Home Perencanaan Apa Itu Dividen Saham? Ini Cara Menghitung Pembagiannya

Apa Itu Dividen Saham? Ini Cara Menghitung Pembagiannya

by Lara Nifa

Bagi kamu yang gemar investasi, mungkin kamu sering mendengar istilah dividen. Nah, investasi saham yang sering membagikan dividen biasanya sangat diminati oleh para investor, termasuk kamu, karena tentunya sangat menguntungkan. Apakah kamu ingin tahu lebih dalam tentang dividen saham? Simak penjelasan dividen saham dengan jelas.

Sebelum kita membahas pengertian dividen saham itu sendiri, kamu harus tahu bahwa berinvestasi saham kamu berarti siap menanggung resiko kerugian, dan tentunya siap juga mendapatkan keuntungan. Nah, sederhananya dividen saham adalah keuntungan yang kamu dapatkan dari berinvestasi. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penjelasan Tentang Dividen Saham

Tulisan ini akan membantu kamu dalam memahami cara menghitung dividen saham. Akan tetapi sebelumnya kamu harus paham dulu apa pengertian dari dividen saham itu sendiri, kemudian apa tujuannya atau fungsi dari dividen saham dan bagaimana cara kerjanya. Simak sampai selesai.

  • Pengertian dividen saham

Perusahaan yang mendapatkan investasi tentunya akan untung karena dipermudah dalam urusan permodalan oleh para investor yang menginvestasikan uang mereka ke perusahaan tersebut. Nah, keuntungan itu kemudian nantinya dibagikan juga kepada para investor.

Dividen saham adalah pembagian hasil keuntungan atau laba yang didapatkan oleh pihak perusahaan, dibagikan kepada para investor sebagai insentif atas uang yang telah mereka investasikan di perusahaan tersebut. Dengan begitu investor akan merasakan keuntungan juga dari laba yang dihasilkan oleh perusahaan.

  • Tujuan dari dividen saham

Pada bagian awal kamu sudah paham bahwa berinvestasi berarti menyerahkan uang kepada suatu perusahaan dengan konsekuensi siap mendapatkan pembagian keuntungan dan juga siap menanggung resiko kerugian apabila perusahaan mengalami kerugian, sehingga investor akan tekor.

Nah, tujuan dari dividen saham adalah memberikan penghargaan dan rasa terimakasih kepada para investor yang telah berani menyimpan uangnya untuk investasi di perusahaan tersebut dengan kesiapan menanggung resiko kerugian, padahal setiap perusahaan selain memiliki kemungkinan untung, juga memiliki kemungkinan mengalami kerugian.

Setelah kamu memahami apa pengertian dari dividen saham, lalu apa tujuan atau fungsi dari dividen saham, maka selanjutnya kamu harus memahami bagaimana cara menghitung dividen saham yang baik dan benar, tentunya penting bagi kamu yang hendak berinvestasi saham.

Cara Menghitung Dividen Saham

Menghitung dividen saham artinya membuat perhitungan atau memperkirakan segala sesuatu seputar dividen saham. Ada banyak hal yang harus diperhitungkan dalam menghitung dividen saham, bagaimana penjelasannya? Agar lebih paham dan mendalam, maka simak dengan baik penjelasan ini.

  • Menghitung dividen saham yang dibayar perusahaan

Cara menghitung dividen saham yang dibayarkan oleh pihak perusahaan adalah dengan mengurangi nominal laba bersih tahunan perusahaan dikurangi oleh laba ditahan. Contoh : dividen yang akan dibayar perusahaan = laba bersih tahunan perusahaan – laba yang ditahan. Mudah bukan? Tentu saja.

Untuk mengetahui berapa laba bersih tahunan dari perusahaan, maka kamu bisa memeriksa laporan akhir tahun, atau laporan keuangan tahunan perusahaan. Adapun laba yang ditahan dapat kamu ketahui dari keputusan atau kesepakatan yang dihasilkan oleh rapat umum pemegang saham atau RUPS.

  • Menghitung dividen saham payout ratio

Selanjutnya kamu juga harus memahami dividen payout ratio atau DPR saham. Cara menghitungnya cukup sederhana, yaitu kamu tinggal membagi total dividen dengan laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan tempat kamu berinvestasi. Contoh: dividen payout ratio = total dividen : laba bersih perusahaan.

Jumlah dividen yang dibagikan oleh pihak perusahaan kepada para investor tiap tahunnya berbeda-beda, maka dari itu untuk mendapatkan gambarannya kamu harus memantau berapa dividen payout ratio dari perusahaan tersebut setiap tahunnya, jadi akan ada gambaran yang dapat kamu simpulkan.

  • Menghitung dividen per share

Selanjutnya kamu harus bisa menghitung dividen per share agar kamu dapat selanjutnya mengetahui jumlah dividen yang akan didapat olehmu. Cara menghitungnya cukup mudah, yaitu dengan membagi total dividen dengan jumlah saham yang beredar.

  • Menghitung dividen yang akan didapatkan

Selanjutnya kamu harus paham bagaimana cara menghitung dividen yang akan kamu dapatkan. Bagaimana caranya? Caranya adalah dividen per share dikalikan dengan jumlah saham yang kamu miliki. Contoh: dividen per share x jumlah saham kamu = dividen yang akan kamu dapatkan.

Dividen yang akan kamu dapatkan adalah total dividen yang akan diterima, akan tetapi belum dipotong untuk pajak dividen. Setelah dipotong untuk pajak dividen, maka selanjutnya total dividen yang akan kamu dapatkan itu akan segera ditransferkan ke rekening kamu yang terdata di perusahaan.

Itulah penjelasan tentang pengertian dari dividen saham dalam investasi dan cara menghitung dividen saham itu sendiri, tentunya penting bagi kamu untuk memahaminya. Perhatikan setiap penjelasan di atas agar kamu dapat menjadi investor yang paham tentang pembagian keuntungan investasi.

Related Posts