Home Bisnis dan Usaha Apa Itu Direct Marketing dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui

Apa Itu Direct Marketing dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui

by Lara Nifa

Untuk memasarkan sebuah produk berupa barang maupun jasa dibutuhkan strategi marketing yang tepat. Salah satu diantaranya yakni menggunakan teknik marketing yang mengarah langsung pada calon konsumen tanpa perlu perantara. Teknik ini disebut dengan direct marketing. 

Direct marketing ini banyak dipilih oleh para pebisnis karena dinilai sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Dan apabila dilakukan dengan tepat maka teknik direct marketing tidak hanya efektif untuk membuat produk terjual tetapi dari segi biaya juga lebih efisien. 

Beberapa jenis direct marketing yang biasa digunakan antara lain adalah penawaran produk melalui email, sms, telemarketing, media sosial, hingga penjualan langsung. 

Namun apa sih sebenarnya direct marketing itu ? Yuk, ketahui penjelasan lebih detail tentang direct marketing beserta manfaatnya. 

Mengenal Direct Marketing 

Direct marketing merupakan teknik pemasaran yang mengandalkan interaksi secara langsung  dengan para konsumen. Teknik pemasaran ini bisa dijalankan tanpa bantuan perantara lain sehingga pihak penjual bisa mendapatkan respon langsung dari konsumen. 

Penjual bisa fokus memasarkan produk dan menyampaikan pesan kepada target konsumen yang dituju secara lebih personal. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mencapai berbagai tujuan seperti meningkatkan traffic serta volume penjualan produk. 

Apabila dibandingkan dengan pemasaran konvensional yakni melalui media cetak atau media elektronik, direct marketing tentu jauh lebih efektif.

Manfaat Direct Marketing 

Umumnya, direct marketing digunakan agar orang-orang mengenal produk atau layanan yang ditawarkan hingga tertarik menggunakannya. Aktivitas pemasaran ini dijalankan melalui kontak langsung dengan para target konsumen, baik secara pribadi maupun memanfaatkan berbagai media.

Terdapat beragam manfaat yang bisa dirasakan jika menggunakan teknik direct marketing, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjangkau Konsumen Lebih Banyak

Seringkali orang-orang merasa kesulitan menemukan produk atau layanan yang dibutuhkan. Nah dengan direct marketing, kamu memiliki kesempatan untuk mengenalkan produk maupun layananmu sedetail mungkin dan secara langsung kepada orang-orang tersebut.

Artinya, kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen melalui direct marketing. Bahkan bukan tidak mungkin beberapa konsumen yang sudah tertarik dengan produkmu akan merekomendasikannya ke orang-orang terdekat mereka.

Otomatis, produkmu semakin banyak dikenal dan besar kemungkinan bisnis kamu lebih cepat untuk berkembang.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Salah satu manfaat yang akan kamu peroleh dengan menerapkan direct marketing yaitu menghemat biaya pemasaran. Aktivitas pemasaran bisa tetap berjalan tanpa perlu menggunakan jasa periklanan, yang mana biayanya pasti lebih mahal.

Kamu hanya akan fokus untuk mendapatkan lebih banyak konsumen sesuai segmentasi pasar. Dan bisnis kamu pun bisa terus berkembang meskipun tidak mengandalkan pihak-pihak ketiga seperti halnya iklan atau media tertentu. 

Cara ini tentu sangat efektif untuk menghemat biaya pemasaran. Sehingga anggaran untuk memasarkan produk bisa dialihkan ke hal lainnya.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen 

Teknik direct marketing sama halnya seperti menjalin hubungan yang lebih personal dengan para konsumen. Interaksi langsung tanpa perantara inilah yang pada akhirnya bisa membuat konsumen merasa dihargai. 

Sehingga bukan hal yang sulit untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada produk kamu. Secara tidak langsung akan terbangun ingatan yang kuat tentang produkmu.

Itulah kenapa loyalitas konsumen menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Dan tidak menutup kemungkinan konsumen yang sudah loyal pada produkmu akan melakukan repeat order. Karena para konsumen tersebut pasti sudah merasa nyaman dengan produk maupun layanan yang kamu berikan. 

4. Efektif untuk Mempertahankan Konsumen

Hubungan yang sudah terjalin baik melalui direct marketing, tentunya akan memudahkanmu sebagai penjual untuk mempertahankan konsumen. 

Membangun loyalitas konsumen pastinya jauh lebih mudah daripada harus mencari konsumen baru lagi. Dari segi biaya juga lebih efisien, kamu hanya tinggal melakukan direct marketing kembali kepada para konsumen yang pernah bertransaksi.

Untuk membuat mereka tertarik melakukan repeat order kembali, kamu bisa memberikan berbagai penawaran khusus. Misalnya dengan memberikan potongan harga (diskon), voucher cashback, dan penawaran menarik lainnya.

 5. Lebih Mudah untuk Melakukan Berbagai Evaluasi

Teknik direct marketing juga bermanfaat ketika kamu ingin melakukan berbagai evaluasi terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Teknik ini memungkinkan kamu untuk mengukur efektivitas teknik penjualan yang digunakan, mengevaluasi hasil penjualan, maupun mencoba target baru.

Kamu juga akan tahu bagaimana respon dan selera konsumen terhadap produkmu. Melalui seluruh infomasi dari hasil evaluasi tersebut, kamu bisa mengubah beberapa hal terkait produk atau layananmu yang lebih relevan dengan target pasar.

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan sebagai penjual jika menggunakan teknik direct marketing. Selain lebih efisien, teknik direct marketing terbilang lebih simpel dan fleksibel. Karena bisa dilakukan secara offline maupun online dengan memanfaatkan internet. 

Related Posts