Home Tabungan Apa Itu Kode Bank?

Apa Itu Kode Bank?

by Lara Nifa
Kode bank bca

Kode bank bca yang masih dipakai saat ini yaitu 014. Kode bank tersebut diperlukan dalam kebutuhan melakukan transfer antar bank. Pada perkembangan digital saat ini, melakukan transaksi dalam jual beli menjadi semakin ramai dilakukan oleh masyarakat, mulai dari cara offline hingga online. Pada transaksi jual beli nanti akan terdapat pembayaran barang yang dibeli dari pihak konsumen atau buyer.

Pembayaran tersebut dapat dilakukan dengan uang cash atau juga dengan transfer melalui suatu bank yang digunakan pihak pembeli. Maka dari itu, banyak dari masyarakat ramai-ramai untuk membuat sebuah akun rekening bank. Mulai dari bank swasta hingga bank pemerintah, tujuan mereka membuat rekening yaitu untuk memudahkan mereka dalam proses transaksi pembelian suatu barang secara online, mulai dari debit, kredit atau juga untuk transfer antar bank lain.

Selain itu juga, rekening bank dapat digunakan masyarakat untuk mengirimkan uang kepada seseorang melalui alamat rekening yang dituju, baik itu menggunakan rekening bank yang sama atau juga dapat ke bank berbeda. Jadi kesimpulannya rekening bank mempunyai fungsi untuk bertransaksi seperti transfer uang, tarik tunai dan setor uang.

Ketika seorang calon pembeli hendak melakukan pembayaran online dengan menggunakan metode transfer akan tetapi pihak penjual tersebut tidak mempunyai rekening yang sama seperti rekening calon pembeli, maka dari itu calon pembeli perlu menggunakan kode bank yang sesuai pada rekening bank yang dimiliki pihak penjual ketika hendak melakukan transfer.

Fungsi Kode Bank

Kode bank diterbitkan oleh bank kedalam bentuk suatu angka dan berbeda-beda untuk setiap bank. Kode bank hanya dapat digunakan ketika pembayaran ke suatu rekening berbeda, contohnya seperti untuk penjual dan pembeli yang memiliki rekening berbeda. Kode bank yang ada pada semua bank mulai dari swasta hingga pemerintah digunakan dalam mentransfer uang melalui SMS Banking, Internet Banking atau M-Banking dan ATM.

Fungsi dari kode bank pada dari setiap bank yaitu agar dapat mempermudah bertransaksi antara pembeli atau konsumen dan penjual secara online. Kemudian kode bank nantinya digunakan untuk mengidentifikasi transaksi dari masing-masing bank agar pihak bank dapat mengetahui hak serta kewajiban dalam mekanisme transfer dari pembeli dan penjual.

Kode bank biasanya memiliki 3 digit angka dan untuk setiap bank mulai dari swasta atau pemerintah mempunyai kode yang berbeda. kode tersebut mempunyai fungsi untuk dijadikan sebagai identitas bank bersangkutan dan memiliki tujuan agar dapat mempermudah transaksi serta komunikasi antar pihak bank.

  • Menjadi Identitas Bank

Tanpa memiliki kode bank, suatu transaksi antar masing-masing rekening tidak dapat dilakukan karena kode bank tersebut digunakan untuk melakukan proses identifikasi. Kode bank tersebut adalah identitas yang telah dibuat untuk digunakan dalam membedakan bank satu dengan lainnya. Selain digunakan untuk proses identifikasi serta membedakan antar bank, kode tersebut juga berguna untuk dapat menghindari kesalahan pada saat transaksi.

  • Memudahkan Proses Transaksi

Dengan kemajuan teknologi yang mempermudah dalam kegiatan transaksi antar bank, dimana dengan adanya kode bank tersebut dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah. Ketika hendak melakukan transfer uang ke suatu bank, pastikan jika telah memasukan kode bank yang dituju dengan benar supaya dana tersebut dapat dipindahkan.

pengertian KTA BCA

Hal tersebut dikarenakan kode bank yang digunakan akan dapat membantu masing-masing dari pihak bank agar mengetahui hak dan juga kewajiban ketika transaksi kedua pihak berlangsung. Itulah fungsi kode bank yang hingga saat ini digunakan pada setiap kegiatan transfer antar bank dilakukan.

Pada transaksi pengiriman antar bank, nantinya akan diminta memasukkan nomor rekening yang dituju. Karena akan melakukan transfer antar bank, maka perlu memasukkan kode bank yang akan dituju. Jadi pastikan kembali untuk mengetahui bank tujuan sebelum melakukan transfer uang.

Kode Bank Untuk Transfer

Berikut ini beberapa kode bank yang dapat mempermudah menemukan kode yang diperlukan ketika hendak melakukan suatu transaksi online dengan menggunakan metode transfer melalui mesin ATM atau juga M-Banking dan Internet Banking.

  1. Bank CIMB Niaga  022
  2. Bank Permata 013
  3. Bank Muamalat 147
  4. Bank BII Maybank 016
  5. Bank Danamon 011
  6. Bank Mega 426
  7. Bank Commonwealth 950
  8. Bank Sinarmas 153
  9. Bank BTPN 213
  10. Bank Citibank 031
  11. Bank OCBC NISP 028

Kode-kode bank lainnya juga dapat ditemukan secara langsung pada suatu ATM dan juga Internet Banking dan kode bank biasanya telah tersedia dan Anda dapat memilih kode bank apa yang akan dipakai dalam melakukan transaksi antar bank tersebut.

Untuk kode bank BCA yaitu 014 dan untuk kode bank BCA Syariah 536. Itulah penjelasan dari kegunaan kode bank serta beberapa kode bank yang dapat digunakan untuk bertransaksi online melalui  ATM dan Internet Banking.

Related Posts