Home Regulations Apa Itu SWDKLLJ pada STNK? Berikut Ini Fungsi, Manfaat, dan Tarifnya

Apa Itu SWDKLLJ pada STNK? Berikut Ini Fungsi, Manfaat, dan Tarifnya

by Lara Nifa
Apa Itu SWDKLLJ pada STNK? Berikut Ini Fungsi, Manfaat, dan Tarifnya

Bagi Anda yang mempunyai kendaraan bermotor, pasti juga dilengkapi di STNK. Di dalam STNK ini berisi beberapa detail tentang kendaraan bermotor, di mana salah satunya adalah SWDKLLJ. Sudah pasti keterangan lain pada STNK bisa dimengerti dengan mudah, tapi apa itu SWDKLLJ? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya berikut ini: 

Apa itu SWDKLLJ?

SWDKLLJ merupakan singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Dana ini sendiri wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan atau alat transportasi lainnya. Adanya SWDKLLJ ini juga menjadi bentuk pertanggungjawaban dari si pemilik kendaraan bermotor apabila terjadi kecelakaan dan mengakibatkan orang lain terluka. 

Sehingga bisa disimpulkan bahwa SWDKLLJ ini adalah asuransi yang dibayarkan beberangan dengan pajak kendaraan. Besaran biayanya juga sudah ditetapkan oleh pemerintah dan didasarkan oleh tipe kendaraan yang digunakan. Sehingga ketika terjadi kecelakaan dan ada korban, dana dari SWDKLLJ ini akan dikumpulkan dan menjadi santunan untuk mereka. 

Fungsi dari SWDKLLJ

Sudah disinggung sebelumnya bahwa SWDKLLJ ini adalah sebuah asuransi atau jaminan yang dibayarkan bersamaan dengan pajak kendaraan. Jaminan atau asuransi ini diberikan ketika pemilik kendaraan mengalami kecelakaan lalu lintas. 

Membayar SWDKLLJ, maka Anda secara otomatis akan masuk sebagai bagian dari program jaminan yang yang diatur oleh Jasa Raharja. Sehingga, ketika pemilik kendaraan mengalami kecelakaan lalu lintas dan merupakan tulang punggung bagi keluarga, akan ada uang santunan yang diberikan. 

Sehingga sudah terlihat pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu, karena di dalamnya ada jaminan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor. 

Manfaat dari SWDKLLJ

SWDKLLJ ini juga mempunyai manfaat yang sangat besar untuk masyarakat. Salah satu yang paling utama adalah perlindungan terhadap pengguna jalan, di mana tidak hanya untuk pemilik kendaraan tapi juga untuk pejalan kaki, penumpang transportasi umum, penyeberang jalan dan pengendara sepeda. 

Apabila seseorang yang berada di jalan atau area lalu lintas mengalami kecelakaan, misalnya tertabrak maka akan ada santunan yang diberikan. Besarannya pun sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh Jasa Raharja dan diambil dari SWDKLLJ. 

Biaya yang ditanggung adalah seperti ambulan, pengobatan, perawatan sampai penguburan apabila korban kecelakaan meninggal dunia. Santunan yang diberikan ini nantinya akan diterima oleh ahli waris jika yang mengalami musibah kecelakaan telah meninggal dunia. 

Tarif SWDKLLJ yang Ditetapkan Menteri Keuangan 

Ada pun tarif yang dikenakan pada SWDKLLJ ini dan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36 Tahun 2008, di mana besaran tarifnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk sepeda motor dengan kapasitas di bawah 50 cc, mobil jenazah, mobil ambulance serta mobil milik pemadam kebakaran tidak dikenakan biaya SWDKLLJ. 
  • Untuk bulldozer, forklift, traktor, mobil derek, crane dan lain sebagainya dikenakan biaya SWDKLLJ sebesar 20 ribu rupiah. 
  • Sepeda motor dengan kapasitas di atas 50 cc hingga 250 cc serta kendaraan bermotor dengan roda 3 akan dikenakan SWDKLLJ sebesar 32 ribu rupiah. 
  • Sepeda motor dengan kapasitas lebih dari 250 cc akan dikenakan biaya SWDKLLJ sebesar 80 ribu rupiah. 
  • Mobil barang atau pickup 2.400 cc, jeep, sedan, serta mobil penumpang tapi bukan angkutan umum dikenakan 140 ribu rupiah.
  • Mobil penumpang yang berfungsi sebagai angkutan umum hingga 1.600 cc dikenakan 70 ribu rupiah. 
  • Mikro bus dan bus yang bukan untuk angkutan umum akan dikenakan biaya SWDKLLJ sebesar 150 ribu rupiah. 
  • Mikro bus serta bus yang ditujukan sebagai angkutan umum dan mobil penumpang khusus untuk angkutan umum dengan mesin lebih 1.600 cc akan dikenakan biaya 87 ribu rupiah. 
  • Mobil tangki, mobil barang, truk, mobil gandeng dengan mesin lebih dari 2.400 cc dan lain sebagainya akan dikenakan biaya SWDKLLJ sebesar 160 ribu rupiah.

Adapun biaya tambahan untuk seluruh kendaraan yang disebutkan sebesar 3.000 rupiah, di mana biaya ini digunakan mengganti pembuatan kartu dan sertifikat. 

Besaran Santunan yang Diberikan dari Jasa Raharja 

Adapun besaran santunan dari SWDKLLJ yang akan diberikan oleh Jasa Raharja, berikut ini adalah daftarnya: 

Angkutan darat dan laut

  • Bila korban meninggal dunia, santunan yang diberikan sebesar 50 juta rupiah. 
  • Bila korban mengalami cacat permanen, maka biaya santunan sebesar 50 juta rupiah. 
  • Bila dilakukan perawatan, santunan yang diberikan sebesar 20 juta rupiah. 
  • Biaya penguburan apabila korban tidak mempunyai ahli waris, besaran santunan adalah 4 juta rupiah dan diberikan kepada yang mengubur. 
  • Penggantian biaya P3K sebesar 1 juta rupiah. 
  • Penggantian biaya ambulance sebesar 500 ribu rupiah. 

Angkutan udara 

Untuk korban dari angkutan udara, santunan yang diberikan sama, kecuali untuk biaya perawatan yaitu sebesar 25 juta rupiah. 

Demikianlah penjelasan tentang SWDKLLJ beserta fungsi, manfaat dan besaran tarifnya. Dari ulasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembayaran SWDKLLJ ini adalah untuk melindungi masyarakat.  

 

Related Posts