Home Bisnis dan Usaha Apa Itu Jasa Digital Marketing dan Bagaimana Menjalankan Bisnisnya

Apa Itu Jasa Digital Marketing dan Bagaimana Menjalankan Bisnisnya

by Lara Nifa

Saat ini, teknik pemasaran produk dengan menggunakan media digital banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Teknik ini dikenal dengan sebutan pemasaran digital atau digital marketing. 

Teknik digital marketing memang dianggap lebih efektif digunakan di era modern seperti sekarang ini. Pasalnya, masyarakat sudah sangat melekat dengan teknologi digital. Umumnya, digital marketing bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai platform, antara lain iklan berbasis online, website, blog, dan media sosial. 

Hanya dengan memanfaatkan koneksi internet, para pebisnis bisa mempromosikan produk dan brand-nya ke berbagai daerah hingga ke pelosok negeri. 

Namun tidak semua orang ahli dalam bidang pemasaran online sehingga jasa digital marketing sangat dibutuhkan. Sebenarnya apa sih jasa digital marketing itu dan bagaimana memulai bisnis tersebut ? Simak artikel ini untuk tahu lebih jelasnya mengenai jasa digital marketing.

Mengenal Jasa Digital Marketing

Bagi para pebisnis, jasa digital marketing sangat dibutuhkan untuk menunjang bisnis yang dijalankan. Karena kunci keberhasilan dalam menerapkan pemasaran digital adalah dengan memiliki skill yang mumpuni. 

Namun faktanya, menjalankan bisnis secara online tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih saat ini semakin banyak orang yang mulai berbisnis online sehingga jumlah pesaingnya pun terus bertambah. Jika teknik pemasaran tidak dilakukan secara tepat, maka akan semakin sulit untuk membuat produk dikenal lebih banyak konsumen. Jadi, sebaiknya percayakan saja pada yang lebih ahli yakni jasa digital marketing. 

Seorang penyedia jasa digital marketing atau yang sering dikenal dengan digital marketer akan melakukan berbagai macam aktivitas pemasaran melalui media digital. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menerapkan optimasi Search Engine Optimization (SEO)
  • Mengelola website bisnis
  • Membantu mengelola iklan di sosial media, seperti Instagram Ads dan Facebook Ads
  • Mengelola display advertiser atau iklan display pada sebuah website
  • Menerapkan strategi Funneling Marketing 
  • dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini jasa digital marketing justru semakin populer di tengah-tengah masyarakat. Karena jasa ini memberikan banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk membuat bisnis lebih cepat berkembang. 

Cara Menjalankan Bisnis Jasa Digital Marketing

Dengan banyaknya pebisnis yang berminat menggunakan jasa digital marketing, jasa ini bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Nah, apakah kamu ahli dalam bidang pemasaran online dan tertarik menjajal bisnis jasa digital marketing ? Begini cara memulai bisnis jasa digital marketing :

1. Melakukan Riset Pasar

Pertama, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis jasa digital marketing. Riset pasar ini dilakukan agar kamu mengetahui tarif jasa digital marketing di pasaran, bagaimana persaingannya, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa terbantu dalam menentukan siapa target pasar kamu nantinya. 

Selain itu, untuk memahami apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini tentu lebih mudah dengan melakukan riset pasar. Sehingga lebih mudah untuk menentukan apa output bisnis yang akan kamu tawarkan ke konsumen.  

2. Menentukan Jasa yang Ditawarkan

Terdapat banyak jasa yang bisa ditawarkan ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang digital marketer. Namun kamu tidak perlu menawarkan semua jasa yang berhubungan dengan digital marketing. Fokus pada satu atau dua jasa saja, yang tentunya sesuai dengan keahlian kamu.

Meskipun kamu ahli dalam banyak hal, namun sebaiknya tentukan beberapa diantaranya saja. Sehingga kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan baik dan lebih efektif. 

Bayangkan jika kamu menerima tawaran untuk mengerjakan beberapa aktivitas pemasaran sekaligus. Kemungkinan pengerjaan akan lebih lama atau hasilnya jadi tidak memuaskan bagi konsumen. Alhasil, sulit untuk bisa mendapatkan kepercayaan lagi dari para konsumen.

3. Pilih Segmentasi Pasar (Niche Market)

Kamu harus memiliki target pasar yang lebih spesifik untuk membangun bisnis jasa digital marketing. Pilih siapa yang akan kamu targetkan untuk menjadi klien. 

Sebagai penyedia jasa digital marketing, kamu tentunya akan bekerja sama dengan para pebisnis. Karena pada dasarnya tugas utama jasa digital marketing adalah membantu sebuah bisnis untuk melakukan pemasaran melalui media digital. 

Dari sekian banyak jenis industri yang ada, kamu bisa menargetkan beberapa diantaranya. Sebagai contoh, segmentasi pasar yang kamu pilih adalah industri fashion. Artinya, kamu hanya akan menyasar klien yang memiliki bisnis fashion.

Jika menarget ke semua industri maka bisnis kamu tidak akan memiliki nilai jual, yang mana bisa menjadi pembeda dari kompetitor lainnya. Tak hanya itu, dari segi biaya dan tenaga jauh lebih hemat daripada harus mengerjakan permintaan klien dari berbagai jenis industri. 

4. Menetapkan Strategi Bisnis Dan Segera Memulainya

Langkah terakhir yaitu mengatur berbagai strategi, seperti menentukan model bisnisnya terlebih dahulu. Bagaimana sistem pembayaran yang akan kamu gunakan nantinya. Apakah dengan memberikan tarif dasar tetap, per jam atau per bulan.

Tetapkan berbagai strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis ini. Dan jangan ragu untuk segera memulainya. 

 

 

 

 

  

Related Posts