Apa Itu Perbedaan Bisnis dan Usaha

Siapa yang masih menganggap bahwa bisnis dan usaha adalah sama? Ya, keduanya ternyata mempunyai perbedaan yang sangat terlihat. Tapi, sayangnya masih ada yang menganggap bahwa

Lara Nifa

[addtoany]

Siapa yang masih menganggap bahwa bisnis dan usaha adalah sama? Ya, keduanya ternyata mempunyai perbedaan yang sangat terlihat. Tapi, sayangnya masih ada yang menganggap bahwa antara usaha dan bisnis adalah hal yang sama. Nah, agar Anda bisa lebih paham lagi, maka di bawah ini adalah beberapa perbedaan antara bisnis dan usaha secara garis besar. 

Perbedaan Antara Bisnis dan Usaha yang Harus Diketahui 

Pada dasarnya apa yang dilakukan usaha dan bisnis sama-sama bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Tapi, ada beberapa bagian yang membuat usaha dan bisnis menjadi berbeda. Dimana kamu pun harus tahu apa saja perbedaan antara bisnis dan usaha ini. Berikut adalah beberapa perbedaannya: 

Sisi Penampilan yang Terlihat 

Perbedaan pertama yang sangat terlihat dari bisnis dan usaha adalah dari penampilan yang terlihat. Terutama dari penyebutan namanya, apabila orang yang menjalankan bisnis disebut pebisnis dan orang yang menjalankan usaha adalah pengusaha. Biasanya seorang pengusaha memiliki penampilan yang jauh lebih santai dan jarang menggunakan pakaian formal. 

Sedangkan pebisnis biasanya akan berpenampilan sangat formal dan terlihat rapi. Jadi, tidak heran jika kebanyakan pebisnis biasanya akan menggunakan pakaian seperti kemeja dan celana kain. Kemudian, penampilan dari pebisnis pun biasanya akan terlihat lebih kaku tidak seperti para pengusaha. 

Kantor dengan Vibe Berbeda 

Salah satu perbedaan yang sangat terlihat antara usaha dan bisnis adalah dari kantor yang punya kesan sangat berbeda. Banyak pengusaha yang memang mempunyai kantor sendiri, dimana jelas memiliki vibe atau suasana yang sangat santai. Bahkan secara garis besar tidak ada aturan yang memaksa pegawai untuk berpakaian khusus dan lain sebagainya. 

Tentu saja, berbeda dengan suasana dari kantor sebuah bisnis. Dimana rata-rata kantor untuk bisnis ini punya aturan yang jelas dan ketat. Kemudian pegawai pun harus menuruti SOP yang telah disediakan. Sehingga kesan akan kantor dari bisnis lebih terlihat formal dan kaku tidak seperti kantor dari para pengusaha. 

Orisinalitas akan Ide 

Perbedaan selanjutnya yang juga sangat terlihat adalah dari orisinalitas akan ide kegiatan yang dijalankan. Ide dari sebuah usaha sendiri biasanya memerlukan waktu yang sangat lama untuk bisa jauh berkembang. Karena ide usaha ini dibuat dari nol dan membutuhkan proses agar usaha bisa dikenal oleh masyarakat secara luas. 

Sedangkan untuk bisnis sendiri tidak akan mementingkan urusan orisinalitas ide karena pada dasarnya bisnis yang ada sudah semenjak lama. Jadi kebanyakan pebisnis hanya perlu menambahkan produk atau melakukan inovasi agar bisnis tetap berjalan. Ide awal dari bisnis yang mereka jalankan sudah ada dan hanya tinggal meneruskan saja. 

Resiko yang Dihadapi 

Perbedaan selanjutnya antara bisnis dan usaha sudah pasti dari resiko yang akan dihadapi. Karena usaha biasanya masih dalam skala kecil hingga sedang. Sehingga resiko yang dihadapi juga tidak terlalu tinggi dan membuat usaha kerap mengalami kesulitan yang biasanya masih bisa menemukan solusi yang jauh lebih mudah. 

Tidak seperti bisnis yang dari segi resiko jelas jauh lebih tinggi. Karena kebanyakan bisnis sudah memiliki skala besar. Tidak hanya itu saja, bisnis biasanya tidak hanya melibatkan modal dari pemilik, tapi juga investor. Sehingga sudah jelas resiko yang dimiliki oleh bisnis sangatlah berbeda dengan usaha yang dijalankan. 

Kedekatan Antara Karyawan 

Perbedaan yang juga sangat terlihat dari usaha dan bisnis adalah dari kedekatan antara karyawan. Biasanya pengusaha akan memiliki hubungan layaknya teman dengan karyawan. Meski masih ada batasan yang dijaga, tapi biasanya antara pemilik usaha dan karyawan tidak akan terlihat perbedaan statusnya. 

Sedangkan bisnis sendiri jelas sangat berbeda. Di dalam kantor antara karyawan dan atas ada batasan yang sudah pasti sangat terlihat. Ada kalanya, karyawan tidak akan bisa bertemu dengan pemilik bisnis. Meski sudah ada HRD yang memastikan bahwa setiap karyawan tidak bermasalah, tapi tetap saja karyawan dan atasan punya jarak yang sangat terlihat. 

Modal yang Dimiliki 

Tidak jarang memang dari usaha berubah ke arah bisnis, dimana ini berpengaruh terhadap modal yang dimiliki. Kebanyakan pengusaha akan memulai usaha tanpa ragu dengan menggunakan uang pribadi atau pinjaman. Tapi, pebisnis tidak hanya memiliki modal dari keuntungan atau pinjaman, tapi juga dari semua investor yang tertarik dengan bisnis yang dijalankan. Bisa dikatakan seorang pebisnis akan lebih berhati-hati untuk masalah keuangan. 

Itulah beberapa perbedaan antara bisnis dan usaha yang harus kamu ketahui. Bisa terlihat bahwa keduanya sangat berbeda meski menjalankan sebuah kegiatan perdagangan di dalamnya. Kebanyakan pebisnis memang mengurus sebuah perusahaan dengan skala yang jauh lebih besar daripada usaha. Bahkan bisa mempengaruhi perekonomian masyarakat. Tapi, satu hal yang pasti bahwa usaha merupakan awal dari sebuah bisnis lahir. 

Related Post