Home Tabungan Apa Itu Deposito On Call? Ini Pengertian dan Simulasi Perhitungannya

Apa Itu Deposito On Call? Ini Pengertian dan Simulasi Perhitungannya

by Lara Nifa
Apa Itu Deposito On Call? Ini Pengertian dan Simulasi Perhitungannya

Deposito on call merupakan jenis deposito dengan jangka waktu yang singkat mulai dari 3 (tiga) hari sampai dengan 1 (satu) bulan. Deposito ini dapat memberikan Anda pilihan dalam menyimpan uang. Untuk mencairkannya Anda hanya cukup menghubungi pihak bank terkait, maksimal 3 (tiga) hari sebelumnya.

Oleh sebab itulah banyak nasabah yang memilih deposito on call sebagai opsi lain untuk berinvestasi dalam waktu pendek. Walau begitu, Anda tidak dapat begitu saja menyimpan uang pada deposito ini, karena saldo minimal terbilang besar, mulai dari 100 hingga 500 juta rupiah.

Keuntungan dan bunga dari deposito on call

Deposito ini merupakan salah satu dari instrumen investasi, bunga dan bunga yang ditawarkan terbilang kompetitif, bahkan bunga depositonya lebih tinggi dibandingkan dengan bunga pada tabungan reguler.

Apalagi bila Anda ingin menyimpan sejumlah uang dengan nominal yang lebih besar dari ketetapan yang diberikan oleh pihak bank. Instrumen investasi ini merupakan gabungan antara rekening giro dan deposito berjangka. Sehingga bunga yang diberikan lebih tinggi dibandingkan giro maupun deposito berjangka.

Di bawah ini adalah keuntungan yang diberikan oleh deposito on call untuk Anda.

  • Tetap menguntungkan walau hanya jangka pendek

Jika Anda menyimpan uang berupa tabungan, maka akan dibutuhkan waktu setidaknya satu bulan hingga Anda dapat menikmati bunganya. Jadi, apabila Anda menariknya sebelum genap satu bulan, Anda tidak akan mendapatkan bunga.

Begitu pula dengan jenis investasi lain, misalnya deposito berjangka atau pun reksadana. Anda baru bisa menikmati keuntungannya setelah menunggu beberapa bulan. Sementara on call hanya dengan 3 hari saja, Anda dapat merasakan keuntungannya.

  • Cocok untuk nasabah yang butuh menyimpan uang dalam jangka waktu pendek

Deposito on call sangat cocok untuk Anda yang mempunyai keperluan pembayaran singkat, misal untuk bisnis atau hal lainnya. Sambil Anda menantikan pembayaran, tidak salah bila menyimpan uang tersebut pada deposito ini serta menikmati bunganya.

  • Simpanan jangka pendek yang aman

Seperti menabung pada umumnya, deposito on call juga sangat terjamin keamanannya. Malah akan lebih beresiko, jika Anda menyimpan uang dengan jumlah besar di rumah, walau alasannya uang tersebut akan dipakai waktu dekat ini.

Pilihlah bank yang telah menjadi anggota LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), agar Anda semakin yakin jika uang yang dititipkan atau disimpan dalam bentuk deposito tersebut aman dan apabila terjadi hal-hal diluar kendali tetap akan terjamin uang kembali.

  • Suku bunga negotiable

Suku bunga dari deposito on call bisa Anda nego, ini adalah salah satu keuntungan yang bisa didapat jika Anda ingin membuka rekening. Akan lebih besar lagi ketika uang yang didepositokan memiliki nominal melebihi ketetapan bank.

  • Resiko investasi rendah

Jenis deposito on call ini masuk dalam kategori investasi dengan resiko rendah. Karena pengembalian serta keuntungan saldo pokoknya telah pasti dan jelas, sebab sudah melalui kesepakatan antara pihak bank dan nasabah ketika membuka rekening.

Jangka waktu deposito on call

Jenis dari deposito ini hanya memiliki kurun waktu yang pendek bila dibandingkan dengan jenis lainnya, yakni mulai 3 hari sampai dengan maksimal 1 bulan. Oleh karena itu deposito ini disebut juga sebagai simpanan harian.

Jangka waktu dari deposito on call dapat ditentukan dengan kesepakatan antara pihak nasabah dan bank ketika melakukan bukaan rekening simpanan deposito.

Namun, untuk pencairannya tidak dapat dilakukan begitu saja, Anda harus menghubungi pihak bank setidaknya 3 (tiga) hari sebelum melakukan pencairan dana.

Jangka waktu juga bisa dipengaruhi oleh besaran dana yang akan disimpan oleh nasabah. Semakin besar uang yang didepositokan, maka akan membutuhkan konfirmasi sejak jauh hari.

Rumus perhitungan bunga deposito on call

Ada sebuah rumus yang dapat Anda gunakan agar bisa menghitung berapa bunga deposito. Supaya lebih mudah dalam mengerti, mari simak simulasi dibawah ini :

  • Dana yang ingin Anda simpan adalah sebesar 500 juta rupiah.
  • Dengan tenor yang Anda ambil adalah 15 hari.
  • Bunga sebesar 5%
  • Jadi, perhitungannya adalah sebagai berikut :

Bunga deposito on call = suku bunga x (jangka waktu 30 hari) x saldo pokok

= 5% x (15 hari/ 30 hari) x Rp 500.000

= Rp 12,5 juta

Bunga yang didapatkan belum dikurangi dengan pajak. jadi, ketika bunga deposito itu masih harus dihitung supaya mendapatkan jumlah bunga bersihnya.

Jika Anda bertanya mengenai perbedaan antara deposito berjangka dan on call, maka jawabannya ada pada jangka waktunya. Bila deposito yang umumnya Anda ketahui memiliki rentang waktu 1, 3, 6, 12 sampai dengan 24 bulan. Deposito on call jauh lebih pendek, yaitu 3 hari hingga 1 bulan saja.

Related Posts