Home Tabungan Apa Saja Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank

Apa Saja Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank

by Lara Nifa
Apa Saja Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank

Perbedaan dari lembaga keuangan bank dan bukan bank dapat secara jelas diketahui melalui contoh lembaganya. Seperti Bank Sentral, BPR dan Bank Umum. Ketiganya merupakan LKB yang dimiliki oleh Indonesia. Sedangkan lembaga keuangan bukan bank meliputi, koperasi, leasing, pegadaian, saham dan dana pensiun.

Berikut di bawah ini perbedaan antara LKB (Lembaga Keuangan Bank) dengan LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank), yaitu :

Lembaga keuangan bank

  1. Fungsi utama dari LBK adalah dapat menerima serta mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat berupa deposito, tabungan dan giro.
  2. Kegiatan yang dilakukan oleh LBK seperti pembukaan rekening untuk giro, deposito, tabungan, setoran langsung serta pembayaran kartu kredit.
  3. LBK akan memberikan pinjaman berupa uang guna pembiayaan pendidikan, usaha dan lain sebagainya.
  4. Jenis-jenis LBK, yaitu Bank Sentral, BPR dan Bank Umum.
  5. LKB berperan sebagai perantara bagi nasabah yang akan melakukan transaksi, misalnya mengirim uang, pembelian produk sampai dengan penjualan valas.

Lembaga keuangan non bank

  1. LKBB tidak dapat melakukan penghimpunan dana secara langsung yang berasal dari masyarakat berupa tabungan, namun dalam surat berharga.
  2. LKBB melakukan aktivitas, seperti pemberian kredit, penjualan saham, penyertaan modal serta kegiatan keuangan lain yang memperoleh persetujan dari menteri.
  3. LKBB dapat memberikan pinjaman berupa modal yang dikelola oleh pemilik usaha yang ingin mengembangkan usahanya.
  4. Jenis-jenis perusahaan LKBB, yaitu leasing, lembaga gadai, perusahaan asuransi dan dana pensiun.
  5. LKBB berperan sebagai perantara bagi perusahaan yang ada di dalam dan luar negeri yang memang membutuhkan modal guna mengembangkan usahanya.

Persamaan lembaga keuangan bank dan non bank

Meski mempunyai peran dan fungsi yang berbeda, LKBB dan bank tetap memiliki kontribusi sama guna membangun ekonomi negara agar menjadi lebih baik.

Lembaga keuangan non bank dan bank sama-sama melakukan pengelolaan dana yang dikumpulkan dari masyarakat guna memenuhi kegiatan produktif yang memiliki manfaat bagi negara serta dapat mensejahterakan masyarakat.

Contoh dari lembaga keuangan bank

Indonesia memiliki tiga ketegori untuk LKB, yaitu :

  • Bank Sentral

Bank Sentral di Indonesia di pegang oleh BI (Bank Indonesia), memiliki tugas utama dalam hal menjaga nilai dari mata uang agar tetap stabil, baik barang maupun jasa serta nilai tukar pada mata uang asing.

Bank sentral juga memiliki peras untuk mencetak uang, memberikan pinjaman, penetapan suku bunga dan menjaga keseimbangan keuangan. Berikut adalah tugas pokoknya :

  • Menjalankan dan menetapkan kebijakan moneter serta mengontrol jumlah peredaran uang dimasyarakat juga mengatur besaran dari suku bunga.
  • Menjaga kelancaran dalam pembayaran serta produksi dengan mengeluarkan dan menarik peredaran uang dengan menaikkan suku bunga.
  • Bank Umum

Berperan dalam pelaksanaan aktivitas keuangan dengan cara konvensional maupun syariah menggunakan cara penghimpunan dan penyaluran dari masyarakat untuk yang membutuhkan bantuan dana.

Selain itu juga memiliki peran sebagai perantara bagi pihak pemodal dengan yang membutuhkan modal, hingga dana tersebut dapat dikelola secara baik demi kepentingan bersama.

  • Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Peran dari BPR pada umumnya serupa dengan bank umum. Bedanya BPR tidak memiliki layanan simpanan giro maupun valas. Berikut di bawah ini tugas dari BPR, seperti :

  • Mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat berupa tabungan sampai dengan deposito berjangka.
  • Layanan pembiayaan yang disesuaikan dengan prinsip syariah.
  • Memberikan bantuan kredit usaha.

Contoh dari lembaga keuangan non bank

Ada begitu banyak jenis dari LKBB di Indonesia, seperti :

  • Koperasi Simpan Pinjam

Peran dari koperasi simpan pinjam adalah menyimpan serta memberikan pinjaman untuk anggotanya menggunakan prinsip kekeluargaan, skalanya jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan lembaga keuangan yang lain.

  • Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi merupakan LKBB menyediakan pelayanan berupa proteksi dengan melakukan ganti rugi berdasarkan resiko yang menimpa nasabah. Perusahaan ini juga melakukan penghimpunan dana dari konsumennya berupa premi yang wajib disetorkan tiap bulan sesuai dengan jenis asuransi serta nominal pilihan mereka.

  • Lembaga Gadai

Merupakan lembaga keuangan bukan bank yang memberikan pelayanan pada pembiayaan dengan adanya jaminan berupa barang berharga pada jangka waktu tertentu.

  • Perusahaan Pasar Modal

Perusahaan ini melakukan kegiatan di dalam pasar modal dan menghimpun dana dari masyarakat berupa jual beli saham, obligasi dan surat berharga. Pasar modal menjadi perantara bagi pemilik modal dan pemodal untuk melakukan transaksi.

  • Perusahaan Dana Pensiun

Merupakan salah satu jenis lembaga keuangan bukan bank yang memberikan pelayanan keuangan sebagai jaminan di masa tua. Dana yang dihimpun ini dengan melakukan pemotonggan penghasilan tiap bulan.

  • Leasing

Sewa guna usaha atau leasing merupakan layanan yang berupa pembiayaan produk atau barang berharga berbentuk kendaraan menggunakkan metode pembayaran cash serta angsuran.

Demikianlah informasi seputar LKB (Lembaga Keuangan) dan LKBB (Lembaga Keuangan Non/Bukan Bank) mengenai perbedaan keduanya serta lembaga yang termasuk didalamnya.

Related Posts