Home Tabungan Apa Kode Bank BRI?

Apa Kode Bank BRI?

by Lara Nifa
kode bank BRI

Bank BRI menjadi bank yang paling banyak diminati oleh para masyarakat. Selain memiliki banyak cabang, mayoritas masyarakat menggunakan bank BRI untuk melakukan aktivitas transaksi mulai dari transaksi bisnis, jual-beli atau menarik donasi. Bank BRI senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk para masyarakat pada berbagai tingkatan. Apakah Anda tahu manfaat dari Kode Bank BRI?

Mengapa kita perlu mengetahui beberapa kode bank? Apa pentingnya kode tersebut? Mungkin beberapa pertanyaan tersebut sempat terlintas di benak kita. Pertanyaan tersebut wajar dan tentu saja membutuhkan jawaban yang benar.

Penting tidaknya dalam mengetahui kode bank tersebut memiliki sifat yang relatif, kembali pada individu tersebut. Namun jika kita termasuk dari orang-orang yang sering melakukan transaksi secara online, hal tersebut memanglah penting.

Memahami kode bank milik BRI

Kode Bank BRI merupakan kode berupa angka yang digunakan untuk melakukan transfer uang pada rekening Bank BRI. Apabila hendak melakukan suatu transaksi pada rekening Bank BRI, maka kode bank BRI tersebut harus dimasukkan pada mesin ATM, internet banking ataupun mobile banking. Kode transaksi untuk Bank BRI maupun kode transaksi bank lainnya memiliki tiga digit angka. Dari masing-masing bank mempunyai kode bank yang berbeda juga.

Untuk Anda yang biasanya menggunakan ATM BRI dalam melakukan aktivitas transaksi mengenai keuangan dan juga ingin transfer antar bank lain, Anda wajib mengetahui kode dari beberapa bank yang sering dipakai. Oleh karena itu sebelum melakukan kegiatan transaksi antar bank Anda perlu mengetahui kode bank tersebut agar tidak menimbulkan kendala pada saat transaksi. Untuk kode bank BRI sendiri yaitu 002.

Ada cara alternatif bagi Anda yang tidak mengetahui kode-kode miliki bank lain, yaitu dengan cara mengeceknya melalui mesin ATM ketika akan melakukan kegiatan transaksi. Dikarenakan kode bank tersebut sangat banyak dan akan menguras waktu Anda serta membuat antrian panjang, oleh karena itu mengetahui beberapa kode bank yang sering Anda gunakan dapat menjadi sebuah cara dalam efisiensi waktu.

Cara transfer antar bank

Transaksi keuangan yang biasanya digunakan yaitu transfer. Apalagi pada saat ini semakin maraknya bisnis online yang mewajibkan kita untuk melakukan pembayaran secara online, oleh karena itu pada saat ini kita diwajibkan untuk mengetahui kode bank untuk dapat memperlancar proses dalam kegiatan bertransaksi.

kode bank BRI

Untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan dalam bertransaksi melalui ATM, maka langkah ini dapat Anda ikuti, yaitu: memasukkan kartu Anda dan memastikannya agar tidak terbalik, dan jika untuk pertama kali menggunakan ATM dapat memasukkan kartu yang memiliki logo emas dan mengarah ke dalam. Selanjutnya memilih bahasa, Indonesia atau English. Kemudian beberapa opsi pilihan, pilih menu lainnya dan transfer.

Kemudian Anda perlu memasukkan nomor rekening yang dituju. Di bagian ini merupakan bagian paling penting, karena perlu memasukkan kode bank pada bagian depan dan dilanjutkan oleh nomor rekening bank lain yang akan dituju. Contohnya rekening Anda BCA dan hendak mengirim uang ke BRI, maka perlu memasukkan kode 002 dan dilanjutkan nomor rekening yang akan dituju. Jangan sampai lupa kode tersebut karena jika lupa akan membuat transaksi mengalami kendala.

Dan yang terakhir pastikan bahwa transaksi yang dilakukan telah berhasil, kemudian tunggu struk transaksi keluar dan ambil kembali kartu Anda.

Manfaat dari menggunakan kode bank

Banyak keuntungan yang diperoleh apabila kita mengetahui beberapa kode bank yang ada di Indonesia baik itu bank swasta atau pemerintah untuk digunakan pada saat bertransaksi jual beli secara online. Keuntungan yang akan diperoleh tersebut yaitu:

  • Menjadi lebih praktis

Bagi yang mempunyai aktivitas dalam bertransaksi online, tentu saja mengetahui kode bank menjadi hal yang penting. Hal tersebut dikarenakan kita tidak perlu repot-repot lagi ke bank maupun ATM terdekat ketika hendak melakukan aktivitas transfer uang. Kita hanya perlu melakukan transfer secara online, oleh karena itulah kode bank memiliki sifat yang lebih praktis untuk memudahkan transaksi antar bank.

  • Ekonomis

Seperti yang telah disebutkan tadi, dengan melakukan aktivitas transfer secara online pada beberapa bank kita tidak perlu untuk repot lagi keluar rumah. Hal tersebut tentu saja membuatnya ekonomis, pasalnya kita tidak perlu berkendara atau mengeluarkan ongkos untuk mengunjungi ATM.

  • Simpel

Dalam melakukan aktivitas transfer online tentu saja menjadi lebih simpel. Hal tersebut dikarenakan kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mengunjungi bank maupun ATM dan mengantri. Hanya dengan membuka suatu aplikasi bank maupun situs bank yang kemudian kita dapat melakukan kegiatan transfer uang.

Maka dari itu sebelum hendak melakukan transaksi antar bank lain, Anda perlu mengetahui kode Bank BRI atau juga beberapa bank lainnya. Apabila salah dalam memasukkan kode bank tersebut, maka transaksi yang sedang dilakukan tidak dapat berjalan dengan lancar.

Related Posts