Home Perencanaan Apa Itu JKN Mobile?

Apa Itu JKN Mobile?

by Lara Nifa
Apa Itu JKN Mobile?

Hadirnya peranan digital dalam lini kehidupan memberikan dampak yang signifikan, khusus untuk beberapa sektor yang ada. Salah satunya yang bisa Anda coba adalah JKN Mobile atau dikenal sebagai bagian dari BPJS kesehatan yang berbasis aplikasi. Dengan demikian memberikan banyak kemudahan dan mendapatkan informasi yang jelas terkait akun BPJS.

Untuk Anda yang tertarik menggunakan JKN Mobile, ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan. Bahkan, menariknya lagi didukung oleh berbagai fitur-fitur canggih dan menarik untuk digunakan.nah, bagaimana sih cara untuk daftar pada aplikasi JKN Mobile? Berikut ini kami akan menjelaskannya secara lengkap. 

Cara Mendaftar JKN Mobile

Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan agar bisa menggunakan dan memanfaatkan aplikasi tersebut. Berikut ini tahapan-tahapan untuk melakukan proses pendaftarannya, mari kita utas. 

1. Instal Aplikasi JKN Mobile 

Sementara ini, JKN Mobile sudah bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk segala jenis smartphone yang Anda miliki. Karena, didukung untuk basis Android dan IOS yang bisa Anda dapatkan aplikasinya melalui Appstore dan Playstore. Langsung saja download aplikasinya dan semuanya gratis tidak ada tarif pembayaran yang harus Anda bayar. 

Setelah proses instalasi berhasil, maka selanjutnya tinggal melanjutkan ke tahapan selanjutnya untuk melakukan pendaftaran. 

2. Melakukan Pendaftaran Akun JKN Mobile sebagai Peserta Baru

Apabila Anda sudah sukses untuk melakukan proses pendaftarannya, tahapannya Anda tinggal langsung masuk pada aplikasi tersebut. Tahapannya Anda tinggal langsung klik menu pendaftaran dan diarahkan untuk mengisi data diri secara lengkap. 

3. Mengisi dan Melengkapi Data Diri 

Jika Anda sudah masuk pada proses pendaftaran, ada beberapa data diri yang harus Anda isi dan lengkapi secara menyeluruh. Sebaiknya, sebelum Anda melakukan proses pendaftaran untuk lebih baik mempersiapkannya dahulu. Karena semuanya tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dilengkapi dengan jelas. 

Beberapa data yang dibutuhkan, mulai dari Nomor Kartu BPJS Kesehatan, Nomor KTP (NIK), Alamat Email, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, No Handphone, Pembuatan Password, dan Konfirmasi Passwordnya. Setelah semua bagian telah dilengkapi, maka langsung saja menuju verifikasi datanya. 

Perlu dipahami bersama-sama, untuk Anda yang statusnya peserta BPJS Baru dan belum mengetahui terkait nomor pesertanya, lakukan pergantian lima digit awal pada nomor virtual accountnya menjadi 00. 

4. Memilih Fasilitas Kesehatan 

Apabila ini pengalaman pertama Anda dalam membuat JKN Mobile atau BPJS Kesehatan, maka diminta untuk memilih fasilitas kesehatan dan fasilitas gigi yang menjadi tempat pertama Anda yang akan dikunjungi, sehingga mempermudah ketika melakukan proses klaim nantinya. 

5. Verifikasi Data 

Tahapan terakhir Anda tinggal menunggu proses verifikasi saja yang akan dikirimkan pada email yang Anda cantumkan sebelumnya. Apabila Anda tidak melakukan verifikasi, maka aplikasinya tidak dapat digunakan. Biasanya untuk menunggu proses verifikasi tidak membutuhkan waktu lama, apabila sudah masuk langsung saja pilih “verify”. 

Fitur Terbaru JKN Mobile 

Sebelumnya ada banyak beberapa fitur dari aplikasi JKN Mobile, namun aplikasi tersebut terus mengalami pembaharuan dan meningkatkan pelayanannya. Nah, apa saja sih beberapa fitur terbarunya tersebut? Simak yuk. 

1. Obat Ditanggung 

Apabila Anda ingin melihat beberapa obat yang akan ditanggung oleh BPJS, maka bisa memilih menu obat ditanggung. Disana akan tersedia secara lengkap mengenai beberapa obat yang mendapatkan keringanan. 

2. Program Relaksasi Tunggakan

Terdapat fitur untuk melakukan pengajuan keringanan terhadap iuran yang tidak dibayarkan atau menunggak selama 6 bulan. 

  1. Konsultasi Dokter

Hal menarik dari adanya fitur terbaru dari JKN Mobile tersebut, prosesnya Anda akan mendapatkan fasilitas untuk berkomunikasi langsung dengan dokter melalui fitur yang konsultasi dokter yang tersemat pada aplikasinya. 

4. Ketersedian Tempat Tidur

Khusus untuk melihat kapasitas ruang atau tempat tidur untuk pasien yang ingin rawat pada suatu rumah sakit yang bekerjasama, terdapat informasi yang jelas terkait jumlah kamar yang ada. 

5. Skrining Mandiri Covid 19

Tengah pandemi Covid 19 membuat banyak beberapa pembaharuan, khususnya pada aplikasi JKN Mobile yang menyediakan panduan untuk memantau kesehatan pasien yang berpotensi terkena Covid 19 dan melihat gejala-gejala yang muncul. 

Manfaat Menggunakan JKN Mobile 

Apabila melihat dari aspek manfaatnya, aplikasi JKN Mobile memberikan banyak kemudahan dan keuntungan kepada para peserta BPJS Kesehatan. Mulai dari proses pendaftaran baru, mengubah data yang keliru, informasi terkait kapasitas kamar rumah sakit, skrining Covid 19, dan mengetahui jumlah tagihan kesehatan yang harus dibayarkan. 

Bahkan, terdapat juga konsultasi dengan dokter langsung secara gratis yang memberikan banyak manfaat untuk peserta yang ingin mengetahui gejala dan penentuan obat yang tepat. Dengan demikian, semuanya jauh lebih mudah dan tidak langsung harus pergi ke fasilitas kesehatan atau ke kantor BPJS untuk mengurusi beberapa perubahan yang ada. 

Nah, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai aplikasi JKN Mobile. Apabila Anda belum memiliki BPJS Kesehatan, mungkin bisa memanfaatkan aplikasi tersebut. 

Related Posts