tabungan berjangka ini menjadikan nasabah dapat menabung dengan rutin sesuai nominal yang telah ditetapkan pada setiap bulannya seperti kesepakatan. Berbeda dengan tabungan biasa, simpanan berjangka tidak memperbolehkan Anda untuk menarik uang tersebut sebelum waktunya, walaupun sebagian.

Apabila Anda benar-benar membutuhkan dana tersebut dan ingin menariknya, maka nantinya Anda akan dikenakan denda atau penalti.

Bunga dan keuntungan dari tabungan berjangka

Tidak hanya memberikan kemudahan untuk menabung dengan cara otomatis, tabungan berjangka juga memiliki banyak keuntungan, seperti suku bunga yang lebih besar dibandingkan tabungan biasa.

Semakin lama Anda menabung, maka keuntungan Anda menjadi lebih besar. Tidak hanya itu saja, silahkan simak beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapatkan.

  • Suku bunga yang lebih menguntungkan

Suku bunga simpanan berjangka dapat mencapai empat hingga lima persen per tahunnya. Angka tersebut lebih tinggi dari suku bunga pada tabungan konvensional yang berkisar antara 0,25% hingga 2% tiap tahun.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam menyimpan uang pada tabungan berjangka menjadi lebih besar dibanding tabungan biasa. Semakin lama Anda mengambil jangka waktu, maka keuntungan yang didapat akan semakin besar.

  • Dana setoran tabungan rendah

Menabung pada jenis tabungan ini bukan berarti Anda harus menyisihkan dana dalam jumlah besar. Banyak bank yang menawarkan setoran di awal dengan cukup terjangkau, yakni di antara Rp 100.000,- hingga Rp 500.000,-

Hal ini menjadikan simpanan bisa menjadi milik siapapun, dari mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga first jobber. Untuk setoran rutinnya minimal sebesar Rp 100.000,-

  • Membantu kedisiplinan dalam mengatur keuangan

Sistem yang digunakan tabungan berjangka adalah autodebet dan akan secara otomatis memotong dana dari rekening utama. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam kedisiplinan mengatur keuangan.

Dengan adanya sistem tersebut, maka nasabah tidak memiliki alasan untuk melewatkan waktu menabung. Karena sudah secara otomatis akan terpotong dan dikirim ke rekening tabungan berjangka,

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh nasabah adalah semakin mudahnya mereka mencapai target tabungan. Karena simpanan berjangka ini tidak memperbolehkan Anda untuk menarik dana sebelum waktunya.

  • Dana tabungan dijamin aman

Dengan menggunakan fitur autodebet pada simpanan berjangka, memberi Anda keuntungan untuk keamanan dana. Selain itu memilih untuk menyimpan uang Anda di bank jauh lebih aman daripada disimpan di rumah.

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki simpanan berjangka, Anda harus dapat memilih dengan cermat bank yang bisa Anda percaya dan bank tersebut haruslah anggota dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

  • Dilengkapi dengan asuransi jiwa

Karena kini banyak sekali jenis dari produk simpanan berjangka dengan dilengkapi oleh asuransi jiwa. Tetapi asuransi yang mereka tawarkan pun berbeda-beda.

Beberapa bank memiliki asuransi jiwa khusus untuk cacat total maupun meninggal dunia. Tetapi ada juga memberikan penawaran dengan jaminan untuk memenuhi setoran sekalipun nasabah tidak lagi dapat melanjutkannya.

Cara kerja tabungan berjangka

Tidak terlalu sulit bagi Anda untuk dapat memahami cara kerja simpanan ini, karena secara umum cara kerjanya serupa dengan tabungan lainnya, hanya dilakukan secara autodebet.

Pertama, nasabah melakukan kesepakatan bersama pihak bank mengenai jangka waktu, besaran untuk setoran dan bulanan ketika Anda mengajukan pembukaan tabungan. Ketika semua telah disetujui, Anda hanya harus mempercayakan segalanya pada sistem.

Pada setiap bulannya di tanggal yang ditentukan, dengan otomatis bank akan memotong dari rekening utama Anda sesuai dengan jumlah yang disepakati. Dana tersebut nantinya akan berpindah ke rekening tabungan berjangka dan semakin bertambah.

Hal tersebut akan terus berlangsung dengan otomatis sesuai dengan jangka waktu yang Anda pilih, mulai 1 tahun hingga 20 tahun. Oleh karena itu, Anda harus memastikan jika saldo pada rekening utama mencukupi untuk melakukan autodebet. Bila tidak, Anda akan dianggap menunggak dan tabungan Anda bisa saja mengalami kendala.

Anda sebagai nasabah memiliki hal untuk mengecek saldo secara rutin via e-statement yang biasanya akan dikirim oleh pihak bank, bisa melalui aplikasi mobile maupun email dan ketika sudah berada pada akhir periode, Anda mendapatkan total dari dana yang Anda tabungkan secara rutin beserta dengan bunganya.

Related Posts