Home Administrasi Apa itu FKTP dalam BPJS Kesehatan? Ini Penjelasannya dan Cakupan Layanannya

Apa itu FKTP dalam BPJS Kesehatan? Ini Penjelasannya dan Cakupan Layanannya

by Lara Nifa
Apa itu FKTP dalam BPJS Kesehatan? Ini Penjelasannya dan Cakupan Layanannya

FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) merupakan sarana kesehatan yang wajib didatangi oleh pemegang BPJS Kesehatan atau JKN agar bisa memperoleh layanan kesehatan. Pelayanan di FKTP ini ditanggung oleh pemerintah alias gratis, dengan catatan Anda memang peserta dari BPJS Kesehatan.

Apabila Anda belum mendaftar, Anda dapat melakukan registrasi di FKTP terdekat supaya ketika ada keadaan darurat tidak  harus pergi jauh.

Jenis-jenis fktp

FKTP terbagi dalam beberapa jenis yang merupakan fasilitas kesehatan bagi pemilik kartu BPJS agar mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal tersebut dikarenakan adanya perjanjian dan kerja sama oleh BPJS dalam hal layanan kesehatan untuk masyarakat di Indonesia.

Tidak hanya tentang pelayanan saja, Anda juga dapat melakukan registrasi BPJS Kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Berikut dibawah ini adalah sarana kesehatan yang termasuk FKTP di Indonesia :

  • Puskesmas

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) merupakan sebuah pelaksana teknis untuk dinas kesehatan yang ada di tiap kota/ kabupaten dan memegang tanggung jawab sebagai penyelenggara layanan kesehatan. Anda bisa menemukannya pada setiap kecamatan serta lingkup yang lebih kecil, berfungsi sebagai akses kesehatan untuk masyarakat.

  • Klinik

Klinik merupakan sarana kesehatan yang memberikan layanan medis dasar dengan jumlah dokter yang lebih dari seorang. Jika menurut pelayanannya, klinik dibagi dua kategori, yakni :

  • Klinik pratama, dimana pelayanan kesehatannya hanya sebatas pemeriksaan medis dasar.
  • Klinik utama, memberikan pelayanan medis secara spesialistik dan dasar.
  • Praktek dokter umum

Dokter umum adalah tenaga medis dengan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan yang gejalanya umum dialami oleh pasien. Dokter umum dapat menjalankan praktiknya di klinik, rumah sakit, puskesmas atau membuka sendiri di rumah.

  • Praktek dokter gigi

Dokter gigi memiliki keahlian pada bidang penyakit yang berhubungan dengan mulut dan gigi. Biasanya mereka bisa bekerja pada rumah sakit, puskesmas serta rumah sakit. Selain itu mereka juga diizinkan untuk memiliki klinik sendiri.

  • RS kelas D pratama

Berdasarkan peraturan yang dibuat oleh Kemenkes No. 24/2014, RS kelas D Pratama merupakan RSU (Rumah Sakit Umum) dengan layanan perawatan kesehatan kelas 3 yang fungsinya agar dapat meningkatkan akses untuk masyarakat serta menjamin kesehatan secara perorangan dalam bentuk layanan rawat jalan, rawat inap, gawat darurat dan lain sebagainya.

Cakupan layanan medis di FKTP

Fasilitas kesehatan tingkat pertama mempunyai cakupan layanan kesehatan yang luas, termasuk didalamnya rawat inap dan rawat jalan. Berikut dibawah ini  jangkauan pelayanan medis yang dapat Anda lakukan secara cuma-cuma, bila Anda merupakan pemilik kartu BPJS Kesehatan dan JKN.

  • Rawat jalan tingkat pertama

Layanan medis untuk bagian rawat jalan di tingkat pertama ini terdiri dari segala pelayanan yang sifatnya promotif preventif dan administrasi, maksudnya adalah sebagai berikut :

  • Pelayanan administrasi, menanggung biaya pendaftaran sampai penerbitan berupa surat rujukan untuk faskes lanjutan.
  • Promotif preventif, terdiri dari penyuluhan kesehatan, perilaku untuk hidup bersih dan faktor tentang resiko penyakit.
  • Rawat inap pertama

Jangkauannya sama seperti pelayanan pada rawat jalan di tingkat pertama, namun ditambah dengan sarana akomodasi untuk pasien yang disesuaikan oleh indikasi medisnya.

  • Layanan imunisasi dasar

Sarana kesehatan berikut mencakup tentang pelayanan medis berupa imunisasi, seperti campak, hepatitis B, tetanus dan polio.

  • Layanan konsultasi KB

Layanan KB meliputi kontrasepsi dasar, tubektomi, vasektomi dan konseling. Kemudian juga tentang pemberian vaksin serta alat kontrasepsi yang nantinya akan ditanggung oleh BPJS. Kecuali, suntik pada daerah perifer dan pemasangan IUD.

  • Layanan skrining kesehatan

FKTP juga menerima skrining kesehatan yang bertujuan agar pasien mengetahui tentang resiko penyakit, hal ini sebagai upaya untuk mencegah munculnya dampak lanjutan dari penyakit. Skrining juga akan dilakukan apabila terjadi gejala medis pada pasien.

  • Pelayanan darah sesuai indikasi medis

Pelayanan darah dilakukan untuk memenuhi gejala medis jasa transfusi darah. Misalnya dengan adanya kasus kegawatdaruratan bagi keselamatan pasien, contohnya ketika ada pasien yang membutuhkan transfusi saat persalinan atau kecelakaan.

Perbedaan FKTP dan FKRTL

FKTP dan FKRTL merupakan dua fasilitas yang berbeda. Bila Anda membutuhkan perawatan medis dasar maka Anda datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, apabila setelah diperiksa dan ternyata membutuhkan perawatan lanjutan. Maka pihak FKTP akan memberikan surat untuk Anda melanjutkan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan.

FKRTL biasanya merupakan rumah sakit milik pemerintah maupun swasta yang bekerja sama dengan JKN atau BPJS Kesehatan serta mempunyai pelayanan medis yang mumpuni pada beragam jenis penyakit.

Demikianlah informasi tentang FKTP. Apabila Anda belum mendaftar pada fasilitas kesehatan tersebut, segeralah mendaftar. Karena BPJS Kesehatan menawarkan beragam manfaat, seperti rawat jalan, rawat inap dan pelayanan medis lainnya dengan tarif terjangkau.

 

Related Posts