Home Kredit Apa Itu Kartu Kredit? Yuk Pahami Kembali Fungsi dan Keuntungannya

Apa Itu Kartu Kredit? Yuk Pahami Kembali Fungsi dan Keuntungannya

by Lara Nifa
cicilan kartu kredit

Pernah lihat teman pakai kartu kredit saat berbelanja? Atau Anda sendiri pengguna kartu kredit? Kalau belum punya dan hendak mengajukannya, cari tahu dulu yuk fungsi sebenarnya dari alat pembayaran ini. Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia, kartu kredit merupakan alat pembayaran non tunai yang dapat digunakan masyarakat untuk mempermudah transaksi lebih cepat praktis.

Cara kerjanya berbeda dari kartu debit yang mengharuskan nasabah memiliki sejumlah dana untuk berbelanja, karena pemegang kartu kredit dapat berbelanja terlebih dahulu baru kemudian membayar dengan cara dicicil. Tampak menggiurkan, bukan? Namun Jumlah transaksi kartu kredit pun ada batasnya (limit). Kalau ingin bayar cicilan lebih ringan, sebaiknya Anda tidak menyentuh limit tersebut.

Tapi sayang cukup banyak nasabah yang justru bermasalah karena tidak bijak saat memakai. Supaya Anda tidak melakukan hal yang sama, yuk perhatikan beberapa hal berikut sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit.

Fungsi dan Kegunaan kartu Kredit

Saat ini kebanyakan orang lebih sering menggunakan alat pembayaran non tunai seperti kartu kredit, terutama kalangan menengah ke atas.

Fungsi kartu kredit tidak akan terlepas dari kepraktisan dan kenyamanannya saat digunakan. Pemilik tidak perlu membawa banyak uang tunai di dompet saat bepergian, kalau ingin bayar atau beli barang yang diinginkan hanya perlu menggesek kartu di mesin EDC. Namun diluar dari fungsi tersebut ada beberapa hal lain yang ditawarkan pihak bank kepada pengguna. Diantaranya yaitu:

  • Sebagai dana opportunity untuk mengambil peluang bisnis atau investasi.
  • Bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran penting serta mengumpulkan berbagai bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan.
  • Dana darurat untuk keperluan yang sifatnya mendadak atau mendesak harus dipenuhi.
  • Alat pembayaran yang lebih aman, tidak bisa disalahgunakan orang lain pada saat hilang atau dicuri karena bisa langsung diblokir pemiliknya.
  • Dapat memberi perlindungan tambahan atas pembelian suatu produk.
  • Menawarkan berbagai manfaat tambahan untuk keperluan nasabah.
  • Mempermudah transaksi belanja online.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Manfaat kartu kredit yang bisa didapatkan pengguna ada macam-macam, asal senantiasa bijak dalam menggunakannya. Terutama dalam hal memperlancar transaksi keuangan sehari-hari. Tapi kalau disalahgunakan malah membuat pemiliknya tercekik tagihan yang tak kunjung lunas. Apa saja sih manfaat tersebut?

Praktis dan Transaksinya Bisa Dicicil

Kenapa harus pakai kartu kredit kalau kartu debit juga praktis dan mudah? Meskipun kedua kartu sama-sama alat pembayaran non tunai, tapi cara transaksinya berbeda, lho. Kalau kartu debit yang sering Anda gunakan saat tarik tunai di ATM ataupun berbelanja akan langsung memotong uang dalam rekening sesuai jumlah yang dibayar, maka kartu kredit caranya dicicil. Sehingga akan lebih meringankan nasabah.

Menyediakan Program Cicilan Bunga Nol Persen

Ada beberapa transaksi tertentu yang memberlakukan bunga nol persen, tentu ini menghemat pengeluaran nasabah. Belum lagi ditambah promo diskon dari merchant. Coba bayangkan saat belanja Anda dapat potongan harga dan bayarnya dicicil pula. Tentu menguntungkan, bukan?

Terdapat Garansi Tambahan

Pihak penerbit kartu kredit biasanya menawarkan fasilitas perlindungan terhadap nasabah apabila terjadi masalah atau perselisihan di seputar pembelian suatu produk. Garansi tambahan ini bahkan bisa melebihi garansi yang diberikan penjual, lho. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut silahkan hubungi pihak penerbit kartu kredit yang Anda pilih.

Memudahkan Transaksi di Luar Negeri

Manfaat yang akan sangat dirasakan pengguna kartu kredit yaitu saat berada di luar negeri, khususnya yang berlabel Visa dan MasterCard. Anda tidak perlu repot menukar uang ke mata uang negara tujuan hanya untuk bertransaksi. Cukup gunakan kartu kredit saja, maka kapan dan dimanapun Anda berada tetap bisa bertransaksi sesuai limit yang diberikan.

Memenuhi Syarat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sudah tahu belum kalau salah satu syarat pengajuan pinjaman tanpa jaminan mengharuskan calon nasabah untuk memiliki kartu kredit? Maka tak heran kalau saat ini masyarakat kita berbondong-bondong mengajukan pembuatan alat pembayaran non tunai tersebut kepada bank-bank yang menyediakannya. Pemilik kartu kredit memang diuntungkan, proses pengajuan pinjaman akan lebih mudah diproses dan disetujui pihak KTA.

Kelemahan dan Risiko Kartu Kredit

  • Disamping manfaat kartu kredit yang penting, ternyata ada beberapa kelemahan dan resiko yang harus ditanggung nasabah. Yakni:
  • Rumitnya syarat pengajuan yang diwajibkan oleh pihak penerbit kartu kredit. Mulai dari dokumen, minimal penghasilan, domisili, jenis pekerjaan, hingga usia.
  • Membiasakan diri berhutang. Saking mudahnya karena tinggal digesek saja. Tapi kalau kalap menggunakan dana, tagihan Anda bisa membengkak dalam sekejap. Ingat bahwa kartu kredit tak mengambil uang dari tabungan, tapi berhutang dari bank penerbit.
  • Memancing perilaku konsumtif kalau mudah tergoda dengan tawaran diskon, cashback, dan sebagainya membuat hasrat untuk berbelanja semakin meluap-luap.

Kartu Kredit adalah cara pembayaran yang memberikan Anda kemudahan dalam melakukan pembayaran transaksi keuangan. Sebelum mengajukan pembuatan, pastikan kalau sudah memperhatikan biaya serta risiko yang mungkin timbul selama penggunaan. Demikian informasi kami tentang apa itu kartu kredit, fungsi, serta keuntungannya. Semoga bermanfaat.

Related Posts